Starlink Indonesia

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Starlink, Berapa Harga Layanan dan Kecepatannya?

Anda mungkin sudah mendengar tentang Starlink, layanan internet berbasis satelit yang sedang ramai diperbincangkan. Namun, apa sebenarnya Starlink? Bagaimana harga paket layanannya di Indonesia? Dan berapa kecepatannya? Mari kita bahas lebih lanjut!

Apa Itu Starlink?

Starlink adalah layanan internet yang dikelola oleh SpaceX, perusahaan penerbangan luar angkasa yang juga dimiliki oleh Elon Musk. Layanan ini menggunakan satelit luar angkasa untuk menyediakan koneksi internet ke seluruh dunia. Sejak dikenalkan ke publik pada tahun 2018, Starlink telah berhasil mengorbitkan sekitar 5.000 satelit menggunakan roket Falcon 9.

Kecepatan Internet Starlink di Indonesia

Menurut laman resmi Starlink, kecepatan internet di Indonesia berkisar antara 25 hingga 220 Mbps. Pengalaman pengguna menunjukkan bahwa kecepatan ini umumnya di atas 100 Mbps. Sedangkan kecepatan unggah berkisar antara 5 hingga 20 Mbps. Dengan kecepatan ini, Starlink cocok digunakan untuk streaming, panggilan video, game online, dan penggunaan internet rumah tangga lainnya.

Perlu dicatat bahwa Starlink menggunakan jaringan broadband melalui satelit luar angkasa, berbeda dengan layanan internet operator di Indonesia yang memanfaatkan kabel fiber optic.

Harga Paket Starlink di Indonesia

Untuk berlangganan Starlink, Anda perlu memiliki perangkat VSAT (Very Small Aperture Terminal) atau stasiun penerima sinyal. Harga VSAT terpisah dengan langganan internetnya. Ada dua jenis VSAT yang ditawarkan:

  • VSAT untuk pelanggan yang menetap di suatu lokasi seperti area perumahan, dengan harga Rp 7.800.000.
  • VSAT untuk pelanggan dengan mobilitas tinggi, seperti kapal yang aktif beroperasi di perairan, dengan harga Rp 43.721.590.

Starlink menyediakan 6 pilihan paket dengan harga mulai dari Rp 750.000 per bulan.

Bagaimana Cara Berlangganan Starlink di Indonesia?

Anda tertarik untuk berlangganan Starlink, layanan internet berbasis satelit yang sedang ramai diperbincangkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk berlangganan Starlink di Indonesia:

1. Kunjungi laman Starlink Indonesia.
2. Gulir halaman ke bawah dan isi kolom “Alamat Layanan” dengan “Indonesia”.
3. Klik “Pesan Sekarang”. Halaman akan menampilkan ketersediaan Starlink di wilayah tersebut.
4. Lengkapi informasi kontak dan alamat pengiriman, kemudian klik “Perbarui Alamat Pengiriman”.

Starlink adalah solusi internet yang menarik dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah. Dengan layanan ini, kita dapat terhubung dengan dunia digital tanpa batas. Jadi, jika Anda mencari alternatif internet yang inovatif, Starlink bisa menjadi pilihan yang menarik!