Begini Cara Mengetahui Akun Whatsapp Kita Jika Disadap Jarak Jauh

Begini Cara Mengetahui Whatsapp Disadap Jarak Jauh

Aplikasi chatting terbesar saat ini, salah satunya dipegang oleh WhatsApp. Dengan ciri khas logonya yang berwarna hijau, aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 1 milyar pengguna diseluruh dunia.

Besarnya jumlah user dari WhatsApp tentu membuat para pelaku kejahatan tertarik untuk ikut menyusup kedalamnya, mencari sesuatu yang mereka butuhkan, apapun itu.

Sistem keamanan dari aplikasi besutan Facebook ini tentunya sudah sangat terjamin dan mumpuni. Berkat sistem enkripsi end-to-end, kini pengguna dapat mengetahui jika WhatsApp miliknya sedang disadap.

Ada beberapa ciri jika akun WhatsApp Anda sedang disadap dari jarak jauh, baik itu dikloning maupun dibajak. Berikut ciri-cirinya:

Pesan Telah Terbaca Walaupun Belum Dibuka

Jika ada pesan baru yang masuk namun sudah dengan tanda centang dua biru, padahal Anda belum membukanya, ini bisa jadi pertanda bahwa akun WhastApp Anda sedang disadap jarak jauh.

Fitur tanda terbaca ini bisa dinon-aktifkan di menu Pengaturan. Dengan memilih menu tersebut, maka pengguna tidak lagi dapat melihat apakah pesan yang masuk sudah terbaca atau belum.

Mengirim Pesan Sendiri

Silahkan cek riwayat pengiriman pesan Anda. Jika menemukan sebuah pesan yang dikirimkan kepada pengguna lain tanpa sepengetahuan Anda, ada kemungkinan bahwa akun WhatsApp tersebut telah diretas.

Jika historinya masih ada, Anda dapat menelusuri sendiri untuk mencari informasi lebih lanjut dari percakapan yang ada. Dengan begini, mungkin Anda bisa menemukan siapa dalang dibalik ini semua.

LogOut dari Akun dengan Sendirinya

Aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan secara bersamaan di dua perangkat. Dan hal ini pula yang membuat aplikasi WhasApp lebih aman. Setiap aktivasi diperangkat lain, tim akan mengirimkan kode OTP ke nomor ponsel yang telah terdaftar.

Jika Anda pernah menerima kode tersebut, lalu logout otomatis dari akun WhatsApp, besar kemungkinan bahwa nomor ponsel Anda telah dikloning oleh pihak tertentu. Pastikan Anda tidak menyebarkan kode OTP yang diterima.

WhatsApp Web Aktif di Perangkat Lain

Cara lain untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kita disadap dari jarak jauh adalah dengan melakukan pengecekan terhadap histori pada salah satu fitur aplikasi ini, yakni WhatsApp Web.

Melalui fitur ini, Anda dapat melihat status akun Anda terhubung dengan perangkat apa saja, baik PC maupun Laptop. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, segera putuskan koneksi tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Status Online Walaupun Tidak Digunakan

WhatsApp dapat memberikan informasi kepada penggunanya saat aplikasi tersebut dibuka atau digunakan, yakni dengan status online didalamnya. Dengan adanya informasi ini, antar pengguna dapat saling melakukan komunikasi lebih tepat saat mereka online.

Namun, jika Anda sedang tidak menggunakannya, namun status akun Anda masih dinyatakan online, hal ini bisa menjadi indikator bahwa akun WhatsApp sedang disadap dari jarak jauh.

Salah satu cara paling sering dilakukan untuk menghindari penyadapan pada akun WhatsApp adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, dengan cara tersebut dapat membuat akun Anda jauh lebih aman saat digunakan.