Info Harga Dan Spesifikasi Huawei Matebook 14s

Detail Harga Dan Spesifikasi Huawei Matebook 14s

Huawei sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia, terus melakukan inovasi terhadap jajaran produk laptopnya. Hal ini tentunya dilakukan guna mempertahankan eksistensinya.

Berkat layar sentuh yang tajam dengan 90 Hertz dan prosesor Intel yang kuat, Huawei Matebook 14s menjanjikan banyak kinerja dalam desain yang ringkas.

Spesifikasi Huawei Matebook 14s

Seperti yang diketahui, Huawei Matebook 14s sendiri merupakan model premium baru di antara laptop compact yang beredar di China. Terletak di atas Matebook 14, ia menawarkan Intel Core i7 yang kuat dan layar sentuh dengan resolusi 2.5K dengan maksimum 90 Hertz. Sebuah spesifikasi yang cukup tangguh.

Desain Cantik

Berbicara tentang desain, Huawei Matebook 14s menggunakan format 3: 2 seperti kakaknya Huawei Matebook 16 atau Lenovo Yoga Slim 7 Pro. Akibatnya, ia memiliki format memanjang. Ini menjulang di atas notebook 16: 9 dengan layar 14 inci seperti Honor Magicbook 14 dengan 1,5 sentimeter dan Acer Swift 5 sebesar 2 sentimeter.

Dimensinya sendiri memiliki lebar 31,4 sentimeter dan tinggi 23 sentimeter. Dengan ketebalan 1,7 sentimeter, ini adalah salah satu perwakilan datar dari jenisnya – sebanding dengan Yoga Slim 7 Pro dari Lenovo.

Membawa berat bodi sebanyak 1,4 kilogram, itu tidak lagi dapat dikatakan ringan. Beratnya 100 gram lebih baik dari Lenovo Yoga Slim 7 Pro dan bahkan 400 gram di atas Acer Swift 5. Dengan ukuran dan beratnya, masih dapat dibawa dengan nyaman dalam tas kecil atau ransel.

Kabar baiknya, Huawei tampaknya telah belajar dari kritik banyak pengguna webcam. Ini sekarang terletak dengan cara klasik di atas layar. Pada notebook sebelumnya seperti Huawei Matebook 16, kamera terintegrasi dalam sebuah tombol.

Meskipun ini memungkinkan bezel tampilan yang lebih tipis dan penyembunyian lensa yang andal, ini juga menciptakan perspektif yang tidak menguntungkan untuk webcam, yang secara praktis merekam pengguna dari bawah ke lubang hidung.

Kinerja Perangkat

Laptop Huawei kali ini menggunakan Intel Core i7-11370H untuk Matebook 14s, yang diperkenalkan pada awal tahun. Prosesor quad-core didasarkan pada arsitektur Tiger Lake saat ini dan dapat memproses delapan thread secara bersamaan.

Empat core mencapai clock rate maksimum 4,3 GHz, satu core bahkan dapat berjalan hingga 4,8 GHz untuk waktu yang singkat. Dibandingkan dengan Core i7-1185G7, Core i7-11370H memiliki Thermal Design Power (TDP) yang lebih efektif, yang menawarkan keuntungan selama fase daya yang lebih lama.

Performa prosesor yang lebih tinggi dapat dilihat pada benchmark PCmark 10. Tes ini mensimulasikan berbagai macam tugas yang harus dihadapi komputer dalam kehidupan sehari-hari. Huawei Matebook 14s mencapai rata-rata lebih dari 5200 poin di sini. Ini adalah nilai kuat yang lebih dari sekadar dipersenjatai PC untuk berbagai tugas kerja.

Sistem operasi yang mulus dan aplikasi yang dapat dimulai dengan cepat, bahkan setelah digunakan dalam waktu lama, terbukti dalam penggunaan sehari-hari. Sebagai perbandingan: Lenovo Thinkpad X1 Titanium Yoga dengan harga yang lebih tinggi menggunakan Core i7-1160G7 mencapai sekitar 4300 poin. Hal ini menghasilkan perbedaan poin sebanyak 17 persen yang jauh lebih baik.

