Pengertian BCA Asuransi Mobil, Jenis dan Kelebihannya

Pengertian BCA Asuransi Mobil, Jenis dan Kelebihannya

BCA asuransi mobil menjadi salah satu produk penjaminan yang banyak digunakan oleh masyarakat di era modern ini. Sudah tentu ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh produk asuransi satu ini. Tidak heran kalau kemudian ada banyak sekali nasabah yang memilihnya.

Mengusung nama BCA sebagai salah satu layanan finansial terbaik di negeri ini tentu menjadi salah satu poin lebih dari Asuransi BCA. Legalitas dan kredibilitas dari produk penjaminan satu ini memang tidak perlu diragukan lagi.

Layanannya juga sudah tersebar di berbagai pelosok negeri. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan produk finansial tersebut, tentu harus mengenalnya secara lebih mendalam. Ada banyak sub produk penjaminan yang bisa dipilih di dalamnya. Jangan sampai salah pilih.

Apa Itu BCA Asuransi Mobil?

Bicara asuransi BCA tidak bisa lepas dari PT Ganesha Cipta Danamas. Perusahaan satu ini didirikan pada tanggal 1 Desember 1988 di Kota Bandung. Kini perusahaan tersebut telah berganti nama menjadi Transpacific General Insurance (TGI). Penggantian nama tersebut dilakukan pada tahun 2006 lalu.

4 tahun setelahnya atau pada 2010, BCA Finance dan Dana Pensiun BCA mengakuisisi Transpacific General Insurance dan memasukkannya ke dalam BCA Group. TGI juga berganti nama menjadi Central Sejahtera Insurance.

Tepat pada tanggal 23 Desember 2013 lalu, Central Sejahtera Insurance resmi diubah namanya menjadi BCA Insurance. Ketika perubahan nama ini terjadi, BCA memiliki 75% saham di dalam perusahaan tersebut. Sedangkan BCA Finance memiliki 25% saham.

Tidak hanya BCA Asuransi Mobil saja, ada banyak sekali produk penjaminan yang disediakan oleh perusahaan satu ini. Di antaranya adalah asuransi properti, uang, mikro asuransi kecelakaan diri, kebakaran, pengangkutan, tanggung gugat, rekayasa dan lain sebagainya.

Beberapa Jenis BCA Asuransi Saat Ini

Secara umum, hanya ada dua jenis asuransi mobil BCA yang bisa Anda pilih saat ini. Tentu saja masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Penting sekali bagi Anda untuk mengenal kedua jenis produk asuransi tersebut sebelum membelinya.

  1. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis yang pertama adalah Asuransi TLO atau Total Loss Only. Total Loss Only bisa kita artikan sebagai hanya jika terjadi kehilangan total. Artinya pihak asuransi hanya akan melakukan penggantian terhadap kendaraan apabila Anda mengalami kehilangan kendaraan akibat pencurian ataupun perampasan.

Lantas bagaimana dengan kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan? Pihak asuransi BCA akan tetap melakukan penggantian. Syaratnya kerusakan pada mobil yang diasuransikan tersebut mencapai lebih dari 75%. Jika tidak, maka penggantian sama sekali tidak akan dilakukan.

Mengapa harus 75%? Hal ini dikarenakan mobil dengan kerusakan di angka tersebut kecil kemungkinan untuk digunakan lagi. Keuntungan jika Anda menggunakan asuransi satu ini adalah biaya preminya yang sangat terjangkau. Premi TLO diatur dengan jelas pada Surat Edaran OJK No 6/SEOJK.05/2017.

  1. Asuransi Mobil All Risk/Comprehensive

Jenis BCA asuransi mobil lainnya adalah All Risk. orang orang juga sering menyebutnya sebagai asuransi comprehensive alias menyeluruh. Ketika Anda memilih jenis asuransi satu ini, segala risiko yang mungkin muncul pada mobil akan di cover oleh BCA.

Artinya Anda bisa mengklaim segala jenis kerusakan yang terjadi pada mobil sesuai dengan kesepakatan pertanggungan. Contohnya klaim untuk kehilangan, klaim kerusakan ringan akibat tersenggol kendaraan lain, atau bahkan klaim atas kerusakan berat pada mobil.

Jadi ketika mobil Anda mengalami lecet sedikit saja, maka pihak asuransi akan menggantinya. Karena perlindungan dari jenis asuransi ini sangat menyeluruh, tidak heran kalau biaya preminya terbilang tinggi. Tarif premi All risk diatur dalam Surat Edaran OJK no 6/SEOJK.05/2017.

Syarat Membeli Asuransi Mobil BCA

Ketika Anda akan membeli Asuransi mobil BCA ini, sudah tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sejak awal. Syarat-syarat ini sangat diperlukan untuk pengisian dan penerbitan polis nantinya. Berikut ini syarat-syarat tersebut :

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM)
  3. Fotokopi STNK
  4. Dokumen pendukung lainnya sesuai dengan kebijakan BCA Asuransi Mobil.

Beberapa syarat yang sudah kami jelaskan di atas sangat penting untuk dipenuhi sejak awal. Tujuannya agar proses pengajuan asuransi Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa menemui kendala apapun. Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa berkonsultasi ke cabang BCA Insurance terdekat.

Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan sepenuhnya, pihak pembeli hanya tinggal melakukan pembayaran premi sesuai dengan polis yang diterbitkan ke pihak BCA Insurance. Cara pembayarannya juga cukup mudah karena bisa dilakukan secara online.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil BCA

Ketika Anda memiliki asuransi mobil BCA, sudah tentu ada beberapa keuntungan yang akan didapat. Tentunya deretan keuntungan yang akan kami jelaskan disini menjadi alasan utama kenapa orang orang menggunakan layanan penjaminan satu ini.

  1. Perlindungan Maksimal

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan dari kepemilikan asuransi mobil BCA adalah perlindungannya yang maksimal. Jadi Anda tidak perlu cemas ketika mobil memerlukan penanganan pasca kecelakaan atau kehilangan. Semuanya dicover oleh BCA sebagai penyedia asuransi.

  1. Proses Klaim yang Mudah

BCA Insurance juga menjamin proses klaim yang sangat mudah bagi semua nasabah mereka. Syarat dan prosedur klaim sama sekali tidak sulit untuk dipenuhi. Ini merupakan bentuk pelayanan maksimal yang diberikan.

  1. Investasi Perawatan

Tidak bisa disangkal, dengan kepemilikan asuransi kendaraan Anda akan jauh lebih terawat. Mobil juga terbebas dari berbagai risiko yang mungkin membuatnya tidak bisa digunakan. Perawatan yang tepat juga menjaga nilai jual mobil tetap tinggi.

Sebenarnya masih banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari kepemilikan asuransi satu ini. Namun beberapa poin di atas merupakan keunggulan utama yang dimilikinya. Hingga saat ini BCA Asuransi Mobil menjadi salah satu layanan penjaminan dengan nasabah terbanyak.