Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate yang Bisa Dikenali

Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate yang Bisa Dikenali

Apa perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate? Anda sekalian yang merasa sebagai TikTokers sejati seharusnya mengetahui lebih lengkap dan detail informasinya. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan uang.

Memang benar, TikTok Shop dan TikTok Affiliate berkaitan dengan bisnis atau jual beli online di dunia maya. Di mana Anda yang mengikuti programnya bisa melakukan berbisnis online dengan menjual produk tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bayaran saat menawarkan dan menjualkan produk yang diikutkan Affiliate. Sangat menarik, bukan? Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui dahulu perbedaan antara TikTok Shop dan TikTok Affiliate dengan membaca uraian berikut.

Mengenal Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate Lebih Dekat

Sebelum mengenal perbedaannya, tidak ada salahnya Anda mengetahui dua program menarik dari TikTok tersebut. Dengan begitu, Anda bisa membedakannya sendiri secara umum dari arti masing-masing program tersebut.

Tidak sedikit TikTokers pemula masih awam dengan keduanya. Mereka mungkin sekedar ikut-ikutan saja karena melihat cukup menguntungkan. Namun demikian, tentu saja masing-masing mempunyai pengertian dan maksudnya sendiri.

Berikut pengertian TikTok Shop dan TikTok Affiliate yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

  1. TikTok Shop

TikTok meluncurkan fasilitas TikTok Shop yang bisa dimanfaatkan untuk jual beli online di dunia maya. Jadi, seperti halnya situs web atau aplikasi e-Commerce yang sudah ada. Di mana Anda bisa mengunggah produk tertentu untuk dijual melalui TikTok Shop.

Tentu saja untuk bisa bergabung ke dalamnya Anda harus mempunyai akun TikToknya dahulu. Setelah itu, Anda dapat mendaftar di TikTok Shop dengan langkah-langkah yang cukup mudah dan cepat.

Setelah Anda berhasil mendaftar di dalamnya dan memiliki akun TikTok Shop, silahkan untuk memulai bisnis online yang menguntungkan. Apalagi Anda sudah bisa memanfaatkan fitur dan fasilitas TikTok lainnya dengan mempromosikan produk yang dijual.

Produk tersebut bisa berwujud barang atau jasa, sehingga memang harus ditentukan dahulu. Terutama Anda sebagai pihak penjualnya. Sementara jika sebagai pembeli, Anda dapat langsung mengunjungi halaman TikTok Shop untuk mencari produk yang dibutuhkan.

  1. TikTok Affiliate

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui seputar TikTok Affiliate terutama yang belum pernah mencobanya. Memang ada perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate. Di mana TikTok Shop sudah dijabarkan di atas dan dapat Anda pahami.

Sementara itu, TikTok Affiliate dapat diartikan program dari TikTok untuk semua penggunanya yang bisa menawarkan atau mempromosikan produk tertentu. Produk tersebut bukan milik Anda saat bergabung di Affialiate, tetapi kepunyaan orang lain.

Program Affiliate semacam ini sangat cocok untuk Anda semua yang jago membuat konten video menarik. Di mana kontennya ditujukan agar banyak TikTokers tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan melalui link atau tautan tertentu.

Anda yang mendaftar dan mengikuti program Affiliate tersebut bisa mendapatkan penghasilan tambahan saat ada orang yang membeli produknya. Tentu saja semakin banyak orang membelinya, maka berbanding lurus dengan penghasilan yang Anda dapatkan.

Mengenal Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate Lebih Dekat

Anda sekalian sudah mengenal perihal TikTok Shop dan TikTok Affiliate. Ternyata keduanya ada perbedaannya yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda bisa memilih dan mencoba salah satunya dahulu, jika memang belum pernah bergabung di dalamnya.

Setelah mengetahui pengertian dan maksud dari TikTok Shop dan TikTok Affiliate, seperti diuraikan di atas, sebenarnya Anda bisa membedakannya sendiri. Namun jika masih belum paham, silahkan membaca uraian berikut.

Produk yang Dijual

Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate yang pertama, yaitu pada produk yang dijual. Di mana Anda yang bergabung di TikTok Shop harus memiliki produk barang atau jasa yang dijual secara online.

Sementara untuk TikTok Affiliate, Anda tidak perlu memiliki produk untuk dijual. Hal itu dikarenakan tugas Anda hanya sebatas mempromosikan produk milik orang lain melalui konten video di TikTok. Jadi, laku tidaknya produk tersebut tergantung dari konten videonya.

Keuntungan yang Didapatkan

Perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate berikutnya, yaitu perihal keuntungan yang didapatkan. Di mana keduanya berbeda baik dari cara mendapatkannya dan nominal uang yang didapatkan.

Pada TikTok Shop, Anda yang mengikutinya bisa mendapatkan keuntungan setelah ada TikTokers atau netizen membeli produk dijual online. Seperti halnya jual beli online pada umumnya, uang yang Anda dapatkan sepenuhnya milik Anda.

Berbeda dengan TikTok Affiiliate yang bayarannya sudah ditentukan oleh pihak TikTok. Tentu saja bayarannya lebih kecil karena Anda tidak memiliki produknya dan hanya mempromosikannya saja melalui konten video di TikTok.

Cara Menjual dan Mempromosikan Produknya

Masih ada perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate lainnya, yaitu cara menjual serta mempromosikan produknya. Di mana TikTok Shop murni Anda sendiri yang menjalankan dan mengelola jual beli onlinenya melalui TikTok.

Anda bisa memajang produknya beserta dibuat konten videonya sendiri. Jika ada yang ingin membeli, Anda juga mengurusi sendiri. Mulai dari pengiriman dan pembayaran produknya. Berbeda dengan TikTok Affiliate yang hanya mempromosikan, sehingga tugasnya ringan.

Anda Mau Memilih TikTok Shop atau TikTok Affiliate?

Setelah membaca perbedaan keduanya di atas, Anda bisa segera memilih salah satunya. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya, silahkan untuk memilihnya sesuai kebutuhan Anda saja.

Anda yang mempunyai produk menarik untuk dijual, silahkan saja memilih TikTok Shop. Namun jika tidak memiliki produk untuk dijual, tetapi Anda sangat membutuhkan tambahan penghasilan. Selain itu, Anda juga jago membuat konten video di TikTok.

Jika seperti itu, pilih saja TikTok Affiliate. Namun demikian, Anda harus benar-benar mempertimbangkannya matang-matang sebelum memilihnya. Dengan begitu, perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate memang sangat bermanfaat sebagai dasar informasinya.