Begini Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Begini Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus penting Anda ketahui agar HP tidak mudah penuh. Berdasarkan penginstallnya, App Android terbagi menjadi 2 macam yaitu bawaan pabrik dan App tambahan yang diunduh pengguna.

App bawaan pabrik terkadang banyak yang tidak digunakan sehingga menambah memori penyimpanan seperti Game Space, Oroaming, Baca Plus dan lainnya. Akibatnya pemilik HP tidak dapat menambah App yang dibutuhkan.

Secara umum App bawaan tidak dapat di uninstall, namun kini Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara di bawah ini. Kecuali jika HP tersebut telah diroot maka bisa dengan mudah menghapusnya.

Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus Tanpa Root

Cara untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus dapat dilakukan melalui beberapa cara. Berikut beberapa cara yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1.    Matikan Administrator Perangkat

Cara ini banyak dilakukan untuk menghapus App tambahan dari Play Store, namun tidak bisa dihapus. Caranya masuk ke pengaturan, pilih menu keamanan dan privasi. Kemudian klik administrator perangkat, masuk ke pengaturan dan pilih App yang akan dihapus.

2.    Gunakan Bantuan App Tambahan

Menggunakan App tambahan merupakan salah satu cara paling direkomendasikan untuk menghapusnya. Misalnya dengan menggunakan Easy Uninstaller App Uninstall. Caranya masuk ke App tambahan lalu pilih beberapa yang akan dihapus.

3.    Factory Reset

Untuk menghapus App tambahan yang sulit di uninstall, Factory reset menjadi salah satu solusinya. Beragam masalah internal HP hampir semua bisa diatasi dengan Factory Reset karena mampu mengembalikan HP seperti baru lagi, namun perlu backup data terlebih dulu.

4.    Menghapusnya dengan Menonaktifkannya

Menonaktifkan App bisa Anda lakukan agar tidak muncul di latar belakang atau menempati ruang penyimpanan. Setelah itu, App juga tidak akan muncul dalam tampilan beranda. Caranya buka pengaturan, kelola aplikasi, cari beberapa yang akan dihapus lalu klik nonaktifkan.

5.    Masuk ke Play Store

Cara terakhir untuk menghapusnya ialah masuk ke Play Store lalu klik tautan My Android agar bisa melihat semua aplikasi yang diinstall. Kemudian klik simbol sampah kecil di sebelah App, konfirmasi dengan klik hapus pada popup.

Cara Menghapus App Android Melalui Root

Root merupakan salah satu cara uninstall Aplikasi Android agar mendapat akses penuh tanpa dibatasi oleh ketentuan pada sistem Android. Berikut cara uinstall aplikasi dengan root, di antaranya:

1.    Download System Apps Remover

Aplikasi ini bisa Anda unduh di Play Store untuk semua HP, baik dalam kondisi root maupun tidak. Namun untuk dapat mengakses fiturnya, HP Anda harus diroot terlebih dahulu.

2.    Klik Grant atau Izinkan

Setelah berhasil mengunduhnya, buka aplikasi tersebut lalu akan muncul notifikasi SuperSU untuk meminta akses root. Kemudian klik Izinkan atau Grant.

3.    Pilih Aplikasi yang akan Dihapus

Langkah selanjutnya pilih aplikasi yang akan Anda hapus. Anda bisa menghapus beberapa aplikasi tidak penting secara bersamaan.

4.    Klik Uninstall dan Yes

Jika Anda sudah yakin akan menghapus beberapa aplikasi tersebut. Selanjutnya klik Uninstall lalu akan muncul tampilan Yes, klik Yes.

5.    Tunggu Hingga Selesai

Ketika proses uninstall tengah berlangsung, tunggu hingga prosesnya selesai. Beberapa aplikasi tidak dapat dihapus, akhirnya bisa diuninstall.

Beberapa aplikasi bawaan dan tambahan terkadang tidak dapat Anda hapus begitu saja sehingga membutuhkan beragam cara untuk menghapusnya. Cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus kini bisa Anda hapus melalui cara root maupun tanpa root terlebih dahulu.