cara daftar kartu prakerja 2021

Kartu Prakerja Gelombang 13 Tahun 2021 Siap Dibuka, Saatnya Buat Akun Prakerja

Pemerintah telah membuka kembali pendaftaran akun dan seleksi kartu prakerja untuk gelombang ke-12 di tahun 2021 ini, yakni pada tanggal 22-26 Februari. Halaman resmi ini telah dibuka untuk proses pembuatan Akun Prakerja mulai dari Minggu (21/2/2021).

Kartu Prakerja sendiri merupakan salah satu bentuk bantuan dari Pemerintah yang mendapatkan antusias yang cukup tinggi dari masyarakat.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program ini, silahkan untuk mengunjungi laman website pendaftaran kartu prakerja di www.prakerja.go.id

Untuk pembukaan proses seleksi pada gelombang 13 Kartu Prakerja, akan diumumkan oleh pihak Manajemen Pelaksana Program dikemudian hari. Namun, kemungkinan besar akan dimulai pada awal hingga menjelang pertengahan bulan Maret ini.

Bagi Anda yang telah memiliki akun di tahun 2020 namun belum dinyatakan lolos seleksi, kini dapat melakukan pembaharuan data diri pada akun tersebut andaikata ada perubahan pada data yang sebelumnya diinput.

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2021 Siap Dibuka, Berikut Syarat Dan Dokumen Yang Dibutuhkan

Untuk mengikuti program ini, ada syarat yang harus dipenuhi diawal, yaitu :

  • Harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal usia saat mendaftar adalah 18 tahun (harus memiliki KTP)
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal

Setelah syarat diatas terpenuhi, Anda dapat langsung membuat akun prakerja dilaman yang disediakan. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Akun Prakerja Baru

  • Kunjungi situs resmi kartu prakerja di prakerja.go.id (dapat dibuka melalui perangkat smartphone atau HP Anda)
  • Pilih menu “Buat Akun”
  • Masukkan data diri Anda berupa alamat email aktif dan kata sandi baru. Pastikan kembali data yang diinput, jangan sampai ada kesalahan ketik. Lalu klik kembali menu “Buat Akun”
  • Silahkan cek email yang masuk dari Kartu Prakerja, konfirmasi akun email Anda dengan mengikuti petunjuk yang diberikan
  • Setelah sukses konfirmasi akun email, silahkan kembali mengunjungi situs Prakerja.

Lengkapi Data Diri Akun Anda

Setelah Anda sukses mendaftar dan memiliki akun, pemilik akun harus mengisi dan melengkapi data diri lainnya sesuai dengan yang diminta oleh sistem. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Akun yang telah dibuat dengan menginput alamat email dan kata sandi
  • Silahkan input nomor KTP dan Tanggal Lahir, lalu pilih menu “Berikutnya”
  • Isi data diri Anda sesuai dengan kolom yang tertera dilayar, seperti alamat tempat tinggal, pendidikan, status pernikahan, dan lain-lain. Untuk data Foto KTP, pastikan terlihat jelas tulisan dan gambarnya, serta ukuran file yang diupload harus sesuai dengan yang diminta oleh sistem. Lalu pilih menu “Berikutnya”
  • Masukkan nomor kontak telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS.

Baca Juga : Bantuan Pemerintah Rp 2,4 Juta Naik Jadi Rp. 3,55 Juta, Buruan Daftarkan KTP Anda

Bersiap Menghadapi Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Setelah semua data diri dilengkapi, proses selanjutnya adalah mengikuti tes awal. Tes ini terdiri dari Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang Anda miliki.

Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal. Waktu yang diberikan untuk meyelesaikan tes ini adalah 15 menit.

Cara Update Data Diri Pada Akun Prakerja

Bagi Anda yang telah memiliki akun prakerja pada tahun sebelumnya, yakni tahun 2020, Anda perlu melakukan pengisian ulang atau update kembali data diri Anda di menu yang sama sesuai dengan penjelasan diatas.

Jika ada data yang berubah, silahkan disesuaikan. Termasuk upload kembali foto KTP Anda.

Untuk proses seleksi Kartu Prakerja gelombang 13 ini masih berstatus BELUM DIBUKA. Jadi manfaatkan waktu saat ini untuk mendaftar akun baru (bagi yang belum punya) atau meng-update akun Anda. Pastikan juga untuk selalu mengecek situs halaman resminya untuk info terbarunya. Selamat Mencoba!!