Aplikasi SIAp Apoteker

Aplikasi SIAp Apoteker Mempercepat Proses Administrasi

Aplikasi SIAp Apoteker adalah system online yang memudahkan melayani keanggotaan apoteker seperti pendaftaran anggota, mutasi antar daerah dan sertifikasi kompetensi. SIAp atau Sistem Informasi Apoteker memudahkan informasi sampai dengan cepat.

Aplikasi ini menyebarkan informasi berupa kegiatan apoteker Indonesia dan layanan yang diberikan mitra. Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, Anda wajib terdaftar dan memiliki akun online SIAp.

Aplikasi untuk apoteker ini dikembangkan mulai bulan November 2018 dari aplikasi yang digunakan oleh pengurus Ikatan Apoteker Indonesia di Jawa Barat.

Mengenal Manfaat Aplikasi SIAp Apoteker

Aplikasi online SIAp dapat membantu apoteker dalam melakukan kegiatan administrasi seperti pendaftaran anggota, memberikan rekomendasi mutasi, pelaporan satuan kredit profesi, resertifikasi kompetensi, serta memberikan informasi terkait yang up to date.

Bagi apoteker, dapat mengaksesnya melalui www.apoteker.or.id. Manfaat yang bisa dirasakan dengan adanya teknologi ini adalah efisiensi waktu dan biaya, proses yang cepat serta pengisian online yang dapat dilakukan dimana saja, informasi yang lebih terbuka dan transparan.

Perangkat untuk Mengakses SIAp Apoteker

Sebelum mengakses aplikasi tersebut, terlebih dahulu Anda harus menyimpakan perangkat keras beserta perangkat lunak yang dapat mensupportnya. Perangkat lunak yang sebaiknya Anda gunakan adalah browser Chrome, Mozilla atau Opera.

Sedangkan perangkat keras yang disarankan adalah laptop, PC, handphone atau tablet dengan jaringan internet yang stabil serta dapat digunakan untuk mengakses internet dan melakukan upload dokumen.

Cara Mengakses Aplikasi Online Apoteker

Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan beberapa dokumen pribadi yang diminta.

Dokumen Pendaftaran Aplikasi SIAp

Ada beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan untuk bisa mengakses aplikasi ini. Berikut dokumen yang harus Anda siapkan adalah:

  • E-KTP
  • Ijasah terakhir apoteker
  • Surat Domisili dari Kelurahan setempat
  • Sertifikat kompetensi yang Anda miliki
  • Surat Tanda Registrasi Apoteker
  • Surat yang menunjukkan sumpah Apoteker
  • Ijin Praktik
  • NPWP
  • Bukti bayar iuran terakhir (opsional)

Dokumen tersebut di atas diunggah dengan ukuran 500 kb dan format gambar png atau jpg.

Langkah Pendaftaran Akun SIAp

Anda harus melakukan pendaftaran aplikasi SIAp ini melalui situs www.apoteker.or.id. Langkah – langkah mendaftar akun SIAp adalah:

  1. Klik tombol Daftar
  2. Pendaftaran dapat dilakukan menggunakan Nomor Anggota agar proses perekaman data lebih cepat.
  3. Unggah foto diri formal terbaru.
  4. Masukkan alamat e-mail Anda.
  5. Isi formulir pendaftaran sesuai data Anda.
  6. Klik aktivasi layanan
  7. Masukkan dokumen pribadi dengan benar.
  8. Bila Anda sudah memasukkan dokumen pribadi dengan lengkap, akan muncul ceklist hijau yang berarti permohonan telah selesai dibuat.
  9. Selanjutnya Anda perlu membayar biaya administrasi 100 ribu rupiah agar permohonan aktivasi dapat diproses.
  10. Setelah membayar, Anda perlu menguload bukti pembayaran.
  11. Klik tombol selanjutnya.
  12. Tunggu proses aktivasi kurang lebih selama 7 hari.
  13. Proses telah selesai bila status menunjukkan konfirmasi PP.

Teknologi sudah merambah ke berbagai bidang, termasuk juga di bidang apoteker. Mengadopsi dan mengembangkan aplikasi dari pengurus apoteker di Jawa Barat, pada bulan November 2018 telah diluncurkan aplikasi Sistem Informasi Apoteker.

Aplikasi tersebut memungkinkan proses administrasi apoteker dengan mudah dan cepat. Termasuk manfaat yang bisa diproses adalah pendaftaran anggota, memberikan rekomendasi mutasi, pelaporan satuan kredit profesi, resertifikasi kompetensi, serta memberikan informasi terkait yang up to date.

Agar Anda dapat mengetahui informasi terkini terkait bidang Apoteker dari pengurus daerah dan pengurus pusat maka Anda wajib membuat aku. Aplikasi SIAp Apoteker dapat diakses melalui website www.apoteker.or.id.