Berbuka Puasa dengan Menu Khas Daerah: Kuliner Nusantara yang Menggugah Selera

Berbuka Puasa dengan Menu Khas Daerah: Kuliner Nusantara yang Menggugah Selera

Ketika bulan Ramadan tiba, jangan melewatkan kesempatan untuk berbuka puasa dengan menu khas daerah kuliner nusantara yang menggugah selera. Tentu berbuka puasa akan terasa lebih istimewa jika mencoba kuliner khas nusantara.

Berbuka merupakan momen yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan lapar dan haus akibat berpuasa. Oleh sebab itu, menu berbuka umumnya dipertimbangkan dengan baik.

Supaya berbuka terasa lebih nikmat, silahkan mencoba mempertimbangkan menu makanan khas nusantara. Ada banyak sekali pilihan yang bisa dicoba, jadi mari menyimak rekomendasinya dalam artikel ini.

Berbuka Puasa dengan Menu Khas Daerah: Kuliner Nusantara yang Menggugah Selera Makan

Biasanya ketika berbuka puasa, makanan yang identik ialah kolak pisang. Padahal, masih banyak menu kuliner lain yang dapat ditemukan di Pulau Jawa. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas dari Pulau Jawa.

  1. Mi Glosor

Berbuka puasa dengan menu khas daerah kuliner nusantara yang menggugah selera, salah satunya ialah mi glosor. Mi glosor berasal dari Bogor dengan bahan dasar mi. Namun teksturnya tidak sama dengan mi biasa.

Mi glosor dibuat menggunakan bahan baku singkong atau aci. Jadi, teksturnya lebih licin dan mudah ditelan. Kemudian, pewarna makanan ini juga terbuat dari bahan alami, yakni kunyit yang menghasilkan warna kuning.

Penyajian mi glosor ialah ditumis bersama dengan sayuran. Kemudian disajikan bersama sambal kacang dan gorengan. Sehingga berbagai komponen tersebut membuat tampilannya menggugah selera.

  1. Kicak

Rekomendasi berbuka puasa dengan menu khas daerah kuliner nusantara yang menggugah selera lainnya ialah kicak. Kicak ialah kue yang berasal dari Yogyakarta.

Bahan dasar pembuatan kicak ialah singkong, tepung pati, gula merah cair dan parutan kelapa. Mengonsumsi kicak setelah adzan maghrib tiba akan mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa.

  1. Serabi

Apabila pernah singgah di Jawa Barat, pasti sudah tidak asing lagi dengan serabi. Serabi ialah kue tradisional yang mudah ditemukan di Bandung. Serabi memberikan sensasi rasa dari tepung dan santan yang nikmat.

  1. Lumpia

Beralih ke Jawa Tengah, sudahkah Anda familiar dengan lumpia? Lumpia merupakan gorengan asal Semarang yang gurih dan renyah. Biasanya lumpia banyak dicari oleh pelancong.

  1. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor ialah kuliner khas Gresik yang punya banyak isi. Di dalamnya termuat tepung terigu, daging kelapa muda, pisang, nangka dan roti tawar.

Kuliner Khas dari Pulau Sumatra

Setelah mengenali berbagai kuliner khas dari Pulau Jawa, mari beralih ke Pulau Sumatra. Berbuka puasa dengan menu khas daerah: kuliner nusantara yang menggugah selera berikut ini tentu tidak kalah menarik.

  1. Putu Mangkok

Putu Mangkok ialah kuliner khas Riau yang dibuat dari tepung beras. Kue putu mangkok mempunyai rasa manis dan gurih. Perpaduan rasanya berasal dari parutan kelapa di bagian luar kue.

  1. Kanji Rumbi

Kanji rumbi yang berasal dari Aceh bisa disamakan dengan bubur ayam. Bedanya adalah kanji rumbi jauh lebih kental sebab ada tambahan jagung. Umumnya ada tambahan udang dan daging pula.

  1. Lepat Gayo

Masih ada kuliner khas Aceh yakni lepat gayo. Lepat gayo ialah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan, gila aren dan kelapa parut. Keunikan dari lepat gayo ialah tidak mudah busuk jadi dapat disimpan sampai beberapa bulan.

  1. Bubur Kampiun

Bubur kampiun berasal dari Padang dengan beragam isi. Jika mengonsumsi bubur kampiun, Anda akan menemukan ketan, pisang, candil dan bubur sumsum di dalamnya. Semuanya bercampur menjadi satu.

  1. Taoge Penyabungan

Meskipun namanya taoge penyabungan, sebenarnya makanan ini tidak terbuat dari taoge. Jadi, Anda tidak akan menemukan taoge di dalamnya. Apabila memang tidak suka taoge, maka bisa mencicipi taoge penyabungan.

Taoge penyabungan merupakan minuman manis dengan kandungan cendol, ketan, pulut hitam, tape, candil dan lupis. Lantas disiram dengan kuah gula merah dan santan.

  1. Pakat

Pakat bisa ditemui di Kota Medan karena merupakan sajian kuliner khas masyarakat Tapanuli. Pakat dibuat dari rotan muda yang dibakar lantas dibumbui dengan santan. Umumnya rotan muda ini dijadikan sebagai takjil ketika berbuka puasa.

Rekomendasi Kuliner Khas dari Berbagai Pulau Lainnya

Berbuka puasa dengan menu khas daerah kuliner nusantara yang menggugah selera tentu sangat menarik. Anda bisa memilih sajian dari Sabang sampai Merauke. Setelah membaca rekomendasi dari Pulau Jawa dan Sumatra, mari membaca rekomendasi dari pulau lainnya.

  1. Bubur Manado

Mungkin sudah banyak orang yang tidak asing dengan bubur manado. Bubur manado dibuat dari jagung yang dicampurkan dengan sayuran. Rasanya lezat namun juga bergizi karena kandungan vitamin dalam sayurannya.

  1. Kue Barongko

Selanjutnya ada kue barongko dari Makassar yang merupakan olahan pisang, telur, santan, gula dan garam. Biasanya barongko juga mudah ditemui dalam acara-acara besar di Sulawesi Selatan.

Barongko terasa lebih lezat karena dibalut dalam bungkus daun pisang. Sehingga aroma barongko harum dan menggugah selera. Barongko mempunyai tekstur lembut dan rasa manis yang cocok untuk dijadikan santapan ketika berbuka puasa.

  1. Ipau

Ipau ialah olahan lasagna lokal dari Kalimantan Selatan. Ipau dibuat dari bahan tepung terigu, telur, sayuran dan daging cincang. Anda dapat menemukannya ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan.

  1. Sagu Bakar

Apabila Anda sedang berbuka puasa di daerah Indonesia Timur, maka jangan melewatkan kelezatan sagu bakar. Kue sagu bakar banyak ditemukan ketika bulan Ramadan di Ambon.

  1. Sate Susu

Sate susu berasal dari Pulau Dewata yang dibuat dari bagian susu sapi. Sementara bumbunya tentu khas Bali. Anda bisa menemukannya di pasar-pasar kaget penjaja makanan buka puasa.

  1. Jojongkong

Jojongkong berasal dari Lampung dan tampilannya mirip dengan bubur sumsum. Rasa dari jojongkong ialah manis dan gurih karena campuran gula merah serta santan.

Ketika hendak berbuka puasa, pasti menginginkan makanan favorit untuk dinikmati. Berbuka puasa dengan menu khas daerah kuliner nusantara yang menggugah selera, baik itu khas dari Pulau Jawa, Sumatra maupun lainnya tentu akan terasa lebih nikmat.

Related Posts