Pentingnya Software Pythone Bagi Kehidupan Manusia Modern

Pentingnya Software Pythone Bagi Kehidupan Manusia Modern

Menurut indeks komunitas pemrograman TIOBE terbaru, software python merupakan salah satu dari 10 bahasa program terpopuler. Python menjadi bahasa umum dan menduduki tingkatan paling tinggi dalam dunia pemrograman.

Kebanyakan programmer menggunakan pemrograman tersebut untuk mengembangkan aplikasi GUI desktop, situs web, dan apps berbasis website. Bahasa tersebut memungkinkan Anda untuk fokus pada fungsionalitas inti aplikasi dengan program tugasnya.

Menjadi salah satu bahasa yang mengalami pertumbuhan dan mendapatkan popularitasnya dari tahun ke tahunnya. Dilihat dari pertumbuhannya, beberapa pihak mengatakan python akan mampu menyaingi semua bahasa yang ada di dunia.

Alasan Pentingnya Mempelajari Program Software Python

Seperti sudah disinggung, bahwa ini merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk rekayasa perangkat lunak. Ini adalah sisi server yang bertanggung jawab untuk memproses logika dibalik input penggunanya.

Awal perkembangannya adalah akhir 1980-an oleh Guido Van Rossum dan penciptaannya memberikan berbagai kemudahan. Tidak hanya itu, bahasa tersebut memungkinkan modularitas program dan penggunaan kode kembali.

Menjadi program paling banyak diminati dan dapat diakses dengan komunitas yang terus berkembang. Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa Anda perlu mempelajari bahasa program Python.

  1. Merupakan salah satu bahasa yang ramah bagi penggunanya.
  2. Bahasa program paling mudah dipelajari.
  3. Merupakan program universal dan digunakan oleh semua jenis operasi.
  4. Berperan sebagai pengujian suatu ide maupun produk dari dunia industri.
  5. Mendukung operasi big data dan mendukung komputasi parallel.

Pekerjaan Ini Membutuhkan Penguasaan Python

Berada dalam dunia teknologi di mana kecerdasan buatan telah menyatu dengan kehidupan manusia. Tidak hanya itu, smartphone juga telah dimiliki oleh setiap manusia dan bahkan menjadi kebutuhan.

Berkat itu, ada banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan program menggunakan python, bahkan perusahaan sekelas Instagram, Netflix, Google juga membutuhkannya. Berikut adalah pekerjaan yang membutuhkan skill python.

  1. Seorang developer di mana akrab dengan banyak data, sehingga akan lebih mudah jika menggunakan bahasa program.
  2. Seorang Manajer Produk yang bertanggung jawab meneliti fitur pengguna baru dan menemukan celah di pasar.
  3. Seorang analis data berperan dalam menemukan data-data baru atau semacamnya melalui internet.
  4. Seorang penasihat keuangan bekerja menganalisis bank, memangkas biaya, serta meningkatkan pendapatan.
  5. Seorang insinyur mesin di mana bertugas memasukkan data dan memanfaatkan kemampuan python untuk mengotomatisasi serta menangani algoritme.

Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python

Program yang umumnya digunakan untuk mengembangkan situs web, perangkat lunak, otomatisasi tugas, analisis dan visualisasi data. Karena mudah dipelajari bahasa tersebut telah diadopsi oleh banyak non-programer untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.

Menjadi program paling mudah dipahami bahkan untuk seorang pemula, Anda bisa memahaminya dengan mudah hanya dalam beberapa minggu saja. Jika tertarik, sebelum menuju tingkat tinggi, berikut beberapa dasar bahasa Python.

  1. Input yang merupakan tahapan memasukkan data sebelum akhirnya di proses oleh komputer.
  2. Data merupakan kumpulan huruf maupun angka dalam bentuk mentah yang akan diolah menjadi informasi.
  3. Operasi merupakan kegiatan mengubah suatu nilai menjadi bentuk lainnya.
  4. Kondisional merupakan jumlah perintah yang akan dijalankan oleh komputer ketika kondisi tertentu sudah berhasil dipenuhi, misalnya adalah username dan password.
  5. Looping adalah pengulangan dari perintah yang diperintahkan melalui program ketika suatu kondisi telah terpenuhi.
  6. Subroutine merupakan code section di mana digunakan secara berulang pada suatu program sama.
  7. String handling merupakan proses pencarian dan pemeriksaan variable serta jumlah karakter tertentu, contohnya adalah memeriksa kuat tidaknya kata sandi.

Ada banyak hal yang akan didapatkan ketika Anda mempelajari dan menguasai bahasa pemrograman satu ini. Kepopuleran software python membuat hampir seluruh program di dunia dijalankan menggunakan bahasa tersebut.