Cara Bikin Blog Pribadi di Instagram Anti Ribet

Cara Bikin Blog Pribadi di Instagram Anti Ribet

Cara bikin blog pribadi di Instagram belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Apabila Anda termasuk salah satu orang yang aktif bermain di media sosial itu maka sudah tidak asing lagi.

Hal ini karena banyak orang yang menampilkan blog pribadi pada akunnya. Tampilan akun akan menjadi semakin menarik jika mampu membuatnya. Selain itu, tampilannya juga lebih profesional.

Pada umumnya, semua pengguna Instagram hanya akan menemukan keterangan tersebut di akun profesional saja. Selain itu, masih ada banyak fitur lain yang tidak kalah menarik.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat jika menambahkan tulisan blog pribadi pada akun tersebut. Oleh karena itu, Anda wajib mempelajari bagaimana cara untuk membuatnya.

Intip Cara Bikin Blog Pribadi di Instagram dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar bisa membuat blog pribadi pada Instagram. Perhatikan setiap langkahnya dengan baik sehingga proses membuatnya lancar.

1. Login ke Akun Instagram

Langkah pertama yaitu membuka aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa membukanya melalui smartphone android maupun iPhones. Setelah itu, login ke akun yang dimiliki.

Anda juga harus masuk ke bagian profil yang terdapat di pojok kanan bawah. Setelah itu, klik menu yang bentuknya berupa tiga garis mendatar pada pojok kanan bagian atas.

2. Melakukan Pengaturan

Cara bikin blog pribadi di Instagram selanjutnya adalah memilih menu pengaturan atau setting. Anda harus beralih dari akun pribadi ke akun profesional terlebih dahulu.

Apabila muncul pop up maka silahkan klik lanjutkan. Tujuannya agar bisa menghilangkan pop up tersebut. Setelah itu, baru Anda melakukan pemilihan kategori.

3. Mengubah Kategori

Pada menu tersebut silahkan ubah kategorinya terlebih dahulu agar muncul blog pribadi. Selanjutnya, pastikan bahwa Anda sudah memilih tampilkan kategori sesuai pilihan masing-masing. Setelah itu, baru klik tombol selesai.

4. Melakukan Konfirmasi

Cara bikin blog pribadi di Instagram yang terakhir adalah melakukan konfirmasi. Anda harus klik setuju jika muncul peringatan konfirmasi. Hal ini terjadi sebelum beralih menggunakan akun profesional.

Setelah mengklik ok, maka langkah berikutnya adalah memilih kreator dan klik selanjutnya. Jangan lupa untuk memenuhi syarat wajib yang dibutuhkan, misalnya melengkapi bio profil.

Lalu, memposting video atau foto sebanyak 4 kali. Anda juga perlu mengundang teman dan mengikuti akun Instagram milik pebisnis lainnya. Prosesnya akan selesai setelah muncul tulisan blog pribadi pada profil.

Tips Sebelum Membuat Blog Pribadi  di Instagram

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan membuat blog pada akun media sosial tersebut. Anda harus memisahkan terlebih dahulu akun bisnis dan akun pribadi.

Hal ini karena kedua jenis akun tersebut berbeda. Memang pengguna bisa mengatur dan mengubah akun pribadi menjadi mode privasi. Namun, tulisannya tetap dapat dilihat semua orang yang memiliki akun Instagram.

Oleh karena itu, sebaiknya dipisahkan antara akun yang untuk blog maupun akun pribadi. Alasannya karena setiap orang juga membutuhkan privasi untuk bisa mengontrol spam.

Cara bikin blog pribadi di Instagram Anda juga harus menyiapkan kontak khusus. Hal ini perlu diperhatikan agar mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti spam dan lain-lain.

Tujuan lainnya adalah agar blog terlihat lebih profesional. Oleh karena itu, kamu perlu membedakannya dengan akun pribadi. Hal ini karena nanti setelah bisnis berkembang pesat, maka ada tim yang mengelolanya.

Anda harus segera menyediakan kontak khusus sehingga nanti akan mudah untuk dikelola. Blog tersebut selain menunjukkan profesionalisme akun di dunia maya juga meningkatkan kepercayaan dari para follower.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membangun personal branding. Saat tulisan dihapus dari Instagram akan menimbulkan bias personal branding sehingga perlu menyusun strategi baru karena telah terjadi perubahan fungsi.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Blog Pribadi di Instagram

Ada banyak yang perlu diketahui sebelum membuat blog tersebut pada Instagram. Tentukan terlebih dahulu topiknya. Topik yang dipilih harus menarik dan relevan terhadap audiens target.

Pertimbangkan juga siapa yang akan melihat profil dan postingan Anda. Silahkan melakukan riset terlebih dahulu. Contohnya jika Anda ingin mempromosikan tentang skin care, maka harus menulis informasi seputar kecantikan.

Silahkan Anda melakukan analisis tidak hanya pada blog yang berkaitan dengan layanan serupa saja. Namun, perlu menentukan niche terbaik agar pesan yang ingin disampaikan kepada target bisa lebih mengena.

Jangan lupa untuk membuat akun baru. Sering kali pengguna Instagram melakukan pengubahan format maupun tema blog beberapa kali. Hal ini tidak direkomendasikan karena Anda akan kehilangan banyak audiens.

Cara bikin blog pribadi di Instagram lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan akun baru saja agar tidak kehilangan pengikut.

Selain itu, sering mengganti-ganti format blog akan mempengaruhi algoritma Instagram. Hal ini karena akun Anda akan dianggap tidak menarik lagi sehingga perlahan-lahan akan kehilangan banyak follower.

Anda juga bisa menautkan akun ke halaman Facebook sebagai upaya untuk melakukan promosi. Jika Anda tidak ingin menautkannya, maka klik “jangan tautkan ke Facebook”.

Selain itu, perhatikan juga desain blognya agar terlihat menarik. Beberapa caranya antara lain dengan memilih nama panggilan yang mudah diingat oleh orang lain. Misalnya memakai satu atau dua kata saja.

Pemilihan foto profil juga harus tepat dan memperlihatkan seluruh wajah. Lalu, informasi di profil harus lengkap dan mencakup nama, kontak yang dapat dihubungi dan lain-lain.

Beberapa langkah di atas bisa langsung Anda praktikkan. Pastikan Anda memahami cara bikin blog pribadi di Instagram agar tampilan akun menjadi lebih cantik dan menarik.