Cara Memilih Bengkel Asuransi Mobil yang Tepat

Cara Memilih Bengkel Asuransi Mobil yang Tepat

Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan ketika memilih bengkel asuransi mobil. Ketika Anda membeli asuransi kendaraan biasanya perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan beberapa bengkel rekanan.

Jadi nantinya ketika kendaraan Anda mengalami kerusakan, jadi nantinya ketika kendaraan Anda mengalami kerusakan baik itu kerusakan bisa melakukan bisa melakukan perbaikan pada bengkel rekanan secara gratis atau sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam polis.

Biasanya bengkel yang menjadi rekanan dari perusahaan asuransi sudah terverifikasi atau setelah lolos pengecekan. Biasanya perusahaan asuransi yang berkualitas hanya menggunakan bengkel-bengkel rekanan yang sudah memiliki peralatan yang memenuhi standar.

Oleh karena itu, sebagian besar bengkel rekanan perusahaan asuransi besar di Indonesia memiliki kualitas yang cukup baik. Beberapa diantaranya juga merupakan bengkel resmi sehingga alat-alat yang digunakan juga merupakan alat yang telah memenuhi standar.

Untuk bisa menikmati layanan secara gratis dari bengkel rekanan atau sesuai yang terdapat dalam ketentuan police tentunya harus melakukan klaim terlebih dahulu.

Jadi nantinya setelah klaim yang Anda ajukan disetujui biasanya pihak pemegang polis akan memberikan surat atau memerintahkan bengkel rekanan untuk melakukan perbaikan atau pelayanan sesuai dengan ketentuan atau perjanjian yang tertuang dalam polis. Sehingga penting untuk Anda memahaminya, simak penjelasan kami berikut ini.

Cara Mengurus Perbaikan di Bengkel Asuransi Mobil

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Ketika melakukan perbaikan di bengkel rekanan asuransi mobil harus melakukan klaim polis terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan surat perintah kerja ke bengkel rekanan.

Melakukan Pelaporan

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan pelaporan dengan segera ketika ingin mengajukan klaim setelah kejadian terjadi atau kerusakan terjadi.

Paling tidak Anda mengajukan klaim paling lama maksimal yaitu 3 x 24 jam. Ini sangat penting supaya nantinya klaim yang Anda ajukan bisa diterima atau disetujui.

Pastikan untuk memberikan bukti yang lengkap dan jelas sesuai dengan kejadian. Berikan bukti berupa foto atau video mengenai kejadian yang terjadi. Berikan penjelasan detail mengenai kejadian yang terjadi.

Lengkapi Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan

Kemudian Anda juga perlu melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan perjanjian asuransi. Pastikan jika semua dokumen yang dibutuhkan dilengkapi supaya nantinya proses bisa dilanjutkan.

Karena biasanya jika ada satu dokumen saja tidak lengkap maka proses klaim tidak bisa dilanjutkan atau akan ditolak.

Proses Pengecekan

Jika sudah melakukan pelaporan dan juga dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah dikirimkan nantinya akan ada proses pengecekan atau survei. Dari proses pengecekan dan cokelat tersebut nantinya akan didapatkan kesimpulan mengenai klaim yang Anda ajukan.

Jika ternyata Anda memenuhi persyaratan untuk mendapatkan klien maka pihak asuransi akan menerbitkan Surat Perintah kerja kepada bengkel rekanan. Nantinya surat tersebut harus Anda bahwa ketika mengunjungi bengkel rekanan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Tips Memilih Bengkel Asuransi Mobil

Dalam memilih bengkel untuk memperbaiki kendaraan yang rusak sentuhnya tidak boleh sembarangan. Penting untuk memperhatikan apakah bengkel tersebut memiliki alat yang bagus dan juga tenaga yang profesional.

Jadi setelah Anda mendapatkan Surat Perintah kerja dari klaim asuransi Anda bisa langsung mengunjungi bengkel rekanan terdekat. Pertimbangan untuk memilih bengkel asuransi mobil yang paling dekat dari lokasi terlebih dahulu.

Biasanya seorang pemegang polis diberikan kebebasan untuk memilih bengkel yang akan digunakan untuk melakukan perbaikan. Walaupun mungkin saja dari pihak asuransi yang menentukan bengkel untuk melakukan perbaikan.

Dengan memilih lokasi bengkel yang dekat ini bisa mempermudah Anda dalam melakukan perbaikan karena tidak boleh membawa kendaraan terlalu jauh.

Perhatikan dengan baik Apakah bengkel tersebut memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan. Karena mungkin saja bengkel yang paling dekat dari lokasi Anda tidak memiliki peralatan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda.

Setelah itu, pilih juga bengkel yang memiliki sparepart yang Anda butuhkan. Karena yang mungkin beberapa setelah itu pilih juga bengkel yang memiliki sparepart yang Anda butuhkan karena mungkin saja beberapa bagian yang mengalami kerusakan harus diganti.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih bengkel yang memang dirasa lengkap baik dari segi peralatan maupun sparepart yang disediakan.

Agar tidak terlalu lama pertimbangkan juga cuma antrian yang biasanya terdapat pada bengkel tersebut. Karena ketika Anda memilih pada bengkel yang terlalu ramai mungkin Anda harus menunggu lama untuk perbaikan pada mobil Anda terselesaikan.

Jangan Langsung Mau Bawa Ke Bengkel Asuransi Mobil Ketika SPK Belum Didapatkan

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para pemegang asuransi kendaraan yaitu Jangan pernah membawa ke bengkel asuransi terlebih dahulu sebelum mendapatkan SPK dari perusahaan membeli asuransi.

Jadi Anda harus melalui tahapan-tahapan proses klaim asuransi terlebih dahulu. Anda harus mematuhi segala prosedur yang dilakukan untuk mendapatkan ganti rugi dari asuransi yang Anda pegang.

Karena jika Anda melakukan perbaikan tanpa melalui prosedur yang diberlakukan maka proses penggantian atau ganti rugi mungkin tidak akan dilakukan. Karena pelatihnya ketika memegang asuransi ada kewajiban dan hak dalam perjanjian tersebut.

Untuk mendapatkan hak Anda maka kewajiban harus dijalankan terlebih dahulu. Karena biasanya semua pasangan penggantian yang sudah tertera dalam perjanjian asuransi.

Memiliki asuransi mobil memang akan memberikan banyak sekali keuntungan. Ini bisa membuat Anda terhindar dari kerugian akibat kerusakan yang terjadi pada kendaraan atau mungkin kejadian kehilangan kendaraan.

Selalu ikuti prosedur yang berlaku ketika melakukan perbaikan di bengkel asuransi mobil supaya proses ganti rugi atau klaim bisa berjalan dengan lancar.