Cara Record di Laptop Melalui Windows, Chrome dan Pihak Ketiga

Cara Record di Laptop Melalui Windows, Chrome dan Pihak Ketiga

Cara record di laptop menjadi kemampuan yang wajib diketahui terutama para pelajar. Apalagi sekarang sarana pembelajaran mengadopsi perangkat berteknologi seperti aplikasi panggilan video online, sehingga seringkali pelajar melewatkan jadwal pelajarannya.

Memang jika digunakan untuk tujuan ini cukup terkesan menyalahi aturan dalam sistem pembelajaran. Karena hal ini seringkali disalahgunakan para siswa, mahasiswa berbuat curang seperti merekam pembelajaran, tapi penggunanya malah tertidur.

Meski begitu, semua itu memang masuk ke dalam dampak hadirnya teknologi. Tinggal bagaimana cara Anda memanfaatkannya, apakah dengan baik atau malah digunakan untuk tindak kecurangan seperti contoh pelajar di atas.

Cara Record di Laptop Memakai Windows Game Bar

Mungkin beberapa dari Anda masih belum tahu mengenai fitur bawaan windows game bar. Memang fitur ini termasuk baru, yang berguna mengoptimalkan kinerja perangkat desktop, terutama saat bermain game berat.

Namun, bukan itu saja yang bisa dimanfaatkan saat memakai game bar adalah melakukan screenshot, perekaman layar, menyalakan musik spotify. Kami akan beritahukan beberapa langkah untuk melakukan perekaman layar game bar.

  1. Menekan tombol windows atau ikon seperti bentuk jendela di papan keyboard, diikuti dengan huruf G.
  2. Nantinya akan muncul beberapa shortcut di layar Anda, dan bisa dipilih sesuai kebutuhan, kali ini adalah melakukan perekaman layar.
  3. Jika ingin merekam, Anda memiliki dua opsi yakni menggunakan suara sistem atau tidak, jika iya maka nyalakan ikon microphone.
  4. Setelah berhasil menyalakan microphone, Anda bisa mulai merekam layar dengan menekan ikon capture atau record.
  5. Setelah selesai, hasil rekaman akan tersimpan pada file di pc, tepatnya pada video captures.

Cara Record di Laptop Memakai Fitur Extention Chrome

Extention atau ekstensi adalah fitur bawaan browser chrome untuk bantu pekerjaan penggunanya agar jadi lebih ingan. Ada banyak alat pembantu tersedia di chrome yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Termasuk alat pembantu perekaman atau untuk record layar perangkat desktop laptop. Berikut Kami berikan langkah-langkah untuk menggunakan ekstensi sebagai alat record atau perekam layar laptop.

  1. Masuk browser chrome pada perangkat dan masuk ke menu bar, tap ekstensi yang ada di dalamnya.
  2. Cari ekstensi screen record atau recorder, install da jangan lupa untuk pin di bagian atas chrome sehingga tidak sulit mencarinya.
  3. Setelah berhasil menginstallnya, nanti Anda akan diberi pilihan akses perekaman layar atau kamera.
  4. Setelah mengatur hal itu, Anda bisa langsung melakukan perekaman layar saat bersekolah, bermain game, atau lainnya.
  5. Untuk hasil rekaman ini akan tersimpan di file berbeda saat memakai game bar, yakni pada penyimpanan download.

Cara Merecord di Laptop Memakai VLC Player Apps

Alat pembantu pihak ketiga yang sangat multi guna untuk melakukan berbagai pekerjaan. Pada awalnya aplikasi tersebut hanya dikembangkan sebagai media pemutaran video, maupun musik pada perangkat laptop.

Namun, belakangan telah dikembangkan serta ditambahkan fitur agar penggunanya lebih nyaman saat memanfaatkannya. Berikut Kami berikan beberapa langkah untuk menggunakan dan mengambil tangkapan layar pada perangkat laptop.

  1. Jalankan aplikasi pihak ketiganya, vlc player apps dengan cara mencarinya di menu atau shortcut halaman awal.
  2. Tap tab media pada bagian peralatan serta pilih di lokasi mana akan menyimpannya lalu save.
  3. Selanjutnya adalah tap ikon tangkapan perangkat dengan ubah kotak dropdown ke mode capture desktop.
  4. Anda juga harus mengatur jumlah frame per detiknya pada kotak desired frame rate.
  5. Untuk menghentikan perekamannya, klik stop pada bagian antarmuka vlc, dan akan otomatis tersimpan.

Merekam layar perangkat menjadi keterampilan yang harus dikuasai oleh umat manusia modern. Pasalnya, cara record di laptop akan berguna pada banyak situasi seperti sekolah daring, main game, lainnya.