Asuransi Mobil Jasa Raharja, Bagaimana Cara Mengklaimnya?

Asuransi Mobil Jasa Raharja, Bagaimana Cara Mengklaimnya?

Asuransi mobil Jasa Raharja merupakan salah satu perusahaan yang banyak diminati oleh para pengendara untuk menjaga masalah finansialnya. Tentunya hal tersebut berhubungan dengan peristiwa-peristiwa tertentu saat berada di jalanan.

Ketika sudah berada di jalanan, masalah apapun terkait kendaraan Anda bisa saja terjadi termasuk Kehilangan, kerusakan, dan lain sebagainya. Sedangkan, hal seperti ini menuntut Para pemilik kendaraan mengeluarkan biaya besar.

Biaya-biaya yang dikeluarkan tersebut biasanya digunakan untuk mengganti atau memperbaiki kendaraan apabila mengalami masalah. Dengan penggunaan asuransi, Anda dapat mengenakan biaya pengeluaran dadakan masalah tersebut terjadi.

Apalagi pada zaman sekarang ini menggunakan kendaraan semakin meningkat sehingga potensi terjadinya kecelakaan juga semakin besar. Apalagi ketika anda sering menggunakan kendaraan tersebut di kota-kota besar.

Dalam proses penggunaan asuransi, para nasabah harus melakukan iuran kepada perusahaan tertentu seperti Jasa Raharja. Sedangkan, uang iuran tersebut nantinya akan digunakan sebagai penekan pengeluaran finansial anda pada saat terjadi peristiwa tertentu.

Tentu saja dalam pengajuan asuransi mobil Jasa Raharja tersebut, anda harus mengikuti syarat-syarat yang berlaku. Dengan begitu, proses pengajuan asuransi juga bisa menjadi lebih lancar dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Sedangkan, syarat-syarat yang diberikan oleh perusahaan asuransi biasanya tidak terlalu rumit asalkan dilakukan secara jujur. Misalnya saja pemindahan surat kuasa asuransi tersebut yang diwakilkan oleh orang kepercayaan anda.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Klaim Asuransi

Syarat-syarat dan ketentuan dalam pengajuan klaim asuransi ini bisa dikatakan sangatlah penting untuk diikuti. Apabila Anda ingin mengetahuinya, maka dapat melihat beberapa syarat di bawah ini yaitu sebagai berikut.

  1. Syarat pertama yang perlu diproses oleh para pengaju klaim asuransi mobil Jasa Raharja yaitu mengisi formulir terkait pengklaiman tersebut. Tentu saja formulir ini harus diisi dengan jujur dan menghindari kesalahan.
  2. Surat keterangan dari Dokter untuk mengajukan klaim kecelakaan ini juga terbilang cukup penting. Akan tetapi, klaim ini dapat dilakukan apabila terjadinya kecelakaan dan bukan karena sakit atau di luar pada saat kecelakaan tersebut terjadi.
  3. Catatan medis juga menjadi salah satu syarat penting dan akan diperlukan ketika mengajukan surat tersebut. Jadi, anda perlu mengajukan hal ini ketika ingin lancar dalam pengklaiman asuransi kecelakaan.
  4. Fotocopy hasil pemeriksaan dan juga fotocopy kartu identitas sangatlah diperlukan sebagai penunjang saat ingin mengklaim asuransi. Dokumen-dokumen ini harus dilengkapi karena terbilang sangat penting dan akan ditanyakan oleh pihak perusahaan.
  5. Selain itu, Anda juga perlu menyertakan surat keterangan Kepolisian apabila kecelakaan tersebut melibatkan orang lain. Hal tersebut sebagai bukti bahwa kecelakaan memang benar-benar terjadi dan pihak lain yang ingin mengurusnya.
  6. Beberapa dokumen-dokumen penunjang juga perlu disertakan untuk menghindari kekurangan dalam pengajuan asuransi. Mulai dari surat kendaraan, identitas, dan lain sebagainya harus disertakan dalam pengajuan ini.

