Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke Laptop dengan Cepat

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke Laptop dengan Cepat

Cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop perlu untuk diketahui karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya pengguna menjadi lebih leluasa untuk bergerak. Selain itu, terdapat fitur kontrol yang lebih lengkap.

Oleh karena itu, Anda wajib memilikinya agar mempermudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, sebelum membelinya maka harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana langkah-langkah untuk menyambungkan dengan laptop.

Hal ini perlu diperhatikan karena perangkat laptop memiliki windows yang beragam, ada windows, 7, 8 dan 10. Akibatnya cara untuk melakukan pengaturan juga tidak sama.

Selama ini masih banyak orang yang bingung cara menggunakan headset bluetooth. Oleh karena itu, pastikan Anda menyimak berbagai informasi penting berikut ini agar bisa menyambungkan headset bluetooth ke laptop.

Intip Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke Laptop

Apabila Anda ingin menyambungkan headset bluetooth maka perhatikan jenis windows yang digunakan. Hal ini karena caranya berbeda-beda untuk setiap windows.

1. Windows 7

Cara menyambungkan pada laptop windows 7 sangat mudah. Silahkan hidupkan terlebih dahulu headset bluetooth, lalu masuk ke mode pairing. Klik kanan pada ikon bluetooth dan pilihlah add a bluetooth device.

Tunggulah beberapa saat hingga muncul ikonnya. Lalu, klik next dan ikuti langkah selanjutnya sampai terhubung ke perangkat Anda. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya untuk mendengarkan musik dan lain-lain.

2. Windows 8

Cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop dengan windows 8 yaitu dengan menghubungkan kedua alat tersebut. Setelah itu pergi ke menu setting, lalu pilih change PC settings.

Langkah selanjutnya klik menu wireless. Lalu, untuk mengaktifkan bluetooth silahkan tekan tombol dari off ke on. Klik menu devices dan klik add a device. Pastikan modenya sudah diatur pairing.

3. Windows 10

  • Hidupkan terlebih dahulu laptop yang sudah diinstal windows 10
  • Headset bluetooth juga harus sudah dihidupkan agar otomatis mengaktifkan mode pairing.
  • Pada menu start pilih settings
  • Anda pilih device, selanjutnya klik tombol bluetooth & other devices
  • Klik add bluetooth or other device
  • Pilih menu bluetooth. Setelah itu, di jendela pair device klik tombol allow. Setelah terhubung, maka pengaturan speaker akan otomatis berubah.

Namun, jika tidak ada perubahan, Anda harus mengaturnya secara manual. Caranya klik icon sound yang letaknya di bagian pojok kanan taskbar, lalu ganti speakernya.

Cara Mudah Mengoperasikan Headset Bluetooth

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengoperasikan alat tersebut adalah harus ada laptop yang telah memiliki bluetooth  dan drivernya. Apabila belum ada maka harus memasangnya terlebih dahulu.

Keduanya dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan dengan baik. Nantinya jika sudah terpasang, maka akan muncul berbagai perangkat yang sudah terhubung dengan laptop.

Pada umumnya, alat ini dilengkapi dengan 3 tombol yang berfungsi untuk mengoperasikannya. Ketiga tombol tersebut adalah volume down, volume up dan tombol multifungsi.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui bagaimana cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop. Apabila ingin menghidupkan maka tekan tombol multifungsi dan tahan selama 2 detik.

Selanjutnya, untuk mematikan silahkan tekan pada tombol multifungsi, lalu ditahan 4 detik. Jika Anda ingin melakukan pairing, maka caranya sama namun hanya perlu menahan tombol selama 3 menit.

Lalu, untuk mengecek baterai bisa dengan klik 2 kali pada volume down. Jika ingin mengaktifkan effect 3D surrounding sound bisa mengklik secara bersamaan tombol volume down dan multifungsi.

Terkadang ketika menggunakan headset bluetooth pada laptop maupun PC akan mengalami bug. Akibatnya suaranya menjadi kurang bagus, putus-putus atau delay. Kondisi seperti ini semakin parah jika Anda mengaktifkan mic bawaan.

Oleh karena itu, Anda harus mematikan mic bawaan. Tujuannya agar suaranya terdengar bagus sehingga tidak membuat telinga sakit. Meski demikian, ada banyak kelebihan dibandingkan Anda memakai headset yang ada kabelnya.

5 Kelebihan Menggunakan Headset Bluetooth

Perkembangan teknologi semakin canggih, hal ini terbukti dengan hadirnya headset yang bisa dikoneksikan menggunakan bluetooth. Selain bersifat lebih praktis, masih ada kelebihan lain yang perlu diketahui.

1. Lebih Aman

Tingkat keamanannya lebih baik karena Anda bisa memakainya sambil bergerak ke mana-mana. Anda juga tidak memerlukan kabel untuk bisa terhubung dengan laptop.

2. Cara Menggunakannya Lebih Mudah

Cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop tidak sulit sehingga banyak orang yang mulai beralih menggunakannya. Anda bisa mendengarkan banyak lagu sekaligus tanpa harus duduk di dekat laptop.

Anda cukup menekan tombol, maka alat itu bisa langsung digunakan dan bisa memilih lagu sesuai keinginan. Namun, sebelumnya harus sudah diatur untuk bisa terhubungan.

3. Bersifat Fleksibel

Anda bisa membawanya ke mana saja dengan mudah karena tidak adanya kabel. Pada umumnya, kasus kabel melilit sering dialami banyak orang sehingga mudah putus.

4. Lebih Fokus dalam Beraktivitas

Selain cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop mudah, kelebihan lainnya adalah membuat penggunanya lebih fokus untuk mengerjakan tugas karena bisa mengatur pemutaran lagu sejak awal.

Selain itu, bersifat user friendly sehingga meningkatkan kenyamanan para penggunanya. Alasannya karena aktivitas lain tetap berjalan lancar meskipun sedang memakai headset.

5. Mudah Disimpan

Anda dapat menyimpan di mana saja tanpa perlu khawatir mengalami kerusakan. Berbeda jika menggunakan yang ada kabelnya maka harus menggulungnya terlebih dahulu agar tidak memakan banyak tempat.

Lalu, kemungkinan kabel mengalami kerusakan atau putus juga lebih besar. Dari segi perawatannya juga lebih mudah sehingga model seperti itu sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan.

Anda bisa mempraktikkan cara di atas sesuai jenis windows dari laptop. Oleh karena itu, penting bagi Anda memahami cara menyambungkan headset bluetooth ke laptop.