Kiat Mengatasi Rasa Lapar dan Dahaga saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Kiat Mengatasi Rasa Lapar dan Dahaga saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Butuh kiat mengatasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa di bulan Ramadhan, ini adalah salah satu tantangan yang cukup sulit bagi Sebagian orang dalam menjalankan ibadah puasa.

Alasannya karena perut yang biasanya terisi makanan dan minuman secara rutin sepanjang hari harus menyesuaikan diri tetap kosong sampai sekitar 12 jam lamanya. Apalagi biasanya rasa lapar akan sering kali muncul pada saat waktunya makan siang.

Saat perut kosong di siang hari, tentu Sebagian orang akan merasakan lemas dan malas untuk beraktivitas. Agar tidak merasakan ini lagi berikut ini beberapa kiat yang bisa digunakan untuk atasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa.

Beberapa Kiat Mengatasi Rasa Lapar dan Dahaga saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Selalu merasa lemas dan malas beraktivitas pada saat bulan Ramadhan, atasi masalah Anda dengan beberapa kiat atasi rasa lapar dan dahaga saat puasa di bulan Ramadhan berikut ini.

  1. Minum Air Putih Secukupnya

Pertama Anda harus minum air putih secukupnya untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh ketika sahur. Memenuhi kebutuhan cairan saat sahur sangat penting untuk membantu Anda menahan lapar dan dahaga.

Minum air putih secukupnya juga merupakan metode paling sederhana untuk atasi rasa lapar. Tetapi bukan berarti Anda harus minum air putih yang sangat banyak, cukupi saja kebutuhan cairan Anda secukupnya.

  1. Tetap Produktif Menjalani Aktivitas

Walaupun terkadang malas, tetapi membuat kegiatan lebih produktif akan membantu Anda teralihkan dari rasa lapar. Semakin bermalas-malasan tentu saja rasa lapar dan dahaga tidak akan teratasi.

Tetaplah menjaga produktivitas pada saat bulan Ramadhan, meskipun demikian tetapi bukan berarti Anda harus melakukan aktivitas secara berlebihan. Jika badan sudah terlalu lemas, ambilah waktu untuk beristirahat sejenak.

  1. Pilih Menu Sahur yang Tepat

Menu sahur sangat penting diperhatikan ketika Anda berpuasa di bulan Ramadhan. Ini merupakan salah satu cara mengatasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa. Karena makanan yang di makan pada saat sahur sangat berpengaruh pada kondisi perut selama menjalani ibadah puasa.

pastikan untuk pilih menu yang akan menahan rasa lapar lebih lama, seperti menu karbohidrat kompleks. Beberapa menu yang bisa Anda coba adalah roti gandum, oatmeal, beras merah dan masih banyak lagi.

Hindari untuk memakan mie instan, bubur ayam dan makanan lainnya yang hanya memberikan rasa kenyang sementara dan akan membuat Anda lemas seharian.

  1. Jaga Asupan Vitamin

Kiat mengatasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa selanjutnya jangan lupa untuk siapkan vitamin untuk tetap menjaga stamina tubuh tetap baik. Vitamin yang disaranakan untuk Anda konsumsi adalah B12 dan C, vitamin akan membantu untuk menguatkan daya tahan tubuh dan menambah energi.

  1. Perhatikan Menu Buka Puasa

Tips terakhir untuk bisa berpuasa di bulan Ramadhan menahan rasa lapar dan dahaga adalah perhatikan menu buka puasa. Hal ini berhubungan dengan kondisi tubuh Anda untuk berpuasa keesokan harinya.

Sering kali masyarakat Indonesia berbuka puasa dengan meminum teh manis dan juga gorengan, tetapi kondisi lambung membutuhkan penyesuaian selama berjam-jam tidak bekerja.

Sebaiknya minumlah teh tawar terlebih dahulu untuk mempersiapkan lambung, makanan manis memang membantu tubuh mendapatkan asupan gula yang hilang selama berpuasa tetapi harus diperhatikan juga kalorinya agar tidak menumpuk.

Makanan Sahur untuk Mengatasi Rasa Lapar dan Dahaga saat Berpuasa

Pemilihan makanan sahur adalah salah satu kiat mengatasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa di bulan Ramadhan. Ada beberapa makanan tertentu yang bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika sahur.

Berikut ini beberapa makanan sahur yang bisa mengatasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa di bulan Ramadhan.

  1. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang banyak dan membuat efek kenyang lebih lama dibandingkan dengan nasi putih. Anda bisa memakan oatmeal bersama dengan buah segar, biji-bijian, dan juga madu.

Rasanya tidak kalah nikmat dengan menu sahur lainnya, selain itu oatmeal juga lebih bergizi dan rendah kalori.

  1. Buah Apel, Mangga, dan Pir

Kiat mengatasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa adalah menambahkan asupan buah-buahan pada saat makan sahur juga bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. Buah-buahan yang memiliki serat yang banyak seperti apel, mangga dan pir akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Buah-buahan yang kaya akan serat akan jadi solusi terbaik untuk mengatasi rasa lapar dan juga dahaga ketika menjalani ibadah puasa.

  1. Telur

Makanan yang bisa menahan rasa lapar selanjutnya adalah telur, hal ini dikarenakan kandungan protein yang cukup tinggi pada telur. Selain memberikan efek kenyang, telur juga dapat menjaga kebugaran tubuh Anda menjadi tetap fit walaupun sedang berpuasa di bulan Ramadhan.

Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Akan Berpuasa di Bulan Ramadhan

Selain mengetahui beberapa makanan yang direkomendasikan dikonsumsi pada saat sahur, berikut ini daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat akan berpuasa di bulan Ramadhan.

  1. Makanan Manis

Makan-makanan yang manis memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan sangat adiktif karena pelepasan dopamine yang tinggi. Makanan yang dimaniskan baik menggunakan pemanis buatan dan gula tebu organik dapat menimbulkan rasa lapar lebih cepat.

Jadi kiat mengatasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa sebaiknya menghindari makanan manis saat sahur, seperti permen, roti yang manis, minuman yang manis dan lain-lain.

  1. Makanan Asin

Makanan yang asin juga akan meningkatkan rasa lapar karena kebutuhan energi yang harus diproses. Makanan yang asin ini akan memicu rasa haus dan dehidrasi selama Anda berpuasa di bulan Ramadhan.

Selain itu mengonsumsi terlalu banyak garam di makanan Anda akan memicu peningkatan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk menghindarinya sebaiknya Anda memakan makanan yang tidak terlalu asin.

  1. Makanan Instan dan Junk Food

Terakhir makanan yang sebaiknya dihindari oleh Anda pada saat sahur adalah makanan cepat saji dan makanan instan. Biasanya pada jenis makanan ini akan terdapat gula, lemak dan juga garam yang akan memicu rasa lapar lebih cepat.

Jadi, walaupun sedang berpuasa bukan berarti Anda boleh bermalas-malasan karena alasan lemas. Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan kiat mengatasi rasa lapar dan dahaga saat berpuasa di bulan Ramadhan untuk membuat lebih semangat dan produktif lagi.

Related Posts