Berbagai Pilihan Software Animasi 3D yang Bisa Anda Pilih

Berbagai Pilihan Software Animasi 3D yang Bisa Anda Pilih

Semua film animasi atau kartun yang sering Anda lihat di televisi tidak akan pernah ada tanpa adanya software animasi 3D. Berbagai film terkenal seperti toy story, cars, coco, final fantasy, dan lain-lain pasti diciptakan menggunakan perangkat lunak ini.

Proses pembuatannya juga sangat jauh dari kata mudah. Ada banyak proses perlu dilalui dalam pembuatan film kartun, mulai dari modeling, texturing, rigging, animating, dan rendering.

Belum lagi ada tahapan mulai dari tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi yang digunakan untuk membuat animasi 3D. Tenang saja, jika Anda berminat untuk membuat animasi 3D, kami punya beberapa rekomendasi perangkat lunak animasi 3D yang bisa membuat Anda handal layaknya profesional.

Pengertian dari Software Animasi 3D dan Kegunaannya

Sebelum itu, untuk menjadi seorang animator profesional dan juga handal, ketahui dulu apa itu pengertian dari perangkat lunak pembuat aplikasi ini dan apa saja kegunaannya.

Perangkat lunak animasi 3D adalah perangkat lunak yang berbentuk aplikasi dengan kegunaannya yaitu untuk membuat animasi 3D. Kartun 3D sendiri merupakan pengembangan dari kartun 2D yang membuat karakter di dalam filmnya menjadi semakin hidup dan nyata mendekati wujud manusia sesungguhnya.

Semakin berkembangnya teknologi, semakin bagus juga kartun yang dihasilkan oleh para animator handal. Bahkan para developer film kartun sampai memerhatikan keseluruhan detail dari sebuah objek, seperti misalnya rambut, alis, bahkan sampai detail kecil sekalipun.

Rekomendasi Perangkat Lunak Animasi 3D

Kemudian setelah itu, barulah masuk ke dalam pembahasan perangkat lunak animasi 3D yang sering dipakai oleh profesional. Penasaran apa saja? Berikut kami berikan beberapa rekomendasinya.

  1. Blender

Perangkat lunak yang paling terkenal dan sering dipakai oleh profesional dalam membuat kartun adalah Blender. Aplikasi satu ini memiliki cukup banyak fitur dengan tujuan untuk memudahkan Anda dalam membuat sebuah film kartun.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh blender diantaranya ada fitur modeling, animating, simulating, rigging, rendering, motion tracking sampai dengan composing. Semua fitur tersebut membuatnya cocok untuk Anda yang ingin membuat film kartun atau video game.

  1. Maya

Perangkat lunak atau aplikasi pembuat kartun kedua adalah Maya. Aplikasi satu ini juga cukup terkenal dan memiliki banyak penggemar karena banyaknya fitur yang dimilikinya.

Maya juga menjadi salah satu aplikasi langganan oleh animator profesional untuk digunakan film kartun sampai efek visual sekelas film-film keluaran Hollywood.

Dengan menggunakan Maya, Anda bisa mencoba untuk membuat dan mengembangkan game maupun film kartun. Beberapa fitur yang ada di dalam Maya diantaranya adalah modeling, animation, sampai dengan coloring.

  1. Cinema 4D

Perangkat lunak selanjutnya adalah Cinema 4D. Cinema 4D menjadi aplikasi yang digemari oleh banyak profesional pada dunia pertelevisian dan periklanan karena mempunyai fitur high speed canggih.

Jika berbicara mengenai kelengkapan fitur, perangkat lunak ini cukup kalah dari Maya dan Blender. Namun, Cinema 4D memiliki kurva lembut yang membuatnya cocol digunakan untuk animator pemula.

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, Anda bisa langsung menggunakan fitur-fitur di dalamnya mulai dari pemotongan adegan sampai pada pengembangan konsep.

  1. Mixamo

Mixamo menjadi perangkat lunak ramah akan animator pemula. Maximo siap membuat Anda lebih mengenal serba-serbi animasi 3d mulai dari A sampai Z. Keunggulan lain yang dimiliki perangkat lunak ini adalah memiliki sistem kerja lebih cepat dari aplikasi lain.

Hal tersebut menjadikannya poin plus untuk animator pemula agar lebih cepat dalam proses pembuatan dan pengaturan animasi buatannya.

  1. Zbrush

Zbrush sangat cocok untuk animator pemula, fitur di dalamnya bisa sangat membantu untuk belajar mengenai modeling 3D, pahat, dan texturing. Zbrush juga dapat digunakan untuk membuat abstrak tentang karakter yang akan dibuat.

Tools untuk Memudahkan Proses Pembuatan Animasi 3D

Ada beberapa tools wajib, untuk seorang animator pemula miliki untuk memudahkan proses pengerjaan karyanya. Dengan memiliki alat ini, bisa meningkatkan performa Anda saat mendesain.

  1. PC atau Laptop yang mumpuni

Kebanyakan aplikasi desain memiliki sistem operasi cukup berat. Jadi jika perangkat yang digunakan tidak cukup baik, pasti akan menurunkan kinerja PC Anda. Paling tidak PC atau laptop Anda sudah harus mendekati level high end untuk bisa merasakan performa maksimal menggunakan software 3D.

  1. Pentab

Pentab atau pen tablet menjadi tools yang wajib dimiliki selanjutnya. Alat ini memudahkan animator untuk menggambar, membuat sketsa, sampai mewarnai seperti halnya dilakukan di atas kertas.

Membuat animasi 3D itu susah-susah gampang. Selain harus memiliki skill dalam menggambar, Anda juga harus pandai menggunakan software animasi 3D yang telah dibahas dan disebutkan dalam pembahasan diatas.