bacaan doa dan amalam yang dianjurkan untuk menyambut malam lailatul qadar

Bacaan Doa yang Dianjurkan untuk Malam Lailatul Qadar

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Alquran) pada malam Al-Qadr.

Dan apakah kamu mengetahui apakah malam Al-Qadr itu?

Malam Al-Qadr lebih baik dari seribu bulan.

Di malam itu, para malaikat dan Jibril turun dengan izin Tuhan mereka untuk mengatur semua urusan.

Keberkahan sampai fajar. “(Al-Qadr, 1-5)

Kita telah memasuki sepuluh hari terakhir pada bulan suci Ramadhan. Di saat inilah semuanya menantikan datangnya malam Laitul Qadar, malam seribu bulan. Ini adalah malam dimana Alquran diturunkan dan itu merupakan malam dimana nasib umat untuk tahun depan akan ditentukan.

Allah menjanjikan mereka yang menghabiskan malam ini untuk sholat dan mengingat Allah akan mendapatkan pahala sebesar jika mereka telah menghabiskan waktu seribu bulan lamanya untuk menyembah dan beribadah kepada Allah.

Tapi tidak ada yang tahu pasti kapan malam kemuliaan itu akan tiba. Sementara banyak Muslim menyebutkan malam 27 Ramadhan sebagai malam mulia ini, para ulama hanya setuju bahwa itu jatuh pada sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Mayoritas ulama ini beranggapan bahwa ini akan terjadi pada malam yang ganjil. Diantaranya lagi, banyak ulama yang mengambil dari hadis yang menentukan bahwa malam itu akan datang pada malam ke-27. Namun, ini belum tentu dapat dipastikan. Bagaimanapun juga, kita umat Islam diharuskan untuk mencari malam ini dan menggunakannya untuk beribadah dan memperoleh keberkahan didalamnya.

Jika kita tidak mengungkap misteri malam Lailatul Qadar, kita tetap akan menerima pahala yang sama dari Allah jika kita bermalam dengan sholat dan mengenang Allah.

Sangat disarankan agar Anda melakukan sholat wajib Isya dan Subuh dalam sholat berjamaah di masjid untuk menerima pahala yang dijanjikan. Cara termudah untuk melakukannya tentu saja dengan I’tikaf, yaitu ketika Anda menghabiskan sepuluh malam terakhir Ramadhan di masjid. Jadi, Anda tidak akan melewatkan malam kemuliaan ini.

Pada saat yang sama, seseorang harus dengan tulus bertaubat dan membuat niat untuk mendekati Allah di masa mendatang, untuk melepaskan dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Rasulullah Saw bersabda: “Siapapun yang berdoa pada malam kemuliaan dengan keyakinan kuat dan harapan pahala akan diampuni atas perbuatan buruk mereka yang sebelumnya.” (Abu Huraira; Bukhari dan Muslim)

Berikut Doa Yang Dianjurkan Saat Malam Lailatul Qadar

“Allahumma innaka ‘Afuun, tuhibbul’ Afwa, fa ‘afu’ anni”

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku.

Bagi banyak dari kita mungkin kesulitan untuk bermalam di masjid. Tapi tenang, bagi mereka yang tidak dapat melakukannya, tetap ada kemungkinan mendapatkan pengampunan dan pahala, seperti yang ditunjukkan hadits di atas kepada kita.

Selain shalat lailatul qadar, seseorang juga bisa mengharapkan pahala yang berlipat ganda dari Allah melalui sedekah di malam Lailatul Qadr. Di beberapa negara sudah ada yang menerapkan kemungkinan untuk memberikan sumbangan khusus ini tepatnya di Lailatul Qadar, setiap hari atau pada malam-malam ganjil.

Hal ini tentunya sangat membangtu dan mempermudah umat muslim yang ingin mendapatkan keberkahan pada malam Lailatul Qadar dengan cara bersedekah. Jadi mari, sebisa mungkin kita berusaha untuk mendapatkan malam kemuliaan ini disisa waktu 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini.