Rekomendasi Asuransi Mobil Datsun Populer

Rekomendasi Asuransi Mobil Datsun Populer

Asuransi mobil Datsun merupakan produk pertanggungan yang digunakan khusus untuk melindungi mobil Datsun. Perlindungan ini berkaitan dengan biaya perbaikan karena kerusakan atau risiko kehilangan mobil.

Mengapa penting memiliki asuransi? Sebab Anda akan kehilangan lebih banyak uang untuk perbaikan atau penggantian saat terjadi risiko rusak atau hilang. Lebih hemat jika mengalihkan semua risiko kepada pihak ketiga.

Selain itu, bagi pemilik mobil baru, ini sangat menguntungkan. Tentu Anda tidak ingin mobil baru lecet karena faktor pemakaian bukan? Demi mempertahankan penampilannya, Anda bisa membeli polis dan mendapat pertanggungan.

Jenis Asuransi Mobil Datsun

Ada berbagai macam jenis yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Sebelum memutuskan untuk membeli polis yang ditawarkan, pastikan sudah memilih jenis, supaya sesuai dengan kebutuhan. Berikut rekomendasinya.

  1. Asuransi mobil ACA

Ideal untuk kendaraan Anda yang sudah berusia 7 tahun. Produk ini dikelola oleh Asuransi Central Asia yang telah berpengalaman memberikan perlindungan terhadap kendaraan. Anda bisa membeli polis untuk pertanggungan all risk maupun total loss only.

Besarnya premi untuk pertanggungan all risk adalah Rp 218.000 per bulan. Sedangkan total loss only preminya sebesar Rp 48.000 per bulan. Total loss only lebih murah sebab hanya menanggung untuk kerusakan minimal 75%.

Ada yang menarik untuk pertanggungan TLO atau total loss only. Yaitu saat selama perbaikan, maka nasabah akan diberi fasilitas mobil pengganti. Juga diberikan layanan antar jemput mobil ke bengkel terdekat.

Fasilitas derek ambulans gratis jika terjadi kecelakaan. Kemudian adanya jaminan garansi sparepart untuk 6 bulan. Jadi benar-benar memberi kemudahan kepada pengguna layanan asuransi mobil Datsun.

  1. Asuransi Zurich Autocillin

Rekomendasi berikutnya adalah Zurich Autocillin. Zurich Autocillin menawarkan pertanggungan all risk dengan premi mulai dari Rp 257.000 per bulan, sedangkan harga premi TLO mulai dari Rp55.000 per bulan.

Premi all risk nantinya digunakan untuk membayar semua kerusakan baik kecil maupun besar. Maka wajar apabila jumlah yang harus dibayar oleh nasabah juga lebih besar dibanding TLO.

Manfaat yang diberikan oleh Zurich Autocillin kepada nasabah adalah pengajuan klaim melalui aplikasi mobile. Kemudian juga fasilitas towing gratis, ambulans serta emergency road assistance sampai jasa perpanjangan STNK.

Harga Premi Asuransi Mobil Datsun

Perbedaan harga premi asuransi antara pertanggungan all risk dan total loss only berbeda. Produk dari perusahaan manapun pasti akan menerapkan hal serupa. Sebab ini merupakan kebijakan dan aturan dari otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di mana terdapat batas minimum dan maksimum antara keduanya. Ini sudah diatur OJK dalam SE Nomor 6/SEOJK.05/2017 mengenai Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor.

Jadi menurut surat edaran OJK tersebut, premi asuransi mobil Datsun maupun tipe lainnya dipengaruhi dua faktor. Pertama adalah wilayah, kedua adalah harga kendaraan. Berikut rinciannya.

  1. Kategori Wilayah

Terbagi dalam 3 kategori wilayah. Yaitu Wilayah I (Sumatera dan Kepulauan sekitarnya), Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) kemudian Wilayah III (wilayah lain yang bukan termasuk dalam wilayah I dan II)

  1. Kategori Harga Mobil

Premi asuransi mobil Datsun juga dipengaruhi oleh harga unit. Kategori I: Rp 125 juta, kategori II: Rp125 – 200 juta, kategori III: Rp200 – 400 juta, kategori IV: Rp400 – 800 juta, kategori V: lebih dari Rp 800 juta.

Untuk simulasi preminya bisa dihitung sendiri menggunakan rumus Persentase premi asuransi mobil (all risk atau TLO) x harga mobil = biaya premi. Untuk memudahkan pemahaman contohnya seperti berikut ini.

  1. Contoh Harga Premi All Risk

Hamka membeli Datsun Go tipe D MT tahun 2022 dengan harga Rp 112,09 juta. Domisili wilayah Bandung (plat D). Preminya adalah 2,29% x Rp112,09 juta = Rp2.566.861,- per tahun atau sekitar Rp 213.905 per bulan.

  1. Contoh Total Loss Only (TLO)

Analog contoh soal nomor 1. Maka perhitungan premi yang harus dibayar adalah 0,42% x Rp112,09 juta = Rp470.778,- per tahun atau sekitar Rp 39.231 per bulan.

Syarat Pengajuan Klaim Asuransi

Setiap perusahaan berdasarkan produk menerapkan aturan masing-masing dalam hal pengajuan klaim. Namun tidak banyak perbedaan yang signifikan. Kurang lebih yang perlu Anda persiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Polis asuransi asli maupun fotokopi.
  2. Fotokopi SIM dan STNK.
  3. Bukti laporan dari kepolisian, termasuk kronologi secara tertulis (jika terjadi kecelakaan).
  4. Formulir klaim yang sudah dilengkapi dan dibubuhi tanda tangan pemegang polis.
  5. Dokumentasi semua kejadian yang ada dalam kendaraan dari segala sisi berbentuk foto.

Setelah melengkapi semua dokumen diatas, selanjutnya bisa langsung diajukan dengan cara mendokumentasi kerusakan atau kerugian setelah kejadian. Membuat laporan kerusakan ke pihak asuransi maksimal 3-5 hari setelah kejadian.

Selanjutnya serahkan semua dokumen beserta form permohonan ke pihak penanggung yaitu perusahaan yang ditunjuk. Beberapa perusahaan saat ini sudah terintegrasi melalui platform digital, bisa jadi prosesnya lebih mudah dan cepat.

Setelah pengajuan diterima, pihak asuransi akan melakukan survei dan analisis. Ini dilakukan guna menghitung perkiraan kerugian, serta faktor-faktor yang mungkin tidak bisa dipertanggungkan.

Setelah disetujui, barulah mobil Anda akan dibawa ke bengkel terdekat yang masuk dalam rekanan. Pada dasarnya, untuk klaim ini tidak butuh waktu lama. Asal semua dokumen lengkap dan sesuai persyaratan, maka akan langsung terproses.

Perusahaan rekomendasi yang bisa mengcover segala risiko kendaraan terus berkembang. Setiap kebijakan bisa saja berubah terutama berkaitan dengan jumlah premi, macam layanan, jenis pertanggungan dan lainnya.

Anda bisa juga menambah referensi informasi perusahaan yang menyediakan layanan pertanggungan lainnya. Tentu masih banyak yang menyediakan layanan asuransi mobil Datsun.