Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung dengan Fitur Bawaan

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung dengan Fitur Bawaan

Mungkin banyak yang masih melakukan cara mengunci aplikasi di HP Samsung menggunakan aplikasi lain. Padahal, Anda bisa memanfaatkan fitur bawaan dari HP tersebut dan terbukti sangat aman.

Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali pelanggaran privasi dalam kehidupan sehari. Misalnya orang yang mengakses aplikasi di HP Anda tanpa permisi.

Meski itu sahabat atau keluarga, tentunya mengakses tanpa izin merupakan pelanggaran privasi yang cukup mengganggu. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengunci berbagai aplikasi penting.

Untungnya, Samsung memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi agar tidak dapat diakses orang lain. Caranya sangat mudah, simak di bawah ini.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Samsung merupakan salah satu brand smartphone ternama di Indonesia. Banyak masyarakat menggunakan brand ini karena dianggap berkualitas, awet dan tentunya memiliki harga yang affordable.

Salah satu keunggulan Samsung adalah memiliki sistem keamanan yang sangat baik. Mulai dari keamanan pengunciannya hingga pelacakannya. Sistem keamanan penguncian dapat digunakan pada layar utama dan aplikasi.

Mungkin Anda sudah familiar dengan penguncian layar utama, tapi masih belum paham mengenai penguncian aplikasi. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mencegah orang lain mengakses aplikasi tertentu.

Nantinya, setiap orang yang akan masuk harus memasukkan password atau sidik jari. Jadi, tidak bisa diakses oleh sembarangan orang selain anda. Untuk memanfaatkan fitur ini, berikut adalah cara mengunci aplikasi di HP Samsung tanpa aplikasi tambahan:

  1. Buka menu ‘Settings’.
  2. Pilih menu ‘Lock Screen and Security’.
  3. Pilih Menu ‘Other Security Settings’.
  4. Buka menu ‘Pin Windows’.
  5. Klik tombol yang digunakan untuk mengaktifkan / menon-aktifkan aplikasi.
  6. Pilih keamanan menggunakan Finger Print, PIN, atau pola.
  7. Kemudian pilih ‘Done’.
  8. Tunggu untuk memproses ‘Recent Aplication Key’.
  9. Klik ikon PIN.
  10. Pilih ‘Start’ untuk mengaktifkan pengunciannya.
  11. Jika proses sudah selesai, maka Anda bisa mengeceknya. Caranya dengan membuka aplikasi yang dikunci. Jika diminta izin akses, maka proses perhasil.

Kenapa Memilih Mengunci Aplikasi dari Fitur Bawaan?

Jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, memanfaatkan fitur bawaan HP jauh lebih aman. Sebab, tidak ada risiko malware yang akan merusak sistem HP Samsung.

Malware sendiri adalah program jahat penyebab kerusakan dan berbagai kerugian pada gadget. Tidak hanya itu, dengan memanfaatkan fitur bawaan memori HP juga tidak akan terbuang begitu saja.

Dengan demikian, performa HP Samsung Anda akan terjaga dengan jauh lebih baik. Lain halnya dengan pengunci aplikasi menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sebab, aplikasi pihak ketiga memerlukan memori atau RAM untuk mejalankan programnya. Sehingga, bisa saja memori HP Anda akan cepat terkuras. Akibatnya adalah performa HP lebih cepat menurun.

Fitur bawaan juga lebih praktis dan mudah digunakan kapan saja. Sebab, Anda tidak perlu repot-repot mengunduhnya di Play Store terlebih dahulu.

Cara Lain untuk Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Selain menggunakan fitur bawaan, kamu juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi, saat memilihnya, pastikan aplikasi tersebut aman, tidak mengandung malware dan layak digunakan.

Contohnya adalah S secure yang bisa didownload secara gratis di Play Store. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik untuk penggunanya. Selain bisa mengunci aplikasi, Anda juga bisa menyamarkan aplikasi tersebut.

Sehingga, sama sekali tidak disadari oleh orang lain yang memang mengakses HP Anda tanpa izin. Aplikasi lainnya yang bisa digunakan adalah Secure Folder dan Smart App.

Keduanya memiliki fitur yang hampir sama dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kelebihan mengunci aplikasi menggunakan pihak ketiga adalah memiliki fitur yang lebih banyak.

Sehingga, Anda tidak hanya mengunci aplikasi tersebut, tapi juga memberikan proteksi lebih. Tidak heran banyak orang yang memilih pengamanan menggunakan pihak ketiga.

Menjaga privasi menjadi hak setiap individur yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan cara mengunci aplikasi di HP Samsung hingga tidak bisa diakses orang lain.