Cara Menggunakan Software Antivirus Perlu Diperhatikan

Cara Menggunakan Software Antivirus Perlu Diperhatikan

Software antivirus dipasang pada laptop atau komputer memberikan manfaat. Terlepas dari manfaat, ternyata pemasangan software ini mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat. Alasannya adalah saat Anda memakai software ini, resource komputer akan ikut terpakai.

Belum lagi setiap file yang akan dijalankan atau dibuka perlu melewati proses pengecekan terlebih dahulu oleh software ini. Inilah yang membuat pengoptimalan penggunaan penting diperhatikan.

Mengenai cara efektif pemakaian software ini akan dijelaskan pada pembahasan berikut. Namun sebelum itu, Anda perlu memahami fungsi antivirus untuk melindungi device dari malware berbahaya.

Pemasangan Software Antivirus untuk Melindungi Device dari Malware

Salah satu upaya untuk melindungi device dari malware yaitu dengan memasang aplikasi antivirus. Tugas utama dari antivirus adalah menjaga laptop atau komputer dari gangguan serta ancaman virus, terutama berjenis berbahaya.

Nantinya device dari file maupun program yang dianggap mencurigakan serta mengancam keamanan sistem akan terlindungi oleh penggunaan aplikasi ini. Selain itu, device akan dipindai untuk mendeteksi serta membersihkan malware.

Lebih menguntungkannya lagi, aplikasi ini akan memberikan update yang dilakukan untuk memberikan perlindungan terbaik secara otomatis. Aktivitas updatenya secara berkala atau rutin. 

Cara Efektif Menggunakan Antivirus Penting Diperhatikan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan antivirus biasanya menyebabkan kinerja komputer menjadi lebih lambat. Situasi ini bisa menghambat aktivitas penting. Anda bisa menerapkan cara efektif menggunakan perangkat lunak antivirus, beberapa diantaranya:

  1. Memasang Antivirus Tidak Terlalu Banyak

Aplikasi ini memang memberikan manfaat, tapi Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak memasangnya. Hal ini karena bisa memakan kapasitas resource komputer secara berlebihan.

Bukannya mendapatkan manfaat utamanya malah bisa menurunkan secara drastis kinerja dari komputer. Dampak yang lebih parah, antar antivirus bisa saling menyerang. Sebab keduanya beranggapan bahwa antivirus lain itu merupakan virus yang harus dibasmi.

  1. Atur Jadwal Scan Saat PC Tidak Dipakai

Penting dipahami bahwa proses scan ini membutuhkan waktu serta resource cukup banyak. Inilah yang membuat mengatur jadwal scan saat PC tidak dipakai penting dilakukan. Usahakan komputer mati otomatis usai proses scan selesai.

  1. Atur Jadwal Update

Cara efektif berikutnya yaitu aturlah jadwal update. Seperti kita tahu bahwa proses update ini memerlukan waktu cukup lama dan harus memiliki koneksi internet lancar. Jadi, sebaiknya atur jadwal update saat komputer sudah tidak lagi digunakan.

Sebab, bila Anda mengupdate saat komputer digunakan, kinerjanya bisa terhambat. Selain itu koneksi internet juga terganggu. Daripada menimbulkan kendala saat menggunakannya, lebih baik melakukan antisipasi.

  1. Hilangkan Konfirmasi Berlebihan

Akan sangat membuang waktu tentu saja bila setiap kali terdeteksi muncul virus, aplikasi memberikan notifikasi konfirmasi untuk melakukan klik tombol tertentu. Jadi, Anda perlu mengatur supaya notifikasi yang tampil hanya sesaat atau bisa menghilangkannya saja.

  1. Gunakan yang Memiliki Lisensi Pro atau Freeware

Cara efektif terakhir tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah gunakan software yang memiliki lisensi pro atau freeware. Tidak ada salahnya memakai versi trial, tapi biasanya Anda akan disibukkan dengan notifikasi konfirmasi dan informasi beralih ke versi berbayar.

Tips Menggunakan Antivirus Supaya Memperoleh Manfaat Maksimal

Supaya mendapatkan software yang memberikan manfaat maksimal, Anda perlu mencermati kebutuhan antivirus seperti apa untuk komputer atau laptop yang dimiliki. Pasalnya, kebutuhan ini untuk setiap pengguna akan berbeda-beda.

Perannya akan semakin penting seiring semakin tingginya Anda melakukan interaksi memakai komputer. Tujuannya tidak lain untuk menjaga keamanan komputer. Selain itu, bagaimana cara melakukan scan virus secara efisien dan efektif juga akan memberikan dampak signifikan.

Ada banyak produk antivirus yang bisa Anda pilih, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Untuk software antivirus versi gratis juga bisa Anda dapatkan, tapi pastikan mampu diandalkan supaya efektif dalam membasmi virus.