Kajian Ramadhan: Menguak Hikmah Puasa dan Kebaikan Berbagi di Bulan Suci

Kajian Ramadhan: Menguak Hikmah Puasa dan Kebaikan Berbagi di Bulan Suci

Mempelajari kajian Ramadhan: menguak hikmah puasa dan kebaikan berbagi di bulan suci akan semakin meningkatkan keimanan. Sebab, setiap perintah dari Allah pasti mempunyai hikmah dan manfaat bagi manusia.

Tatkala menjalankan ibadah puasa, Anda akan memperoleh beragam manfaat. Sebenarnya hikmah yang mungkin dirasakan setiap manusia cukup berbeda. Akan tetapi, setiap orang pasti akan merasakannya.

Menjalankan ibadah berpuasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga. Supaya ibadah Anda semakin maksimal ketika bulan Ramadhan, mari mengenali hikmahnya dalam artikel ini.

Kajian Ramadhan: Menguak Hikmah Puasa dan Kebaikan Berbagi di Bulan Suci Puasa

Ibadah puasa di bulan Ramadhan bagi umat Islam menghadirkan hikmah yang sangat besar. Mengingat puasa merupakan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah kepada hamba-Nya. Supaya lebih mengenal hikmahnya, mari membaca ulasannya di bawah ini.

  1. Mengelola Emosi dan Dorongan Hawa Nafsu

Menguak hikmah puasa dan kebaikan berbagi di bulan suci salah satunya ialah mengelola emosi serta dorongan hawa nafsu. Sebenarnya emosi dan hawa nafsu adalah hal yang pasti dimiliki setiap manusia.

Emosi dan hawa nafsu tidak mungkin bisa dihilangkan dari diri manusia. Namun, emosi dan hawa nafsu perlu dikelola dengan baik supaya mampu meraih tujuan hidup berdasarkan agama Islam.

  1. Melatih Disiplin Waktu

Kajian Ramadhan menguak hikmah puasa dan kebaikan berbagi di bulan suci selanjutnya ialah melatih disiplin waktu. Karena Anda masih harus melakukan aktivitas sehari-hari dengan tubuh sehat dan bugar, maka perlu beristirahat yang cukup.

Ketika istirahat cukup, Anda akan mampu menjalankan ibadah puasa secara lebih teratur dan lancar. Bukan hanya itu saja, menjalankan sahur juga akan membangun kebiasaan bangun lebih pagi.

  1. Terjaga dari Perbuatan Tercela

Hikmah menjalankan ibadah puasa lainnya ialah menjadi umat Islam dari perbuatan tercela, baik itu perbuatan maupun perkataan. Sehingga dalam hidup bisa lebih fokus untuk berbuat baik dan beramal salih.

  1. Menjadi Sosok yang Bertakwa

Sebenarnya ada banyak sekali jalan untuk memperoleh derajat takwa di sisi Allah. Salah satunya ialah melalui ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Hikmah Puasa: Hidup Sederhana dengan Penuh Rasa Syukur

Salah satu hikmah puasa dan kebaikan berbagi di bulan suci ialah mampu menjalankan hidup sederhana. Meskipun sederhana, namun penuh dengan rasa syukur.

Puasa sendiri tergolong rukun Islam ketiga yang mewajibkan menahan diri mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Menahan diri dari lapar, haus hingga nafsu.

Ketika membahas tentang puasa, mungkin kebanyakan orang masih menganggapnya sebagai ibadah yang hanya mengarah pada pahala. Padahal, banyak hikmah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari seperti kesederhanaan.

Berpuasa mampu membantu menjalankan hidup sederhana sebab Anda akan menahan diri untuk membeli makanan maupun minuman. Ketika sudah tiba waktu berbuka, Anda juga hanya perlu makan dan minum sedikit.

