Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Oppo

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Oppo

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo yang dapat diterapkan ada dua, yaitu menyembunyikan melalui Pengaturan di HP atau dengan menggunakan pihak ketiga. Tujuan menyembunyikan ini adalah untuk melindungi data penting dan data pribadi Anda.

App seperti Mobile Banking, e-money, media sosial dan lain sebagainya merupakan App yang menyimpan data-data penting dan privasi. Dengan menyembunyikan App tersebut dapat meminimalisir orang-orang sekitar yang ingin tahu isi HP Anda.

Bagi para pengguna HP Oppo, terdapat cara-cara yang cukup mudah untuk dilakukan agar dapat menyembunyikan aplikasi penting. Berikut cara menyembunyikan aplikasi yang ada di HP Oppo baik itu menggunakan pihak ketiga atau melalui Pengaturan di HPcc.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Melalui Pengaturan

Cara pertama adalah melalui menu Pengaturan yang ada pada HP Oppo Anda, sehingga tidak perlu download App tambahan dahulu. Caranya yaitu dengan mengakses menu Pengaturan, lalu atur penyembunyian melalui smartphone Oppo Anda. Langkahnya sebagai berikut.

  1. Cari menu Pengaturan
  2. Pilih Keamanan dan pilih Kunci Aplikasi
  3. Lalu buat dan masukkan kode verifikasi
  4. Apabila kode verifikasi telah dibuat, pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan
  5. Kemudian pilih Aktifkan Verifikasi Kode Sandi
  6. Selanjutnya buatlah nomor akses 16 karakter
  7. Pilih Selesai Untuk Menyimpan
  8. Dengan ini App telah disembunyikan

Sembunyikan dengan Aplikasi AppLock dan Aplikasi Microsoft Launcher

Cara selanjutnya merupakan cara menggunakan pihak ketiga atau dengan bantuan aplikasi tambahan. App ini bernama AppLock. Ini merupakan salah satu App pilihan banyak orang saat ini. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Download AppLock melalui Google Playstore
  2. Setelah terdownload, buka AppLock
  3. Buat kunci pola dan pilih aplikasi yang ingin disembunyikan
  4. Bila telah dipilih, berikan akses data App Lock Usage
  5. Tekan tombol kembali untuk kembali ke menu utama AppLock
  6. Aplikasi Anda akan tersembunyi otomatis

Microsoft Launcher dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo. Menggunakan Microsoft Launcher ini juga tidak terlalu sulit. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  1. Unduh Microsoft Launcher di Playstore
  2. Buka Microsoft Launcher tersebut
  3. Pilih titik tiga yang berada pada pojok kanan atas
  4. Cari pilihan Hide App
  5. Lalu pilih Aplikasi yang ingin disembunyikan
  6. Setelah dipilih akan otomatis menghilang dari Homescreen HP Anda
  7. Untuk dapat mengembalikan penyembunyian tersebut, hanya perlu kembali ke fitur di Microsoft Launcher, lalu pilih Unhide

Menggunakan Aplikasi Apex Launcher dan Aplikasi App Hider

Apabila Anda kurang berminat dengan Microsoft Launcher, launcher berikutnya dapat Anda coba yaitu Apex Launcher. Untuk menggunakannya juga tergolong mudah dan tidak terlalu sulit. Berikut langkah-langkah menggunakannya.

  1. Buka Playstore lalu download aplikasi Apex Launcher
  2. Buka menu Setting dengan cara menahan sebentar layar utama HP
  3. Lalu pilih menu Hidden Apps
  4. Pilih Add Hidden Apps, lalu centang aplikasi yang ingin disembunyikan
  5. Klik Hide Apps jika sudah memilih

Selain aplikasi yang disebutkan diatas, Anda juga dapat menggunakan App Hider. Di Playstore, jumlah unduhan App Hider ini adalah 10 juta pengguna. App Hider memiliki tampilan yang sederhana.

Tampilan sederhana ini menjadikan App Hider menjadi ramah pengguna atau user friendly. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Hanya dengan mengunduh melalui Playstore. Lalu buka App Hider, selanjutnya pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Gunakan pin untuk menyembunyikan aplikasi yang Anda pilih, sehingga nantinya teman Anda tidak dapat sembarangan membuka HP Anda. App Hider ini juga sangat canggih karena file disembunyikan selanjutnya akan diimpor dan dapat secara bersamaan disembunyikan.

Demi menjaga privasi di smartphone, banyak orang menggunakan aplikasi agar dapat menyembunyikan aplikasi yang dianggap penting. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo yang telah dijelaskan diatas dapat digunakan di HP Oppo tipe lama atau baru.