Rekomendasi Software Recovery Data yang Terbaik

Rekomendasi Software Recovery Data yang Terbaik

Bila Anda pernah kehilangan data, jangan khawatir, kini ada software recovery data terbaik. Kali ini kami akan membahas seputar perangkat lunak untuk pemulihan data. Dengan begitu, Anda bisa segera mendapatkan kembali data tersebut.

Tidak bisa dipungkiri, kehilangan data secara tiba-tiba mungkin membuat Anda panik. Apalagi jika data tersebut sangat penting dan dibutuhkan segera. Wajar bila hal seperti akan mengganggu mood sepanjang hari, bahkan sampai stress sekalipun.

5 Rekomendasi Software Recovery Data Terbaik

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, ada solusi aman untuk memulihkan data yang hilang. Dibawah ini kami berikan 5 rekomendasi software data terbaik 2022. Diantaranya:

  1. Recuva

Software pemulihan data yang pertama adalah Recuva. Perangkat satu ini menjadi solusi ampuh untuk memulihkan data secara gratis.

Kelebihan Recuva adalah mudah digunakan, selain itu Anda juga dapat menemukan dan mengambil kembali folder, dokumen, file dan beragam informasi yang sebelumnya pernah terhapus.

  1. Easus Data Recovery Wizard Free

Perangkat lunak selanjutnya adalah Easeus Data Recovery Wizard Free. Aplikasi ini dikhususkan untuk menangani masalah apabila data Anda terhapus secara tidak sengaja.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengembalikan berbagai data yang ada, mulai dari file gambar, musik, dokumen, video, email, dan data penting lainnya. Perangkat lunak satu ini memiliki UI yang sangat simple dan mudah digunakan.

Terlepas dari hal itu, aplikasi ini hanya bisa mengembalikan data yang berukuran 2 GB saja. Namun jika Anda ingin mendapatkan versi unlimited atau tanpa batas, Anda bisa beralih ke program pro dan membelinya.

  1. TestDisk

Software pemulihan data gratis berikutnya adalah TestDisk yang dapat memulihkan partisi yang hilang. TestDisk sendiri merupakan perangkat lunak open source dan multi-platform sehingga bisa digunakan di berbagai jenis OS.

Anda juga bisa menggunakan TestDisk jika mengalami kerusakan pada partisi hard disk. Misalnya partisi yang tiba-tiba hilang, partisi yang tidak terisi hingga partisi RAW di Manajemen Disk Windows.

Biasanya hal ini disebabkan oleh partisi yang menghapus atau memformat daya secara tidak sengaja, menginstal ulang, pembaruan perangkat lunak hingga salah melakukan konfigurasi selama instalasi dual-boot dengan Linux/*BSD.

  1. Disk Drill

Untuk memulihkan data pada Windows 10, maka jawabannya adalah Disk Drill. Ya, aplikasi terbaik ini juga bisa diakses secara gratis.

Salah satu fitur yang cukup keren adalah dapat mendukung banyak OS, mulai dari Windows, macOS, iOS, hingga Android. Bahkan Anda bisa melakukan recovery pada smartphone dengan menghubungkannya ke komputer melalui kabel data.

Disk Drill sendiri bisa digunakan untuk memulihkan data yang terhapus. Baik itu yang berupa gambar, dokumen, musik, dan video. Selain itu, Disk Drill juga mampu untuk mengembalikan file yang ter replace secara tidak sengaja.

  1. Undelete 360 

Selanjutnya adalah Undelete 360, salah satu program terbaik untuk memulihkan file yang terhapus, baik dengan sengaja ataupun tidak.

Adapun file yang dapat dipulihkan bisa dari hard drive komputer, memory stick, USB/thumb drive, hingga kartu memori yang digunakan pada kamera, smartphone, pen drive, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Undelete 360 ​​juga mendukung pemulihan file dan folder. Cara kerjanya sendiri dimulai dengan menelusuri dan mencari file yang terhapus pada drive yang Anda simpan.

Lebih kerennya lagi, software ini memungkinkan Anda melihat file yang ditemukan berdasarkan kategori. Baik itu Applications, Group By, PDFs, Bitmaps, GIF graphics, dan lain sebagainya.

Penyebab dari Hilangnya Data Windows

Ada berbagai penyebab kehilangan data, mulai dari pemformatan, kerusakan OS, kerusakan hard disk, dan alasan umum lainnya. Bila hal ini terjadi, pasti Anda membutuhkan pemulihan data untuk mendapatkan bantuan.

Tidak perlu khawatir, karena sekarang ini ada beberapa aplikasi yang bisa diakses secara gratis ataupun berbayar untuk memulihkan data yang hilang. Dengan begitu, data penting Anda bisa segera kembali.

Software Pemulihan Data yang Terbaik

Sebagian besar perusahaan biasanya menggunakan perangkat lunak profesional untuk mengembalikan data yang hilang. Beberapa perangkat lunak yang paling umum dan kerap digunakan adalah recuva dan disk drill.

Itu dia beberapa rekomendasi yang bisa Anda pilih dengan menggunakan software recovery data, maka berbagai file seperti foto, video dan beragam folder dapat terpulihkan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakannya