Mengenal Perusahaan Asuransi Mobil Pan Pacific dan Manfaatnya

Mengenal Perusahaan Asuransi Mobil Pan Pacific dan Manfaatnya

Salah satu produk asuransi kendaraan yang sudah sangat dikenal di Indonesia adalah asuransi mobil Pan Pacific. Produk pertanggungan ini adalah milik PT. Pan Pacific Insurance yang mulai dikenal sejak tahun 2007.

Sebelumnya, perusahaan ini didirikan pada tahun 1997 silam dan dikenal dengan nama PT. Asuransi Jaya Inti. Kini, mereka berhasil menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik yang menawarkan berbagai produk pertanggungan.

Khusus untuk produk pertanggungan kendaraan, Pan pacific cukup diminati oleh berbagai kalangan. Untuk mengenal lebih jauh terkait produk ini, silakan simak pembahasan berikut!

Mengenal Lebih Jauh Asuransi Mobil Pan Pacific

Seperti penjelasan di atas, produk pertanggungan kendaraan dari Pan Pacific merupakan salah satu produk asuransi unggulan yang mereka tawarkan kepada pemilik kendaraan seperti mobil.

Dengan polis asuransi ini, Anda akan lebih siap menghadapi berbagai risiko kerugian yang bisa saja timbul dari kepemilikan mobil. Risiko kerugian tersebut meliputi kerusakan akibat kecelakaan, pencurian, kebakaran, dan sebagainya.

Selain pertanggungan mobil, Pan Pacific juga menawarkan beberapa jenis pertanggungan lain yang cukup lengkap seperti kesehatan, harta benda, pengangkutan, surat jaminan, uang, syariah, alat berat, hingga kredit.

Jenis-Jenis Asuransi Pan Pacific

Untuk pertanggungan mobil, Pan Pacific menyediakan 2 jenis asuransi yang bisa dipilih, yaitu TLO (Total Loss only) dan All Risk. Berikut adalah penjelasan dari kedua jenis pertanggungan ini:

  1. TLO adalah jenis pertanggungan yang hanya akan memberi ganti rugi pada mobil dengan tingkat kerusakan yang berat (di atas 75%) atau mengalami kehilangan akibat pencurian, bencana alam, dan sejenisnya.
  2. All Risk adalah pertanggungan yang bisa diklaim untuk berbagai bentuk kerugian pada mobil, baik itu ringan, sedang, atau berat. Itulah kenapa, premi asuransi All Risk lebih mahal daripada TLO.

Syarat Membeli Asuransi Mobil Pan Pacific

Untuk melakukan pembelian pertanggungan dari Pan Pacific, setidaknya kita harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung. Adapun dokumen pendukung tersebut meliputi:

  1. Fotokopi Kartu Identitas (KTP/SIM/KITAS)
  2. Fotokopi STNK Mobil
  3. Dokumen lain yang terkait dengan jenis perlindungan yang akan dipilih (biasanya diminta dari pihak perusahaan asuransi)

Setelah semua dokumen dikumpulkan, kita diharuskan membayar premi sesuai dengan biaya asuransi mobil dan jenis pertanggungan yang dipilih. Harga mobil yang Anda miliki juga berpengaruh terhadap besaran biayanya.

Manfaat Menggunakan Asuransi Mobil Pan Pacific

Ada sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh Pan Pacific kepada nasabah jika menggunakan pertanggungan dari perusahaan mereka. Berikut adalah sejumlah manfaat tersebut:

  1. Memberikan Perlindungan pada Kendaraan Secara Maksimal

Dengan memiliki pertanggungan dari Pan pacific, Anda tidak hanya mendapatkan ganti rugi kecelakaan saja. Untuk keperluan perawatan mobil juga bisa Anda dapatkan. Selain itu, ganti rugi pihak ketiga juga bisa diklaim.

  1. Investasi Perawatan

Adanya asuransi akan menjamin mobil Anda selalu terawat sehingga kerusakan-kerusakan kecil bisa dihindari. Hal itu tentu akan menguntungkan Anda di masa depan ketika ingin menjualnya karena mobil terawat, minim kerusakan, dan memiliki asuransi.

  1. Memberi Ganti Rugi yang Besar

Sesuai dengan premi yang Anda bayarkan, nilai klaim di Pan pacific terbilang sangat besar sehingga kita tidak perlu khawatir dengan berbagai risiko kerugian yang mungkin terajadi di masa depan.

Prosedur Pengajuan Klaim di Pan Pacific

Proses pengajuan klaim asuransi mobil Pan pacific terbilang cukup mudah karena kita hanya perlu menyerahkan sejumlah dokumen. Dalam hal ini, kita bisa mengajukan klaim karena kejahatan dan klaim tanggung jawab pihak ke-3. Berikut penjelasannya:

  1. Klaim Akibat Kecelakaan

  • Mengisi dan menyerahkan formulir klaim dari pihak Pan Pacific.
  • Menyerahkan fotokopi polis asuransi mobil yang dimiliki.
  • Menyerahkan fotokopi SIM dan STNK.
  • Menyerahkan surat keterangan dari pihak berwajib (kepolisian setempat).
  1. Klaim Tanggung Jawab Pihak Ke-3

  • Menyerahkan surat tuntutan ganti rugi dari pihak ke-3.
  • Menyerahkan fotokopi KTP/SIM dan STNK.
  • Menyerahkan surat pernyataan bawah tidak ada asuransi (dari pihak ketiga).
  • Menyerahkan surat keterangan dari pihak berwajib (kepolisian setempat).

Untuk pengajuan klaim tersebut bisa dilakukan selambat-lambatnya 5 hari setelah kecelakaan atau peristiwa kerugian tertentu. Sedangkan untuk pengajuan klaimnya sendiri bisa dilakukan melalui telepon atau datang langsung ke kantor.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil Pan Pacific

Pertanggungan dari Pan Pacific memiliki keuntungan tersendiri untuk para nasabahnya. Hal inilah yang membuatnya cukup diminati. Adapun keuntungan-keuntungan tersebut meliputi:

  1. Biaya Polis Tergolong Murah

Tak perlu khawatir dengan biaya polis yang tinggi. Pasalnya, Pan Pacific menawarkan jasa pertanggungan dengan biaya polis bulanan yang cukup murah, yaitu mulai dari Rp 70.000 saja atau tergantung harga mobil.

  1. Manfaat Beragam

Pan Pacific menyediakan manfaat keuangan yang cukup beragam kepada para pemegang polis, mulai dari ganti rugi kecelakaan, klaim biaya perawatan, hingga ganti rugi atas tuntutan pihak ketiga.

  1. Proses Pembelian Bisa Dilakukan secara Online

Semua proses layanan pertanggungan bisa dilakukan secara online, mulai dari pendaftaran, pembayaran, pengecekan, hingga klaim. Hal itu tentu akan sangat memudahkan kita dalam melakukan berbagai urusan.

  1. Lebih Mudah Mempelajari Jenis Asuransi yang Diberikan

Dengan adanya akses secara online, tentu bisa memudahkan kita dalam proses review produk, membandingkannya dengan produk sejenis lainnya, atau mempelajari berbagai produk yang disediakan sehingga kita lebih mudah menentukan pilihan asuransinya.

Adanya produk asuransi untuk kendaraan secara tidak langsung dapat memberikan rasa aman dari risiko kerugian di kemudian hari. Salah satunya disediakan juga oleh asuransi mobil Pan Pacific di atas.