Cara Pengajuan Asuransi Mobil Jasa Raharja

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam pengajuan surat asuransi mobil ini, di mana para pengkajinya perlu memperhatikan secara detail. Oleh sebab itu, para pembaca perlu mengetahui cara-caranya yaitu sebagai berikut.

  1. Melaporkan Peristiwa

Melaporkan peristiwa atau kejadian merupakan poin pertama yang harus dilakukan oleh seseorang saat ingin mengajukan klaim asuransi mobil ini. Sedangkan, biasanya pihak perusahaan memiliki penilaian sendiri terkait laporan tersebut.

Akan tetapi ada hal yang perlu anda perhatikan dalam pengajuan klaim ini yaitu tanggal masa kadaluarsanya. Dikatakan klaim sudah kadaluarsa apabila anda mengajukannya selama 12 bulan setelah terjadinya kecelakaan.

  1. Menjelaskan Secara Rinci

Berikutnya yang perlu diperhatikan oleh seseorang ketika mengajukan ke asuransi ini yaitu menjelaskan dengan detail Setiap kejadian. Hal tersebut meliputi lokasi, waktu, dan juga bukti yang berhubungan dengan peristiwa tersebut.

  1. Melengkapi Dokumen

Begitu menjelaskan secara rinci terkait kejadian-kejadian yang menimpa anda maka anda perlu melengkapi setiap dokumen-dokumen untuk diserahkan kepada pihak perusahaan. Sedangkan, kelengkapan dokumen ini sangatlah dipertimbangkan dalam melakukan klaim.

  1. Mengirimkan Dokumen

Dokumen-dokumen yang sudah dilengkapi tadi, harus diserahkan segera kepada pihak perusahaan asuransi. Periksa dengan detail pengiriman dokumen tersebut dan apabila diwakilkan oleh orang lain perhatikan setiap syarat-syaratnya.

  1. Verifikasi

Setelah beberapa hal di atas sudah dilakukan oleh para pengajuan asuransi maka pihak perusahaan akan langsung memverifikasi data-data tersebut. Nantinya, nasabah akan mendapatkan ganti rugi yang hubungannya dengan ketentuan-ketentuan polis.

Pengecualian dalam Pengajuan Asuransi Mobil Jasa Raharja

Pengecualian juga bisa terjadi, di mana pihak perusahaan tidak dapat menjamin Apabila ada beberapa faktor lain dalam proses pengajuan ini. Untuk pengecualian tersebut yaitu dapat Anda lihat menurut beberapa hal sebagai berikut.

Salah satu pengecualian yang akan diproses oleh pihak asuransi mobil Jasa Raharja yaitu apabila kecelakaan tersebut dilakukan secara sengaja. Pihak asuransi akan menanyakan style style dan mengharuskan atau memberikan bukti-bukti terkait hal ini.

Berlaku perbuatan-perbuatan seperti perkelahian, upaya bunuh diri, juga menjadi satu hal yang menjadi pengecualian dalam klaim asuransi tersebut. Jadi, hal semacam ini perlu dihindari karena akan merugikan diri Anda sendiri.

Kurangnya bertanggung jawab dalam pengajuan terkait kecelakaan yang anda alami seperti ditahan atau dihukum juga menjadi salah satu pengecualian pengajuan asuransi. Dengan begitu, hal ini perlu diperhatikan dengan cara seksama.

Pengecualian juga bisa terjadi apabila masalah tersebut terjadi ketika pada masa peperangan atau aksi militer. Tentunya, harus semacam itu memang jarang terjadi namun untuk beberapa poin sebelumnya satu hal yang perlu diperhatikan.

Keberadaan asuransi semacam ini memang sangat membantu para nasabahnya untuk menekan pengeluaran Apabila terjadi peristiwa seperti kecelakaan dan lain sebagainya. Sedangkan, ganti rugi tersebut bisa dikatakan cukup besar.

Jadi, ketika pada saat kecelakaan tersebut terjadi dan kendaraan Anda juga mengalami kerusakan, maka biaya dapat diperkecil. Oleh sebab itu, menggunakan jasa asuransi mobil Jasa Raharja ini bisa dikatakan sangatlah penting bagi para pengendara.