Berbicara GPU, perangkat ini terintegrasi dengan Intel Iris Xe Graphics 96EU/768S yang mendukung prosesor quad-core untuk kalkulasi grafis. Matebook 14s mencapai sekitar 1800 poin dalam benchmark “Time Spy” 3Dmark. Ini adalah peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan prosesor Intel yang lebih tua.

Ada satu hal yang sedikit mengecewakan dari perangkat ini, dimana Matebook 14s tidak cocok untuk bermain game, meskipun Intel telah meningkatkan chip grafis internal. Hal ini ditunjukkan dengan perbandingan dengan PC referensi saat menggunakan kartu grafis seperti PNY Geforce GTX 1660 Ti XLR8 Gaming OC.

Diciptakan sebagai laptop yang berdesain ramping, perangkat ini memang ditujukan sebagai perangkat kerja mobile di kantor rumah atau di perjalanan, serta untuk berselancar didunia maya dan kegiatan media lainnya.

Konektivitas Lengkap

Peralatan tempur dari Huawei Matebook 14s sangat mengesankan. Memori utama menawarkan lebih dari cukup 16 GB RAM. Seperti kebanyakan notebook, ini disolder dan karenanya tidak dapat diperluas. SSD NVMe super cepat yang memiliki kapasitas 512 GB.

Matebook menawarkan opsi koneksi yang memadai untuk laptop ringkas. Selain koneksi tipe A dengan USB 3.2 Gen 1, terdapat dua slot USB-C dengan port display serta koneksi HDMI dan input untuk colokan jack. Thunderbolt 4 hanya menawarkan model teratas Matebook 14s dengan hard drive 1 TB. Tidak ada pembaca kartu internal., sangat disayangkan tentunya.

Notebook sudah mendukung Wifi-6 untuk koneksi nirkabel ke jaringan. Koneksi perangkat periferal dilakukan melalui Bluetooth 5.1. Kami sangat senang dengan posisi webcam, yang telah dipindahkan ke bingkai layar. Resolusi kamera yang dimiliki adalah 0,9 megapiksel. Itu hanya memungkinkan untuk merekam video 720p, itu bahkan bukan untuk Full HD.

Disematkannya tombol keyboard chiclet yang dapat menyala membuat perangkat ini tampil sangat anggun. Tombol individual yang berukuran besar dapat meminimalkan risiko kesalahan dengan baik. Menulis di Matebook dirasa mudah dan terasa baik dan tepat. Bahkan suaranya menyenangkan dan tidak terlalu keras.

Fitur sensor sidik jari bereaksi dengan cepat dan andal serta terintegrasi dalam sakelar hidup/mati, yang terpisah dengan jelas dari keyboard. Ini menghilangkan risiko menekan tombol daya secara tidak sengaja saat mengetik. Atau, Matebook membuka kunci layar menggunakan pengenalan wajah melalui Windows Hello.

Layar Keren

Disematkan layar 14,2 dengan fungsi sentuh dalam format 3: 2 memiliki resolusi 2560 x 1680 piksel (2,5K). Ini memastikan kerapatan piksel 219 ppi dan menghasilkan gambar yang tajam.

Kerapatan piksel mungkin terlihat tidak terlalu tinggi pada ponsel cerdas, tetapi ini adalah nilai yang bagus dibandingkan dengan laptop lain karena Anda tidak memegang PC terlalu dekat dengan wajah Anda.

Format gambar menawarkan lebih banyak ruang kerja, yang merupakan keuntungan saat bekerja dengan dokumen teks atau tabel. Namun, mereka yang menonton film dalam format layar lebar bioskop 21:9 harus hidup dengan bilah hitam yang lebih besar di bagian atas dan bawah, ini jauh lebih kecil dengan model 16:9. Area layarnya sangat besar karena tepinya yang tipis dengan rasio screen-to-body sekitar 90 persen.

Cakupan ruang warna, kontras, dan saturasi sangat meyakinkan. Ini membuat pemutaran video menyenangkan untuk dilihat. Selain itu, layar memungkinkan kecepatan refresh hingga 90 Hertz, ini jarang ditemukan di notebook. Ini memungkinkan reproduksi gambar yang sangat lancar untuk video atau saat menggulir.

