Urutan Cara Bayar Pajak Motor di Samsat dengan Benar

Urutan Cara Bayar Pajak Motor di Samsat dengan Benar

Cara bayar pajak motor di Samsat kadang oleh sebagian orang dianggap menyebalkan. Tentu, alasannya bukan saja alur teknisnya, melainkan karena enggan terjebak antre panjang.

Hal tersebut tentunya adalah kondisi yang situasional. Tinggal diakali saja dengan mengurus pajak motor di hari-hari weekday dan berangkat awal sekali. Atau, jika Anda benar-benar tidak sempat, Anda bisa minta tolong kerabat atau teman untuk mengurusnya.

Jika Anda berencana buat melaksanakan pembayaran pajak kendaraan bermotor, jangan bimbang tentang apa saja ketentuan bayar pajak motor di Samsat. Tenang, ikuti terus pembahasan berikut ini buat ketahui persyaratannya.

Ketentuan Bayar Pajak Motor di Samsat

Ketentuan bayar pajak motor di Samsat butuh dipadati saat sebelum Anda melaksanakan pembayaran. Dengan demikian, proses pembayaran pajak motor bisa berlangsung dengan mudah.

Sebagaimana umumnya, kendaraan bermotor mempunyai pajak yang wajib dibayarkan tiap tahunnya. Nominalnya sendiri berbeda-beda, bergantung kendaraan yang dimiliki.

Selain itu, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi ketika mengurus pembayaran pajak motor. Anda wajib membawa dokumen-dokumen krusial yang nantinya akan penting dalam transaksi perpajakan.

Anda wajib membawa STNK, BPKB, serta KTP asli. Anda juga perlu menyiapkan versi salinannya, setidaknya bawa masing-masing lima kopi. Ada berkas tambahan lagi jika Anda mengurus kendaraan dinas.

Anda wajib menyeleksi berkas-berkas yang perlu Anda bawa guna memproses transaksi pembayaran pajak kendaraan. Terlebih, jika mengurus kendaraan milik industri, tentunya ada banyak fail penting yang dilibatkan.

Buat memperpanjang kendaraan dinas ataupun kendaraan kepunyaan industri, Anda wajib mempersiapkan fotokopi domisili industri, NPWP industri, SIUP serta TDP industri. Anda juga butuh surat kuasa bila orang lain yang mengurus pembayaran pajak kendaraan milik Anda.

Metode Bayar Pajak Motor di Samsat

Nah, untuk Anda yang masih bimbang metode membayar pajak motor di Kantor Samsat, berikut ini langkah-langkahnya. Turuti secara cermat dan runut setiap langkahnya.

  1. Menghadiri Loket Pendaftaran

Tentu saja, Anda harus langsung menghadiri loket registrasi. Kemudian petugas registrasi bakal menghibahkan nomor antre serta formulir registrasi. Sementara menunggu antrean, isilah formulir tersebut secara lengkap.

  1. Menghadiri Loket Kasir

Sehabis mengisi formulirnya, Anda bakal menunggu sampai nama Anda dipanggil. Berikutnya loket kasir bakal membagikan data jumlah pajak yang wajib dibayarkan. Berikutnya, bayar pajak kendaraan bermotor di loket kasir tersebut.

  1. Menunggu Lembar Pajak STNK

Sehabis membayar pajak seperti nominal yang keluar, petugas bakal membagikan Anda struk pembayaran pajak. Selanjutnya, duduklah buat menunggu lembar pajak STNK yang baru berakhir terbuat.

Berikutnya Anda bakal dipanggil kembali buat menerima lembar STNK baru Anda. STNK baru Anda telah terdapat di tangan Anda. Itu artinya, kendaraan bermotor Anda telah lulus pajak sepanjang satu tahun.

Tipe Pajak Kendaraan Bermotor

Dilihat dari pembayarannya, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dibagi jadi 2 tipe. Pertama, ialah Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan serta Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan.

Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan merupakan pajak teratur yang wajib dibayarkan tiap tahunnya, sekilas seperti Pajak Pemasukan (PPh). Dapat dibayarkan secara offline ataupun online lewat e-samsat.

Sementara itu, Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan merupakan pajak teratur yang wajib dibayarkan tiap 5 tahun sekali. Pajak ini mengharuskan Anda pergantian STNK dan pelat kendaraan.

Untuk PKB 5 tahunan, harus menunaikan bayar pajak ke kantor SAMSAT. Ini disebabkan, tipe pembayaran PKB 5 tahunan belum dapat dicoba lewat e-SAMSAT. E-Samsat bisa jadi sarana online yang efektif dalam transaksi bayar pajak motor di Samsat.