Ramadan Kareem: Mengucapkan Salam dan Doa untuk Keluarga, Teman, dan Sesama

Ramadan Kareem: Mengucapkan Salam dan Doa untuk Keluarga, Teman, dan Sesama

Ramadan kareem: mengucapkan salam dan doa untuk keluarga, teman, dan sesama seolah menjadi tradisi hangat yang selalu dilakukan setiap menjelang datangnya bulan suci. Ada beragam cara untuk memberikan ucapan selamat Ramadan kepada orang-orang terdekat.

Misalnya mengirimkan mengirim salam dan doa lewat pesan hp, kartu ucapan, mengirim makanan, dan sebagainya. Biasanya, orang-orang akan mengirim ucapan dalam barisan kata-kata yang indah dan mengandung doa serta harapan.

Mungkin Anda juga pernah mengalami bagaimana rasanya merangkai kata-kata penuh makna sebelum mengirimkannya kepada teman, keluarga, atau sesama. Ini adalah suatu bentuk kegembiraan dalam menyambut bulan yang suci dan penuh berkah.

Ramadan Kareem: Mengucapkan Salam dan Doa untuk Keluarga, Teman, dan Sesama Muslim

Setiap menjelang Ramadan, Anda pasti sering menjumpai berbagai ucapan selamat yang berseliweran di mana-mana. Mulai dari social media, status WA, hingga spanduk dan baliho di pinggir jalan.

Jadi, ini saatnya Anda mengucapkan salam serta doa dan harapan kepada keluarga, teman, dan sesama di bulan suci Ramadan. Kami memiliki beberapa contoh ucapan yang dapat Anda jadikan inspirasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ucapan Salam yang Puitis

Ramadan adalah bulan suci yang di dalamnya terdapat banyak sekali keberkahan serta keindahan. Jika Anda ingin mengucapkan salam untuk keluarga, teman, dan sesama menggunakan kata-kata indah, pertimbangkan contoh berikut:

  • Secercah cahaya Ramadan bersinar dari langit, menerangi hati yang mendung akan gelapnya khilaf. Di bulan nan suci ini, semoga keberkahan terlimpahkan kepada kita semua. Marhaban Yaa Ramadhan, selamat berpuasa di bulan Ramadan.
  • Goresan kata tanpa sengaja menorehkan luka. Maaf atas segala tingkah laku yang tak berkenan dan merenggut senyuman. Lewat untaian ini, kuucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan.
  1. Ucapan Salam dan Sepucuk Doa

Ramadan kareem: mengucapkan salam dan doa untuk keluarga, teman, dan sesama tidak harus menggunakan bahasa puitis. Anda juga bisa memakai bahasa yang sederhana dan disertai ketulusan doa seperti contoh berikut:

  • Menjelang 1 Ramadan, marilah kita mensucikan diri dengan bermaaf-maafan. Semoga Allah memberikan kekuatan iman bagi kita semua dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin.
  • Tiada persahabatan tanpa perselisihan. Pada Ramadan yang penuh rahmat ini, kuucapkan beribu maaf atas segala kesalahan. Semoga kita dapat berpuasa sebulan penuh selama Ramadan dan mendapat ridho Allah Swt.
  • 11 bulan lamanya kita disibukkan oleh kegiatan masing-masing di luar rumah. Di bulan Ramadan ini, mari meningkatkan kualitas ibadah bersama-sama. Semoga Allah senantiasa menganugerahkan iman dan Islam bagi keluarga kita. Selamat berpuasa.
  1. Ucapan Selamat dengan Pantun

Ramadan kareem: mengucapkan salam dan doa untuk keluarga, teman, dan sesama juga bisa dengan pantun yang tidak membosankan. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan kreativitas tersendiri. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Hujan-hujanan di hari Selasa

Pulangnya makan Indomie

Mari kita menjalankan ibadah puasa

Semoga Allah meridhoi

  • Pak Mamat pulang dari ladang

Batang pohon lupa dibelah

Selamat datang bulan Ramadan

Mohon maaf atas khilaf dan salah

  • Tomat segar dari desa

Dimakan sambil duduk bersila

Selamat menunaikan ibadah puasa

Semoga kita dapat banyak pahala

Apa Hikmah Mendoakan Sesama Muslim?

Selain menyampaikan ucapan salam atau selama berpuasa, sebaiknya jangan terlewat untuk mendoakan orang yang Anda tuju, baik itu keluarga, teman, atau sesama muslim. Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa kita perlu mendoakan orang lain?

Pada dasarnya Ramadan kareem: mengucapkan salam dan doa untuk keluarga, teman, dan sesama adalah mendoakan orang-orang di sekitar kita. Tidak dikatakan doa kecuali jika itu adalah ucapan dan harapan yang baik.

Berdoa pada dasarnya adalah suatu amal kebaikan. Bahkan, dalam Al-Qur’an surat Al-Ghafir ayat ke-60 Allah memerintahkan manusia untuk berdoa, dan Allah berjanji akan mengabulkan permintaan tersebut. Janji Allah tentu sesuatu yang haq dan tidak mungkin diingkari.

Berdoa tidak hanya dapat dilakukan untuk diri sendiri. Ada kebaikan yang dicatat setiap kali Anda mendoakan orang lain, baik itu keluarga, teman, atau sesama manusia secara umum.

Menurut Syaikh Abdullah Ju’aitsan dalam bukunya “Meneladani Nabi dalam Sehari” menerangkan bahwa mendoakan kebaikan bagi orang lain berarti Anda juga telah berbuat baik terhadap diri sendiri maupun orang yang didoakan.

Mengucapkan doa untuk kebaikan orang lain secara diam-diam (tanpa sepengetahuan orang yang didoakan) memiliki keutamaan tersendiri.

Syekh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam kitab Riyadhus Sholihin menyebutkan bahwa mendoakan saudara tanpa sepengetahuannya menunjukkan jujurnya keimanan seseorang.

Berdasarkan sabda Rasulullah dalam hadits riwayat Muslim, malaikat mengucapkan aamiin dan mendoakan kebaikan yang sama bagi orang yang mendoakan saudara sesama muslim secara sembunyi-sembunyi.

Cara Membuat Ucapan Selamat Puasa yang Unik

Ramadan kareem: mengucapkan salam dan doa untuk keluarga, teman, dan sesama bisa dilakukan dengan beragam cara. Ingin memberikan ucapan dengan cara yang unik? Ini beberapa alternatif pilihannya:

  1. Pop Up Card

Pop up card menjadi salah satu jenis kartu ucapan favorit karena memiliki efek 3D saat dibuka. Di samping menuliskan rangkaian kata ucapan, Anda bisa mengkreasikan bentuk 3D yang menarik. Misalnya gambar masjid, bulan, anak-anak, dan lainnya.

  1. Video Animasi

Video animasi menawarkan cara mengucapkan salam dan doa untuk keluarga, teman, dan sesama dengan menarik serta kreatif. Lewat karakter menggemaskan, Anda dapat mengisi suara berupa ucapan salam dan doa dan disempurnakan dengan efek animasi.

  1. Kartu Digital

Kartu ucapan digital kini semakin mudah dibuat berkat banyaknya aplikasi yang bisa digunakan secara gratis seperti Canva. Selain ucapan, perhatikan pula desain kartunya agar menarik dan keren. Anda bisa mengirimkannya ke media sosial maupun chat.

Kedatangan Ramadan selalu disambut dengan suka cita. Sebagai wujud kegembiraan menyambut bulan suci, jangan lupakan Ramadan kareem: mengucapkan salam dan doa untuk keluarga, teman, dan sesama.

Related Posts