2 Langkah Mudah Cara Cek Layar Xiaomi Sendiri Tanpa Teknisi

2 Langkah Mudah Cara Cek Layar Xiaomi Sendiri Tanpa Teknisi

Bagi Anda pengguna atau calon pembeli Smartphone Xiaomi, pastikan untuk mengetahui cara cek layar Xiaomi sendiri tanpa bantuan teknisi. Hal itu penting dilakukan demi memastikan skrin ponsel Anda tetap berjalan dengan baik.

Hampir semua orang memiliki telepon genggam pintar ini. Dari anak kecil sampai yang lanjut usia sekalipun ikut menggunakan smartphone. Pemakaiannya juga beragam, mulai dipakai untuk sekolah atau bekerja.

Terkadang, penggunaan secara berlebihan bisa merusak salah satu part pada smartphone Anda. Dan biasanya bagian paling rawan untuk rusak adalah layar, apalagi kalau pemakaiannya sembarangan.

Layar merupakan bagian terpenting pada sebuah smartphone. Hal itu juga berlaku untuk smartphone dengan merek Xiaomi. Oleh karena itu pengetahuan tentang cara mengecek layar Xiaomi perlu Anda miliki.

Cara Cek Layar Xiaomi dengan Mudah dan Benar

Masalah yang sering terjadi pada bagian ini adalah seperti gelap serta tidak responsif, perangkat mengalami overheat atau kepanasan, dan hang dengan tidak menampilkan gambar apapun.

Masalah tersebut bisa saja terjadi karena Handphone terjatuh dari ketinggian, terkena air, masalah pada sistem atau software, sampai hardware mengalami kerusakan karena usia ponsel sudah tidak muda lagi.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa skrin ponsel Anda apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Proses yang dilakukan untuk mengecek terbilang mudah mulai dari menggunakan kode dial sampai aplikasi.

Cek Layar Xiaomi dengan Kode Rahasia

Cara cek layar Xiaomi pertama adalah dengan menggunakan kode rahasia atau kode dial. Setiap merek handphone memiliki kode rahasia dengan fungsi untuk mengakses fitur yang dimiliki handphone Anda, salah satunya adalah mengecek layar.

Berikut langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengecek layar Xiaomi dengan menggunakan kode rahasia:

  1. Masukan kode rahasia Xiaomi pada bagian dial dengan memasukan kode *#*#64663#*#* lalu klik call agar dapat masuk ke dalam tampilan menu
  2. Kemudian pilih color dan ikuti panduannya
  3. Biasanya, pengetesan warna menggunakan tiga warna primer yaitu merah, biru dan hijau. Jika warna yang ditampilkan sesuai dengan warna pilihan Anda, berarti skrin ponsel Xiaomi aman dari masalah warna
  4. Setelah itu, Kembali ke tampilan menu untuk kemudian memilih menu touchscreen edge atau touch sensor.
  5. Lalu akan muncul kotak-kotak dengan garis. Sentuh dan geserlah mengikuti garis kotak yang tertera tersebut. Jika semua kotak sudah menjadi biru maupun hijau, berarti kondisi skrin handphone masih aman, begitu juga sebaliknya.

Mengecek Layar Xiaomi dengan Aplikasi

Jika dirasa cara di atas cukup rumit dan merepotkan. Tenang saja, ada cara mudah untuk memeriksa skrin Xiaomi kedua, yaitu menggunakan aplikasi.

  1. Aplikasi Touchscreen Test

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memeriksa kondisi layar sentuh secara keseluruhan sampai menemukan apakah ada dead zone atau area yang tidak responsif pada skrin handphone Anda.

  1. Aplikasi display tester

Aplikasi display tester berfungsi untuk mengecek skrin ponsel dengan warna redup atau seolah-olah ada warna yang hilang dari skrin handphone Anda.

  1. Aplikasi Multi Touch Test

Multi touch test merupakan aplikasi dengan fungsi untuk mengetes berapa jari yang bisa skrin ponsel Anda deteksi. Jika bermasalah Anda akan kesulitan untuk melakukan perintah yang menggunakan dengan dua jari atau lebih, misalnya screenshot.

  1. Aplikasi Dead Pixels Test and Fix

Dead pixels biasanya terjadi pada ponsel Xiaomi dengan skrin super AMOLED yaitu berupa titik hitam yang membekas pada layar. Walaupun sedikit, kemunculan dead pixels sangatlah mengganggu.

Aplikasi dead pixels test and fix ini bisa membantu memeriksa dan mencari dead pixels untuk kemudian membetulkan layar Kembali normal seperti sedia kala. Semua aplikasi tersebut bisa didapatkan lewat playstore atau google store untuk membantu memudahkan cara cek layar Xiaomi Anda.