Harga dan Spesifikasi Smartphone Vivo X70, X70 Pro, X70 Pro Plus

Intip Harga dan Spesifikasi Smartphone Vivo X70, X70 Pro, X70 Pro Plus

Sebagai salah satu Brand yang merajai pangsa pasar di Indonesia, perusahaan smartphone Vivo terus meluncurkan jajaran produk terbarunya. Dan kini, akhirnya generasi penerus ponsel kelas entry-level dari Brand tersebut akan segera dirilis kepasaran.

Dikutip dari laman computerbase, Vivo telah menghadirkan keluarga terbarunya yakni smartphone Vivo X70 di Cina. X70, X70 Pro, dan X70 Pro + diperkirakan akan memasuki pasar pada bulan Oktober mulai dari harga di bawah 500 euro (untuk pasar Eropa).

Kabar paling seru adalah dimana untuk pertama kalinya smartphone besutan Vivo akan dilengkapi dengan prosesor gambar V1 yang dikembangkan secara khusus. Kerja sama dengan Zeiss untuk koordinasi kamera yang dilanjutkan setelah seri X60.

X70 dan X70 Pro merupakan entry level, terdapat perbedaan pada prosesor dan jumlah kamera, sedangkan area lain menunjukkan kemiripan dengan seri X60 sebelumnya. Misalnya, Vivo terus mengandalkan layar AMOLED 6,56 inci dengan 1.080 × 2.376 piksel pada 120 Hz dan HDR untuk kedua smartphone.

Prosesor Vivo X70

Ada perbedaan dalam prosesor pada smartphone terbarunya kali ini. Vivo X70 akan beralih ke MediaTek 1200 baru, yang juga ada di OnePlus Nord 2. Seiring dengan Oppo, OnePlus dan Realme, Vivo adalah salah satu dari banyak merek dari BBK Electronics Group.

X70 Pro menggunakan Samsung Exynos 1080 sebagai gantinya, yang digunakan di X60 Pro tahun lalu. Sebaliknya, X60 Pro versi Eropa berisi Qualcomm Snapdragon 870. Jika Vivo membawa seri X70 ke Eropa di masa depan, mengganti chip lagi bukanlah prosedur yang mengejutkan.

Resolusi Tinggi Kamera Vivo X70 Pro

Ada juga penyimpangan dalam peralatan antara X70 dan X70 Pro untuk kamera. Meskipun kedua perangkat menggunakan Sony IMX766V untuk kamera utama, X70 Pro menawarkan resolusi yang lebih tinggi dengan 50 megapiksel.

Vivo diduga menggunakan area sensor yang lebih kecil untuk stabilisasi digital pada X70, sedangkan X70 Pro hadir dengan OIS. Selain itu, ada telefoto dengan panjang fokus 50 mm dan kamera sudut ultra lebar dengan 16 mm. Telefoto kedua dengan 125 mm disediakan untuk X70 Pro, di belakangnya terdapat sensor 8 megapiksel.

Prosesor Gambar Khusus dari Zeiss

Kedua perangkat memiliki kesamaan prosesor gambar (ISP) V1 yang dikembangkan secara khusus. Alih-alih menggunakan ISP dari prosesor MediaTek atau Samsung, Vivo mengirimkan rekaman foto dan video melalui salurannya sendiri, sehingga menjanjikan kualitas yang lebih tinggi.

Pemrosesan gambar internal memberi Vivo lebih banyak kebebasan dalam desain gambar dibandingkan dengan ISP sebelumnya dan berjalan seiring dengan algoritme pemrosesan gambar yang dikembangkan bekerja sama dengan Zeiss.

Kelebihan Vivo X70 Pro Plus

Unggulan X70 Pro + melangkah lebih jauh dengan kamera, kamera utama yang menggunakan Samsung GN1 besar dengan 1 / 1,31 inci dan 50 megapiksel termasuk OIS. Yang pertama dari dua telefoto bekerja dengan f / 1.6, bukan f / 2.0, sedangkan telefoto dengan perbesaran optik lima kali identik dengan X70 Pro.

Hanya X70 Pro+ yang memiliki kamera keempat yang bekerja dalam format sudut ultra lebar dengan 48 megapiksel. Suspensi gimbal Vivos digunakan di sini, yang memastikan stabilisasi dengan suspensi dalam bingkai dengan dua bantalan poros yang saling tegak lurus yang berpotongan.

Dengan X70 Pro +, Qualcomm juga merupakan pemasok SoC dengan Snapdragon 888 Plus baru, yang Prime Core pada 2,995 GHz menggores tanda 3 GHz. Data kunci lain dari chip tersebut sesuai dengan Snapdragon 888 dan di sini juga, V1 milik Qualcomm digunakan sebagai ISP alih-alih Spectra 580.

Fitur Wireless Charging Vivo X70 Pro

Data penting lainnya dari smartphone terkait dengan baterai, yang berkisar dari 4.400 mAh hingga 4.450 mAh hingga 4.500 mAh dan dapat diisi secara nirkabel hingga 44 watt atau 55 watt, tetapi hanya dengan X70 Pro + untuk pertama kalinya untuk Vivo.

Fitur khusus X70 Pro+ juga sedikit lebih besar, layar beresolusi lebih tinggi dan perlindungan IP68. Berharap nantinya fitur ini akan dapat diterapkan ke semua perangkat anyar dari smartphone Vivo.

Harga Vivo X70

Di Cina, smartphone ini nantinya diperkirakan akan datang ke pasaran pada awal bulan Oktober dengan harga setara dengan Rp. 8-jutaan untuk X70. Sementara X70 Pro dilepas mulai dari kisaran harga Rp.  9-jutaan, dan Vivo X70 Pro + seharga Rp. 11-jutaan.

Semoga harga untuk pasar global, termasuk indonesia, tidak mengalami perbedaan harga yang terlalu jauh. Apalagi keadaan perekonomian saat ini masih sedikit terpengaruh karena adanya pandemi.