Cara Melihat IMEI iPhone, Sebelum Membeli Cek Keaslian Ponsel

Cara Melihat IMEI iPhone, Sebelum Membeli Cek Keaslian Ponsel

Cara melihat IMEI iPhone sangatlah penting untuk diketahui oleh para pengguna produk Apple. Sekarang untuk mengetahui cek IMEI iPhone yang resmi atau pun nomor seri smartphone bisa dicoba dengan beragam cara. Tiap perangkat ponsel memiliki nomor yang digunakan sebagai identitas aslinya.

Apa Itu IMEI?

IMEI atau pun kepanjangan dari International Mobile Equipment Identity mempunyai fungsi yang sangat penting guna mencegah terjadinya penyalahgunaan ketika perangkat dicuri orang. Para pemiliknya pun dapat langsung melakukan pemblokiran nomor IMEI dengan Anda hubungi operator.

Orang lain tidak bisa menggunakan nomor operator selain pemilik perangkat tersebut. Ada beberapa ponsel impor yang harus mempunyai status IMEI iPhone terdaftar langsung di Kementerian Perindustrian Indonesia.

Sementara itu, IMEI iPhone in pun tidak bisa terdaftar lagi bila sudah diblokir, sehingga Anda akan sulit melakukan pengecekannya. Maka dari itu, di bawah ini ada sejumlah cara cek iPhone resmi yang harus diketahui para pengguna.

Cara Melihat IMEI iPhone dengan Berbagai Metode

Saat Anda ingin membeli iPhone, alangkah baiknya untuk cari tahu apakah IMEI pada bodi ponsel sama dengan di dosboxnya. Para penjual sering kali mencarar IMEI guna keperluan klaim garansi semua jenis produk smartphone, termasuk iPhone.

Langkah yang bisa Anda coba untuk cari tahu IMEI iPhone ini ada beberapa metode sudah kami rangkum langsung dari website resmi Apple, antara lain :

  1. Cek IMEI dari Sistem iPhone

Cara satu ini memang sangat mudah sekali dilakukan yakni dengan melihat pada pengaturan sistem ponsel. Anda tinggal masuk saja ke dalam menu pengaturan, pilih General dan About.

Nah, pada menu About inilah Anda bisa langsung mencari IMEI iPhone. Selain itu juga, pengguna bisa cek ICCID dari dalam menu tersebut.

  1. Lihat dari Fisik Bodi Ponsel

Pada bagian bodi fisik ponsel biasnya sudah tertera kode IMEI. Untuk melihatnya, Anda bisa buka casing bagian belakang iPhone dan lepas langsung baterai ponselnya. Nah, nomor IMEI sudah tertera di sisi bagian dekat slot kartu SIM.

  1. Gunakan Kode Khusus

Selain dengan kedua cara di atas, pengguna iPhone juga bisa cek IMEI melalui panggilan telepon dengan ketik kode *#06#, maka secara otomatis layar ponsel akan menampilkan nomor IMEI milik Anda.

  1. Cek Langsung dari iTunes

Salah satu fungsi dari iTune ini ialah dapat langsung cek kode atau nomor IMEI. Caranya sederhana, tinggal hubungkan saja iPhone ke komputer yang sudah ada iTunes-nya.

Lalu, Anda bisa pilih menu Library yang ada di iTunes, maka secara otomatis seluruh data dari ponsel Anda akan muncul di layar monitor, termasuk juga nomor IMEI.

Kenali Fungsi Nomor IMEI pada iPhone

Nomor IMEI ini merupakan bagian terpenting yang ada pada ponsel. Tetapi, tidak banyak orang yang sadar kegunaan dari IMEI tersebut.

Mereka kadang mengabaikan pengecekan nomor IMEI saat membeli iPhone. Padahal, pihak penjual pun ternyata tidak memberikan jaminan keaslian dari produk Apple.

Selain bisa digunakan untuk membedakan produk iPhone asli dengan yang palsu, IMEI juga berfungsi untuk menghindari pencurian ponsel Anda. Caranya juga sederhana, saat ponsel Anda dicuri, maka segera laporkan kejadian tersebut langsung ke provider seluler.

Maka, pihak provider akan langsung melakukan pelacakan keberadaan iPhone Anda yang sudah dicuri. Lalu, mereka akan segera membantu untuk melakukan pemblokiran sementara waktu.

Nantinya, pencuri tidak akan bisa menggunakan ponsel Anda lho. Pastinya keseluruhan data yang ada di dalamnya juga akan aman. Pihak provider juga bisa melacak keberadaan ponsel Anda.

Pengecekan nomor IMEI memang penting sekali Anda lakukan ketika akan membeli iPhone, oleh sebab itulah, Anda bisa lakukan pembelian secara offline saja supaya dapat mengetahui keaslian produk tersebut.

Sebagian pengguna smartphone kadang tidak terlalu peduli dengan nomor IMEI pada ponselnya. Pada kenyataannya, nomor tersebut sangatlah penting agar bisa mengetahui keaslian dari produk iPhone yang hendak Anda beli.

Selain itu juga, cara melihat IMEI iPhone harus bisa Anda ketahui dengan beberapa langkah di atas. Jikalau suatu saat terjadi pencurian ponsel, Anda lebih mudah untuk melakukan pelacakan dari nomor tersebut.