Mitos Tanda Capung Masuk Rumah

Mitos Tanda Capung Masuk Rumah

Tanda capung masuk rumah – Menurut mitosnya, jika hewan ini masuk kedalam kediaman Anda secara tiba-tiba, sesuatu yang kurang baik akan menghampiri penghuni bangunan tersebut.

Bahkan ada sekelompok masyarakat yang menyakini bahwa capung adalah kiriman dari seseorang yang berniat jahat. Mitos tanda capung masuk rumah ini sudah beredar sejak dahulu kala dikalangan mereka hingga kini.

Simbol Hewan Capung

Capung simbol apa? Hewan ini sering dilambangkan sebagai simbol kemakmuran saay seseorang sedang menjalankan usaha. Capung juga menjadi simbol kekuatan dan keberanian dalam sebuah peperangan.

Bentuknya yang unik menjadikannya sebagai hewan dengan berbagai simbol didalamnya. Selama memiliki arti yang baik, simbol capung ini perlu diapresiasi kehadirannya.

Apakah Capung Berbahaya Bagi Manusia?

Pada dasarnya, capung merupakan salah satu hewan serangga yang tidak berbahaya bagi manusia. Bentuknya yang mungil dengan berbagai warna ditubuhnya membuat hewan ini sering didekati manusia.

Walaupun dikategorikan hewan tidak berbahaya, namun capung sendiri dinobatkan sebagai predator terbang yang sangat rakus. Ketika capung masih berupa nimfa (anak capung yang baru menetas), mereka memakan dalam jumlah besar.

Apakah Capung Bisa Menggigit Manusia?

Capung memiliki struktur rahang yang tidak terlalu kuat untuk melukai kulit manusia dewasa, jadi serangga ini tidak akan dapat melukai manusia dewasa pada umumnya.

Apakah Capung Bisa Mengatasi Ngompol?

Capung memang tidak bisa menggigit orang dewasa, namun sebagian orang meyakini bahwa memberikan capung ke pusar anak usia dini dapat menghentikan kebiasan ngompolnya.

Padahal hal tersebut cukup berbahaya untuk dilakukan, karena gigitan capung pada balita bisa membawa penyakit (mikroba) masuk kedalam tubuh sang buah hati. Hal ini terjadi karena kulit bayi yang masih sangat rentan.

Manfaat Capung

Hewan capung dinobatkan sebagai predator yang rakus, karenanya manfaat capung dalam menjaga keseimbangan sebuah ekosistem sangat diperlukan. Salah satu makanan favorit capung adalah wereng dan kutu daun, dimana keduanya merupakan musuh manusia dalam bidang pertanian.

Manfaat capung lainnya, serangga ini juga memakan nyamuk. Dengan begini, populasi nyamuk disuatu wilayah dapat ditekan jika ada capung disekitarnya. Nyamuk sendiri juga terkadang dibenci oleh sebagian manusia. Tapi disisi lain, tanda capung masuk rumah pun kurang disukai manusia.

Cara Ampuh Mengusir Capung

Ada beberapa cara ampuh untuk membasmi dan mengusir capung dari rumah kita, berikut diantaranya:

  • Membersihkan sumber air yang ada didalam dan disekitar rumah
  • Memelihara hewan lain, seperti kucing untuk mengusir capung dari rumah
  • Mengurangi barang yang jarang dipakai, barang yang menumpuk bisa menjadi tempat singgahan capung
  • Memodifikasi bentuk halaman/kebun yang ada dirumah
  • Tutup rapat pintu rumah untuk menghilangkan akses masuk bagi serangga ini
  • Jika capung sudah masuk kedalam kamar, untuk mengusirnya, Anda dapat menangkapnya dengan tangan atau menggunakan alat bantu jaring/saringan yang ada.

Mitos dan tanda capung masuk rumah baik pada sore hari maupun malam hari masih dijumpai hingga zaman ini, hal tersebut karena keyakinan yang diturunkan dari generasi sebelumnya. Jika itu bersifat tidak baik, Anda dapat mengabaikannya.