Seperti Ini Cara Test Speed IndiHome dan Penyebab Penurunannya

Seperti Ini Cara Test Speed IndiHome dan Penyebab Penurunannya

Test speed IndiHome adalah salah satu upaya yang harus dilakukan para pelanggan untuk mengetahui berapa kecepatannya. Kondisi tersebut sangat penting terutama, untuk pekerjaan seorang content creator.

Kebutuhan upload atau download memang berpengaruh dari kecepatan tersebut. Semakin kencang, maka prosesnya juga berjalan lancar tanpa kendala. Bagi yang ingin upload video dengan durasi panjang hal ini perlu diperhatikan.

Terkadang di suatu tempat waktu juga berpengaruh. Misalnya saja, upload paling bagus adalah pagi hari sekitar pukul 3, di mana saat melakukan pengecekan kecepatannya mencapai maksimal, tetapi saat siang justru menurun.

Test Speed IndiHome dengan Situs Website

Pengujian pertama bisa menggunakan speedtest.net, sebuah website yang dirancang untuk mengetahui berapa kecepatan dari sebuah Wi-Fi tersebut. Langkah pertama buka dahulu situsnya, kemudian, perhatikan berikut ini.

Dengan mengetahui bagaimana caranya melakukan test speed IndiHome, tersebut membuat semua orang jadi paham, kapan harus melakukan unggahan tersebut, agar tidak tersendat sehingga hasilnya lebih bagus.

  • Setelah masuk ke dalam situs, nanti tampilan pertama akan hadir tulisan Go, kemudian di sana juga memberikan informasi tentang server atas nama siapa, sekaligus nomor IP
  • Kemudian, klik Go tersebut dan tunggu beberapa detik
  • Situs test speed IndiHome ini para pelanggan akan diarahkan ke mode ukuran seperti di speedometer tunggu dahulu sampai jarum tersebut merespon.
  • Nantinya Anda akan tahu berapa kecepatannya setelah hasilnya keluar

Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi fitur atau website yang bisa dipilih untuk menguji kecepatan IndiHome.

  1. Google Fiber Speedtest

Test speed IndiHome berikutnya menggunakan Google Fiber Speedtest. Alat ini nantinya dapat mengukur secara akurat berapa kecepatan dari Wi-Fi Anda. Apakah sudah sesuai harapan atau ternyata belum.

Menariknya, data yang diberikan kepada pelanggan sangat akurat dan lengkap, jadi ada pengukuran kecepatan untuk download, upload, ping. Tidak Cukup sampai disitu saja, untuk waktu pengukuran tergolong cepat.

Para pelanggan hanya perlu menunggu kurang lebih 10 sampai 15 detik saja lalu, bagaimana cara menggunakannya? Coba perhatikan petunjuknya sebagai berikut,

  • Masuk ke dalam situs
  • Tunggu sampai terhubung
  • Nanti Anda akan melihat penampilan utamanya langsung berapa ukurannya, mulai dari pengunduhan sampai pengunggahan dan akan upadate setiap detik
  • Tingkat keakuratannya hampir 100%
  1. Com

Cara melakukan test speed IndiHome terakhir adalah menggunakan Fast.com. Sebuah situs yang paling sering digunakan oleh para pelanggan, agar mengetahui berapa kecepatan Wi-Fi Anda. Datanya sangat lengkap dan akurat.

Langkah memakainya, hanya perlu membuka situsnya saja di Google. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai terbuka penampilan awalnya. Di sana, Anda langsung mengetahui berbagai informasi mengenai Wi-Fi tersebut.

Sekedar pengetahuan, bahwa aplikasi ini diciptakan oleh Netflix. Harus diakui bahwa, dari masalah fitur tidak ada yang spesial. Hal tersebut memang wajar, sebab developer membuatnya hanya untuk mengukur saja.

Harus diakui bahwa, kelebihan dari Fast.com sangat banyak terutama soal tampilannya sangat bersih dan terlihat sangat lengkap. Dengan ini, seluruh pengguna akan mendapatkan informasi lengkap.

Coba untuk Menggunakan Berbagai Peramban Lainnya

Dalam test speed IndiHome berikutnya adalah menggunakan peramban lainnya seperti, Bandwithplace.com. Cara menggunakannya sebenarnya mudah, tinggal masuk saja ke situs tersebut, kemudian klik start untuk memulainya.

Tunggu beberapa saat, agar semua prosesnya dapat berjalan. Setelah selesai, cobalah buka dan lihat bagaimana hasilnya. Nantinya, para pelanggan akan mengetahui, berapa speed download, upload serta ping.

Selain bandwithplace.com, Anda juga dapat menggunakan peramban lainnya yaitu Ping-test.com. Fasilitas yang diberikan oleh situs ini adalah memberikan berbagai hasil mengenai informasi ping, unduh serta unggah.

Setelah masuk ke dalamnya, pelanggan bisa melihat angkanya. Cara menggunakannya juga mudah, tidak perlu waktu lama, hanya butuh beberapa menit. Sistemnya cukup akurat, sehingga tidak perlu ragu.

Berikutnya adalah opensignal, untuk peramban ini sendiri dapat digunakan baik di layar laptop atau handphone. Tinggal, klik test maka semua datanya akan muncul dengan sendirinya, nanti semua analisi akan terlihat.

Bila masih kurang yakin, lakukan sekali lagi saja. Dengan begini, akan terlihat kembali berapa ukurannya. Jangan heran kalau angkanya ganti, karena selalu update setiap kali melakukan test tersebut.

Kenapa Kecepatan IndiHome Dapat Menurun?

Dengan menggunakan test speed IndiHome maka para pelanggan dapat mengetahui berapa kecepatannya. Mungkin, muncul pertanyaan apa penyebab kecepatan IndiHome bisa menurun? Jawabannya ada banyak, coba perhatikan pembahasan berikut.

Poin pertama yang menyebabkan terjadi penurunan kecepatan seperti ini adalah adanya perbaikan sistem. Kondisi cuaca menyebabkan hal tersebut sering terjadi, misalnya ada pohon tumbang, hingga kabel putus.

Hal tersebut wajar saja, mengganggu performa dari Wi-Fi. Hanya saja, para pelanggan tidak perlu khawatir, karena prosesnya sendiri paling lama sekitar 4 jam. Setelah itu, pasti akan lancar kembali.

Poin berikutnya adalah para pengguna yang melebih batas ketentuan yang berlaku. Jadi, IndiHome selalu memberikan batas disebut FUP atau Fair Usage Policy. Maka dari itu, perhatikan dahulu semuanya.

Berapa batasnya, agar kejadian seperti ini tidak terjadi. Perlu diketahui bahwa, walau statusnya adalah unlimited, namun Anda tetap memberikan batas kewajaran setiap harinya, setelahnya kecepatan pasti diturunkan.

Jika bukan keduanya, kemungkinan terbesar adalah ada kendala pada router. Kalau sudah begini, cobalah menghubungi teknisi terkait. Atau coba dahulu dengan melakukan restart, matikan sekitar 5 menit lalu hidupkan kembali.

Bila memang masih belum bisa, cobalah untuk menghubungi pihak customer service. Nantinya mereka akan mengirimkan berbagai solusi sampai menyuruh teknisi agar bisa datang ke rumah dan diperiksa.

Mengetahui berapa kecepatan dari Wi-Fi memang penting. Tidak perlu bingung, karena sudah ada test speed IndiHome yang cara menggunakannya tidak terlalu sulit, tinggal masuk situs, semua informasi tersedia lengkap.