Meskipun hidup sederhana, namun sudah bisa merasakan betapa nikmatnya makanan atau minuman. Sementara pikiran untuk melahap banyak makanan hanya berupa hawa nafsu yang sebenarnya tidak perlu dituruti.

Ketika berpuasa, sangat disarankan untuk mengonsumsi sedikit makanan dan minuman. Sehingga manusia lebih bersyukur atas nikmat dari Allah. Kemudian juga menyadari betapa bersarnya nikmat dari Allah.

Meskipun hidup dengan sederhana, bukan berarti lantas ada dampak buruk bagi kesehatan. Cukup dengan mengonsumsi makanan sederhana seperti kurma dan minum air putih ketika berbuka, sudah cukup bermanfaat bagi kesehatan.

Jadi, meskipun manusia menahan lapar dan haus sepanjang hari kemudian tidak makan berlebihan ketika berbuka, kesehatan akan senantiasa terjaga. Tubuh tidak akan mengalami penyakit parah hanya karena menjalankan ibadah puasa.

Justru puasa akan membuat tubuh mengeluarkan berbagai kotoran dan zat berbahaya. Sehingga berpuasa justru akan membuat tubuh sehat dalam pola hidup sederhana.

Berbagai Keutamaan Berbagi di Bulan Suci

Kajian Ramadhan: menguak hikmah puasa dan kebaikan berbagi di bulan suci yang paling umum diketahui ialah terkait pahala yang berlimpah. Sedekah atau berbagi ketika bulan Ramadhan ialah salah satu bentuk syukur terhadap karunia Allah.

Bersedekah di bulan Ramadhan bisa dilakukan melalui beragam cara, misalnya memberi makan orang berpuasa, bersedekah uang ke masjid dan lain sebagainya. Apabila gemar bersedekah di jalan Allah dengan hati ikhlas, maka bisa memperoleh hikmah berikut.

  1. Memperoleh Pahala Orang Berpuasa

Apabila berbagi di bulan Ramadhan seperti memberi makan orang berpuasa, maka bisa memperoleh pahala setara dengan pahala orang berpuasa. Namun, tidak akan mengurangi pahalanya sendiri.

  1. Diselamatkan dari Siksa Kubur

Keutamaan lainnya dari bersedekah ialah diselamatkan dari siksa kubur. Sedekah mampu meredakan kobaran api siksaan di dalam kubur. Jadi, tidak heran apabila sedekah sangat disarankan terutama ketika bulan Ramadhan.

  1. Diselamatkan dari Api Neraka

Selain diselamatkan dari siksa kubur, sedekah juga bisa menghindarkan dari api neraka. Semakin sering berbagi di bulan suci, akan semakin jauh dari api neraka.

  1. Pahala Berlipat Ganda

Ketika bersedekah di bulan Ramadhan, maka seorang Muslim bisa memperoleh pahala berlipat ganda dari Allah. Sedekah sendiri hukumnya ialah sunnah, jadi ketika dikerjakan akan memperoleh ganjaran dalam bentuk pahala.

  1. Menggugurkan Dosa

Bersedekah di bulan suci mampu membantu menggugurkan dosa. Akan tetapi, buka berarti lantas berbuat dosa yang sama lalu ditebus dengan sekedah. Tentu perlu bertaubat dan tidak mengulangi dosanya sembari bersedekah.

  1. Menambah Rezeki

Jangan pernah merasa harta akan habis jika sering bersedekah. Karena, ketika sering berbagi, justru rezeki akan mengalir lebih lancar. Namun jangan hanya mengartikan rezeki sebagai uang, sebab bentuk rezeki bisa berupa kesehatan, kemudahan dalam urusan dan lainnya.

Ketika menjalankan ibadah puasa Anda akan memperoleh berbagai hikmah. Dalam kajian Ramadhan menguak hikmah puasa dan kebaikan berbagi di bulan suci, umat Islam bisa terjaga dari perbuatan tercela, menjadi sosok bertakwa serta lainnya.

Related Posts