Cara Baca Doa Qunut Witir di 10 Malam Terakhir Jika Shalat Sendiri di Rumah

Sobat Tekno, bulan Ramadan adalah waktu yang penuh berkah, terutama pada 10 malam terakhir yang dipercaya sebagai malam Lailatul Qadar. Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah shalat witir dengan membaca doa qunut. Bagi Sobat yang ingin melaksanakan shalat witir sendiri di rumah, berikut ini adalah panduan sederhananya.

1. Niat Shalat Witir

Langkah pertama adalah berniat dalam hati untuk melaksanakan shalat witir. Niat ini penting sebagai penentu bahwa shalat yang dilakukan adalah shalat witir.

Niat Sholat Witir 1 Rakaat

اُصَلِّى سُنَّةً الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًاِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal witri rok ‘atan mustaqbilal qiblati adaa’an ma’muman lillaahi ta’alaa.

Niat Sholat Witir 2 Rakaat

أُصَلِّيْ سُنَّةً مِنَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatan minal witri rak’ataini lillahi ta’âlâ.

2. Takbiratul Ihram

Setelah niat, angkatlah kedua tangan untuk takbiratul ihram sambil mengucapkan ‘Allahu Akbar’ dan mulailah shalat witir Anda.

3. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, lanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Ini adalah bagian penting dari setiap rakaat dalam shalat.

4. Membaca Surat Pendek Setelah Al-Fatihah

Setelah Al-Fatihah, baca salah satu surat pendek dari Al-Qur’an atau beberapa ayat yang Anda hafal.

5. Ruku dan Sujud

Lakukan ruku dengan tenang, kemudian bangkit dari ruku dan lakukan sujud. Pastikan untuk melakukan gerakan dengan khusyuk dan tidak terburu-buru.

6. Duduk Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, duduklah sejenak sebelum melakukan sujud kedua. Ini adalah waktu untuk berdoa dan merenung sejenak.

7. Membaca Doa Qunut

Setelah rakaat terakhir sebelum ruku, berdirilah tegak dan angkat tangan untuk membaca doa qunut. Doa ini dibaca dengan penuh pengharapan dan kekhusyukan.

Bacaan Doa Qunut

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahhummahdinii fiiman hadait. Wa’a finii fiman ‘aafait. Wa tawallanii fiiman tawal-laiit. Wa baarik lii fiimaa a’thait. Wa qinii syarra maa qadhait. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik. Wa innahu laayadzilu man walait. Wa laa ya’izzu man ‘aadait. Tabaa rakta rabbanaa wata’aalait. Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait. Astaghfiruka wa’atuubu ilaik. Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi wasallam.

8. Salam

Setelah selesai melakukan rakaat witir, tutuplah shalat Anda dengan salam ke kanan dan ke kiri.

Istighfar dan Doa Setelah Shalat

Setelah salam, lanjutkan dengan beristighfar dan membaca doa setelah shalat. Ini adalah waktu yang baik untuk memohon ampunan dan berdoa untuk diri sendiri dan orang lain.

Dzikir dan Refleksi

Setelah shalat witir, luangkan waktu untuk berdzikir dan merenungkan amalan yang telah dilakukan. Ini bisa membantu Anda merasa lebih tenang dan dekat dengan Allah SWT.

Sobat Tekno, itulah langkah-langkah sederhana untuk melakukan shalat witir dengan doa qunut di rumah selama 10 malam terakhir Ramadan. Semoga dengan melaksanakan ibadah ini, kita mendapatkan keberkahan dan kemuliaan dari malam Lailatul Qadar. Selamat beribadah dan semoga doa-doa kita dikabulkan. Amin.