Kue-Kue Khas Idul Fitri dari Berbagai Daerah di Indonesia yang Wajib Dicoba

Kue-Kue Khas Idul Fitri dari Berbagai Daerah di Indonesia yang Wajib Dicoba

Pada saat lebaran pasti anda akan menemui berbagai hidangan khas seperti kue-kue khas idul fitri dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib dicoba karena hanya akan ditemui pada saat lebaran saja.

Anda pasti sudah tidak asing dengan suasana lebaran di Indonesia, biasanya pada saat idul fitri akan identik dengan acara makan dan kumpul keluarga besar.

Akan ada banyak hidangan dari mulai makan besar sampai dengan kudapan kue-kue khas idul fitri. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing berikut ini kue khas yang bisa Anda coba pada saat lebaran nanti.

Kenali Kue-Kue Khas Idul Fitri dari Berbagai Daerah di Indonesia yang Wajib Dicoba

Ingin tahu kue khas idul fitri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, berikut ini daftar kue khas idul fitri yang wajib untuk dicoba pada saat lebaran nanti.

  1. Baruasa

Baruasa ini berasal dari daerah Sulawesi Selatan, bentuknya sangat mirip dengan biskuit bayi tetapi memiliki rasa dominan manis dan juga gurih khas kelapa. Tetapi jika Anda ingin mencoba biskuit khas Sulawesi selatan akan sulit ditemukan terutama di luar daerah.

Untuk mendapatkannya Anda bisa memesannya melalui e-commerce atau mencoba untuk membuatnya sendiri.

  1. Keciput

Pernah mendengar kue-kue khas idul fitri dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib dicoba ini, keciput adalah kue asal dari jawa tengah bentuknya kecil-kecil bulan dan juga berwarna-warni.

Kudapan ini sangat mirip dengan hidangan onde-onde karena dibalur juga oleh biji wijen, teksturnya sangat renyah tanpa isian. cara membuatnya juga sangat mudah, anda hanya perlu membuat adonan bulat dengan bahan dasarnya tepung ketan dan juga maizena.

Tambahkan pewarna makanan dan balurkan dengan biji wijen lalu goreng sampai dengan matang. Rasanya manis dan sangat lezat untuk membuat lebaran Anda lebih berwarna.

  1. Biji Ketapang

Kue kering tradisional ini berasal dari DKI Jakarta khas Betawi yang dibuat mirip sekali dengan biji buah Ketapang. Itulah alasannya mengapa kue kering ini disebut sebagai biji Ketapang, bahan dasarnya juga sangat simpel yaitu terigu, mentega, dan juga telur.

Cita rasa kue biji ketepang ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing jika membuatnya sendiri. Kue ini sudah pasti akan ditemukan jika Anda berkunjung ke keluarga Betawi untuk bersilaturahmi saat lebaran.

  1. Engkak Ketan

Engkak Ketan berasal dari Sumatra Selatan seperti namanya kue yang satu ini terbuat dari ketan dan sekilas terlihat dari lapis legit. Teksturnya kenyal dan juga berasa gurih cocok disajikan untuk acara keluarga dan juga idul fitri.

Tetapi sama seperti pembuatan lapis legit, engkak ketan akan diolah secara berlapis-lapis sehingga membutuhkan waktu matang yang lebih lama.

Kue Kering Khas Idul Fitri di Indonesia Wajib Dicoba

Selain kue tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, berikut ini kue-kue kering khas lebaran yang biasanya akan melengkapi hidangan saat idul fitri berikut ini.

  1. Nastar

Nastar menjadi salah satu kue kering kasta tertinggi yang pasti selalu ada pada meja setiap rumah di Indonesia. Kue nastar ini sangat populer saat lebaran sebenarnya berasal dari Bahasa belanda yaitu ananas dan tart.

Kue yang diberi selai nanas ini sekarang sudah sangat banyak variannya dari mulai selai nanas, kurma, bahkan abon. Tetapi sampai saat ini varian nanas menjadi salah satu varian klasik dan juga memiliki banyak sekali penggemarnya.

  1. Kastengel

Kue kering kastengel jadi salah satu camilan wajib yang perlu Anda coba juga saat merayakan idul fitri. Selain kue-kue khas idul fitri dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib dicoba, kue kering kastengel sudah dapat dipastikan selalu ada di setiap daerah.

Kue kastengel juga sering juga disebut sebagai kue keju memiliki cita rasa yang renyah dan juga gurih sangat cocok untuk anda yang tidak terlalu suka dengan kue manis.

  1. Kue kacang

Kue kacang merupakan kue kering yang berbahan dasar kacang tanah dan biasanya dibentuk dalam beberapa ciri khas seperti hati, bulan sabit sampai dengan bulat. Kue kacang ini merupakan kue kering dengan cita rasa yang guring dan kaya akan protein nabati sangat sehat untuk tubuh.

  1. Putri salju

Terakhir kue kering lainnya yang banyak ditemukan pada saat lebaran idul fitri adalah putri salju. Disebut kue putri salju karena kue kering ini akan dibalut dengan gula halus yang terlihat seperti salju.

Hidangan Selain Kue-Kue Khas Idul Fitiri yang Selalu Ada

Selain kue-kue khas idul fitri dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib dicoba, ada beberapa hidangan lainnya juga yang biasanya ada pada saat lebaran berikut ini.

  1. Opor ayam

Salah satu hidangan wajib yang biasanya ada pada saat idul fitri adalah opor ayam, menu wajib ini jadi menu andalan pada setiap rumah di Indonesia. Biasanya akan dikonsumsi bersama dengan ketupat nasi.

Makanan ini memiliki bahan dasar daging ayam, santan dan juga campuran rempah-rempahnya yang sangat khas. Di beberapa daerah di Indonesia memiliki cara unik untuk menyantap opor ayam dengan ketupat karena ditambahkan kacang kedelai yang sudah digoreng.

  1. Rendang

Hidangan selanjutnya yang biasanya ada di saat lebaran bersama dengan kue-kue khas idul fitri dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib dicoba adalah rendang.

Tidak ada yang menolak jika disajikan rendang, makanan khas Sumatra Barat ini biasa disajikan bersama dengan sambal goreng ati dan ketupat. Masih banyak lagi hidangan yang biasanya ada di saat lebaran idul fitri.

Indonesia memiliki banyak budaya yang berbeda di setiap daerahnya. Perbedaan budaya ini juga berpengaruh pada perbedaan kue-kue khas idul fitri dari berbagai daerah di Indonesia yang wajib dicoba saat lebaran nanti.

Related Posts