Kecepatan pada 60 Hertz diaktifkan secara default oleh sistem. Pengguna mengaktifkan 90 Hertz dengan kombinasi tombol Fn + R. Perlu dicatat di sini bahwa kecepatan refresh yang lebih tinggi meningkatkan konsumsi energi. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk mengaktifkan 90 Hertz hanya saat komputer terhubung ke catu daya.

Dengan kecerahan maksimum hampir 400 cd/m², layar dapat terbaca dengan cukup baik di luar ruangan saat langit mendung. Ini sebanding dengan Acer Swift 5 atau Lenovo Yoga Slim 7 Pro.

Banyak kompetitor dibawahnya yang hanya menawarkan kecerahan maksimal 350 cd/m². Tetapi jika sinar matahari langsung jatuh mengenai layar, itu menjadi sulit karena pantulan yang kuat. Ini akan membutuhkan kecerahan yang lebih tinggi. Stabilitas sudut pandang panel IPS bagus, dan gambar masih dapat dibaca dari sudut pandang yang berbeda.

Baterai Juara

Berapa besaran baterai yang dibawa oleh laptop ini? Baterai Huawei Matebook 14s memiliki kapasitas 60 Wh. Catu daya yang disertakan menggunakan salah satu port USB-C dan menghasilkan 90 watt. Ini memiliki keuntungan bahwa catu daya lain dengan USB juga dapat digunakan dalam keadaan darurat, asalkan memiliki daya yang cukup.

Fitur fast charging dapat mengisi daya Matebook dengan sangat cepat. Pengisian penuh membutuhkan waktu lebih dari 90 menit. Ini sebenarnya sedikit lebih cepat daripada kompetitor, yang memakan waktu setidaknya 2 jam.

Dalam uji baterai di PCmark, Matebook 14s bertahan 10 jam dengan baik pada 60 Hertz dan kecerahan sedang sebelum tingkat baterai turun di bawah 20 persen. Pada 90 Hertz, waktu berjalan dipersingkat hanya di bawah 1 jam. Itu adalah nilai yang layak dan mengalahkan Acer Swift 5 hampir dua jam.

Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki peluang bagus untuk melewati hari-hari kerja tanpa memerlukan adaptor daya. Matebook bertahan hampir 90 menit di bawah beban penuh. Ini suatu hal yang patut diperhatikan sebagai kelebihan yang ditawarkan oleh Matebook 14s.

Harga Huawei Matebook 14s

Berapa harga Huawei Matebook 14s? Berbicara soal harga, perangkat ini sama sekali tidak murah. Harga retail yang direkomendasikan untuk model 512 GB adalah 1.299 euro untuk pasar Eropa atau sekitar Rp. 21 jutaan. Model teratas dengan SSD 1 TB dan koneksi Thunderbolt bahkan berharga 1.499 euro atau sekitar Rp. 24 jutaan.

Untuk harga Huawei Matebook 14s dipasaran Indonesia sendiri belum ada kabar resminya. Berharap harganya tidak jauh berbeda dengan harga di wilayah lain atau bahkan mungkin bisa lebih murah lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Matebook 14s

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli perangkat ini, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Huawei Matebook 14s. Berikut keunggulan dan kelemahan yang dimilikinya:

Kelebihan Huawei Matebook 14s

  • Desain menarik dan berkualitas tinggi
  • Layar sentuh 90 hz beresolusi tinggi
  • Kinerja mutakhir dari Intel Core i7
  • Daya tahan baterai yang mumpuni
  • Fitur fast charging

Kekurangan Huawei Matebook 14s

  • Memiliki bobot yang tidak ringan
  • Harga cukup tinggi
  • Kurangnya dukungan Thunderbolt untuk versi termurah
  • Resolusi kamera yang tidak terlalu tinggi

Itu dia pembahasan mengenai harga dan spesifikasi dari Huawei Matebook 14s yang perlu diketahui. Anda juga kini dapat memahaminya lebih dalam, karena kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh perangkat ini.