Cara Ganti Foto Profil Zoom di Laptop dengan Mudah

Cara Ganti Foto Profil Zoom di Laptop dengan Mudah

Apakah Anda tau cara ganti foto profil Zoom di laptop? Jika belum, maka kami akan memberikan cara yang akan mempermudah Anda, dalam mengubah atau memasukkan foto untuk dijadikan sebagai foto profil pada aplikasi video conference melalui laptop.

Zoom menjadi salah satu aplikasi paling banyak digunakan saat pandemi, ketika semua aktivitas dialihkan menjadi online, maka salah satu cara untuk tetap bisa bertatap muka adalah melalui aplikasi video conference, dan nyatanya aplikasi ini memiliki banyak manfaat.

Menggunakan video conference dalam pekerjaan ataupun pendidikan, membuktikan bahwa kita sebetulnya bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga, dibandingkan harus bertemu di satu tempat, yang pastinya membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

Cara Ganti Foto Profil Zoom di Laptop dengan Mudah

Foto profil di aplikasi Zoom tentu membuat orang lain, yang nantinya akan melakukan panggilan bersama kita setidaknya bisa mengetahui bagaimana wajah pemilik akun tersebut. Setidaknya kita bisa mengetahui, bahwa foto profil dengan orang yang akan melakukan panggilan sama.

1. Akses Zoom di Laptop

Hal pertama untuk Anda lakukan adalah mengakses Zoom via laptop, karena aplikasi ini tidak tersedia langsung pada perangkat, maka pengguna perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Anda dapat mengunduhnya di Microsoft Store ataupun App Store.

Cara ganti foto profil Zoom di laptop berikutnya adalah, pastikan perangkat lunak telah terunduh dan nantinya anda login dengan memasukkan email serta password. Jika tidak bisa mengunduh Zoom melalui Microsoft Store atau App Store, maka bisa menemukannya di situs penelusuran.

2. Klik Ikon Profil

Jika sudah terhubung dengan akun, maka langkah selanjutnya adalah klik ikon “roda bergerigi” yang terletak di sebelah pojok kanan. Kemudian klik Profile yang berada di sebelah kiri layar, lalu pilih opsi Change Picture atau Ganti Gambar dan akan terhubung dengan File Explorer laptop.

Jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan foto profil, maka keterangan yang ada pada layar adalah Add Picture. Tahapannya sama, hanya saja keterangan di Zoom berbeda, dan Anda akan tetap terhubung dengan File Explorer pada folder yang telah pengguna atur sendiri.

3. Pilih Foto

Pastikan gambar yang akan menjadi foto profil sudah tersimpan di laptop, agar langsung memilih gambar tersebut. Cara ganti foto profil Zoom di laptop berikutnya tentu saja memilih foto, jika ukuran gambar terlalu besar, maka Anda bisa mengatur lebar juga tinggi gambar.

Sesuaikan dengan kotak yang sudah tersedia pada Zoom, pastikan wajah Anda masuk ke dalam kotak tersebut sehingga ukurannya pas. Sehingga tampilan foto profil dapat terlihat dengan baik, dan tidak ada bagian yang terpotong saat pengguna lain melihatnya.

Mengganti Nama di Aplikasi Zoom Melalui Laptop

Selain mengganti foto profil, biasanya pengguna juga masih bingung bagaimana cara mengganti nama di aplikasi Zoom. Tentu saja nama sangat berguna saat Anda menggunakan aplikasi video conference ini, sehingga orang lain tidak salah menyebut nama Anda atau tidak mengenalinya.

1. Akses Zoom di Laptop

Selain mengetahui cara ganti foto profil Zoom di laptop, pengguna tentu wajib mencantumkan nama di samping foto profil, agar pengguna lain yang melakukan panggilan bisa mengetahui nama Anda, setidaknya ini adalah perkenalan awal sebelum melakukan panggilan video.

Sebetulnya Anda bisa mengubah nama saat sudah melakukan meeting ataupun sebelumnya, tapi sesuaikan saja dengan keinginan Anda. Biasanya saat melakukan meeting seperti seminar, ada format nama tertentu yang perlu pengguna ikuti.

2. Klik Ikon Foto Profil

Langkah berikutnya adalah klik ikon Foto Profil lalu klik Settings, biasanya Anda akan dialihkan ke halaman situs penelusuran seperti Google atau browser yang sering digunakan. Di sana Anda juga bisa mengubah data diri lainnya, mulai dari email hingga kata sandi.

Jika Anda sudah selesai mengisi nama awal dan akhir, maka scroll halaman sampai ke bawah dan klik Save atau Simpan. Maka secara otomatis, username Zoom akan langsung terganti dan Anda bisa menyesuaikan nama dengan format yang diinginkan oleh Host Zoom Meeting

3. Ubah Nama saat Meeting Berlangsung

Sebetulnya Anda bisa langsung mengubah nama, setelah masuk ke dalam ruang Zoom Meeting. Cara ganti foto profil Zoom di laptop yang diterapkan sama dengan tahapan sebelumnya, hanya saja pengguna perlu mengarahkan kursor ke bagian Participants di kanan atau bawah layar.

Akan ada tanda titik tiga, dan jika pengguna klik maka ada pilihan Rename dan saat itulah Anda bisa langsung mengubah nama sesuai dengan format. Terkadang Host Meeting memiliki aturan tersendiri saat menerima peserta, seperti nama yang harus sesuai dengan format mereka.

Foto Profil Zoom Tidak Bisa Diganti

Mungkin Anda pernah mengalami kondisi foto profil tidak terganti, padahal sudah berulang kali dicoba. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena jaringan internet pada perangkat tidak cukup stabil sehingga tidak ada perubahan.

Cara ganti foto profil Zoom di laptop akan sulit diterapkan, apabila jaringan internet pengguna kurang mendukung. Mungkin Anda bisa mencoba menghubungkan laptop dengan WiFi, atau bisa juga menggantinya melalui smartphone dengan menghubungkan akun yang sama.

Kendala ini juga bisa terjadi apabila pengguna belum melakukan pembaruan, sehingga Anda masih menggunakan versi lama Zoom. Tentu saja cara yang bisa dilakukan dengan mengakses Microsoft Store atau App Store, kemudian klik tombol Update.

Setelah proses pembaruan selesai, maka seharusnya aplikasi Zoom Anda sudah dalam versi terbaru dan tahapan yang kami berikan bisa berfungsi. Atau Anda juga bisa mencoba untuk menghapus aplikasi terlebih dahulu, kemudian baru mengunduhnya kembali.

Beberapa cara tersebut bisa pengguna lakukan, apabila tahapan mengganti foto profil yang kami berikan ternyata tidak berfungsi. Dengan mengikuti cara ganti foto profil Zoom di laptop, maka pengguna bebas menggantinya menjadi foto apapun.