Cara untuk Bayar Pajak Motor di Samsat Keliling

Cara Untuk Bayar Pajak Motor di Samsat Keliling

Bayar pajak motor di Samsat Keliling bisa jadi opsi efektif guna memperpanjang STNK. Walaupun, seperti yang diketahui bersama, teknis satu ini terbilang insidental. Ada pada waktu-waktu tertentu saja.

Ketentuan mengurus pajak motor bisa jadi wawasan bermanfaat untuk Anda yang mau mengurus pajak kendaraan tahunan di Samsat Keliling. Nyatanya, metode mengurusnya cukup gampang dan praktis.

Sekaligus, Samsat Keliling hadir sebagai inovasi dalam melayani kebutuhan masyarakat dalam membayar pajak. Ini adalah alternatif yang cukup akomodatif, terlebih untuk masyarakat yang aksesnya jauh dari Samsat pusat.

Poin Plus Bayar Pajak Motor di Samsat Keliling

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika Anda membayar pajak motor di Samsat keliling. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, waktu proses pengerjaannya pun relatif lebih sebentar karena jumlah antrian yang dibatasi.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ialah pajak atas kepemilikan kendaraan bermotor. Pajak ini merupakan Pajak Provinsi serta jadi bagian dari Pajak Wilayah yang pemungutannya di Kantor Samsat.

Pembayaran PKB tahunan sendiri dibarengi dengan pembayaran SWDKLLJ. SWDKLLJ ialah kependekan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Anda bisa melihat detailnya dilembaran STNK.

Berkembangnya teknologi, pemerintah juga beradaptasi dalam menghasilkan layanan alternatif Samsat guna memudahkan warga dalam membayar pajak, terutama dalam membayar PKB. Salah satu layanan alternatif tersebut merupakan Samsat Keliling.

Samsat Keliling ialah layanan alternatif Samsat yang bisa dimanfaatkan warga buat melaksanakan beberapa transaksi perpajakan kendaraan. Contohnya, seperti pengesahan STNK, pembayaran PKB tahunan, serta pembayaran SWDKLLJ.

Pemungutan PKB tahunan di Samsat Keliling memakai tata cara jemput bola. Nantinya, pihak Wajib Pajak akan berada dalam kendaraan Samsat Keliling yang telah ditempatkan di posisi tertentu. Umumnya, akan menetap di tempat yang jauh dari akses pusat pelayanan Samsat.

Tetapi jangan takut, pelayanan yang diberikan Samsat Keliling sama saja. Itu tidak berbeda jauh dari layanan yang biasa Anda miliki di Kantor Samsat Induk ataupun Pusat. Sebab, Samsat Keliling mempunyai tujuan buat tingkatkan kualitas pelayanan publik dalam pelayanan PKB.

Lalu, apa saja ketentuan yang wajib dipersiapkan bila mau mengurus pajak motor tahunan di Samsat Keliling? Berikut penjelasannya dan prosedurnya.

Ketentuan Bayar Pajak Motor di Samsat Keliling

Mengurus dan membayar pajak motor tahunan di Samsat Keliling bukanlah perihal yang sulit dan rumit. Anda cuma butuh mempersiapkan sedikit dokumen serta dana buat membayar pajaknya. Lalu, apa saja syarat-syarat yang wajib disiapkan?

Syarat mengurus pajak motor tahunan di Samsat Keliling adalah membawa berkas-berkas dokumen data diri dan kendaraan. Misalnya, KTP, BPKB, SWDKLLJ, STNK, dan struk pembayaran pajak motor.

Anda harus membawa dua versi fail. Yakni, versi asli dan fotokopinya. Untuk fail fotokopi, baiknya bawa dengan jumlah salinan yang mencukupi untuk mempermudah transaksi.

Prosedur Pembayaran di Samsat Keliling

Sebetulnya, cara bayar pajak motor di Samsat Keliling tidak jauh berbeda dengan membayar di kantor Samsat pusat. Mungkin, hanya ada sedikit adaptasi yang perlu disesuaikan dengan teknis pelayanan.

  1. Kunjungi kendaraan Samsat Keliling di wilayah Anda.
  2. Isi formulir yang diberikan petugas.
  3. Sehabis mengisi formulir, bagikan formulir tersebut ke petugas bersama dengan dokumen persyaratan yang telah disiapkan.
  4. Tunggu nama Anda dipanggil sehabis petugas memverifikasi informasi.
  5. Petugas bakal membagikan data mengenai besaran pajak yang wajib Anda bayar.
  6. Bayar pajaknya.
  7. Setelah itu, Anda bakal mendapat struk pembayaran buat pengambilan STNK baru.

Data seputar ketentuan dan prosedur mengurus pajak motor tahunan di Samsat Keliling tidak banyak. Anda sudah mengetahuinya sekarang dan bisa Anda coba terapkan jika di daerah Anda sedang ada layanan Samsat Keliling.

Umumnya, Samsat Keliling mulai beroperasi dari jam 8 pagi maka usahakan Anda tiba lebih dahulu supaya tidak mengantre. Bila Anda beruntung, proses mengurus bayar pajak motor di Samsat Keliling bisa terlaksana cuma dengan 2 menit saja.