Kiat Mengelola Keuangan dan Beramal di Bulan Suci

Kiat Mengelola Keuangan dan Beramal di Bulan Suci

Sebelum menyambut lebaran dengan berkah, kiat mengelola keuangan dan beramal di bulan suci harus Anda ketahui agar selama bulan Ramadhan keuangan tidak takut terkuras walaupun banyak bersedekah.

Banyak orang yang menganggap bulan suci Ramadhan adalah momen yang paling tepat untuk mengelola keuangan karena dari sisi pengeluaran untuk makanan tentu saja aka nada pengurangan.

Tetapi pada kenyataannya, pengeluaran di bulan Ramadhan sering sekali jadi bengkak, agar ini tidak terjadi lagi pada Ramadhan tahun ini berikut ini cara mengelola keuangan dan beramal di bulan suci agar tidak terkuras habis dan membengkak.

Menyambut Lebaran dengan Berkah: Kiat Mengelola Keuangan dan Beramal di Bulan Suci Ramadhan

Di Indonesia pada saat menyambut lebaran memiliki tradisi untuk bagi-bagi angpao atau uang kepada keluarga dan anak-anak kecil yang telah menyelesaikan ibadah puasa. Agar bisa membagikan angpao pada saat menyambut lebaran tanpa takut kehabisan dana, Anda harus tahu cara mengelola keuangan selaman bulan suci Ramadhan.

Berikut ini menyambut lebaran dengan berkah, kiat mengelola keuangan dan beramal di bulan suci Ramadhan yang bisa diterapkan oleh Anda.

  1. Buatlah Perencanaan Keuangan

Pertama-tama Anda harus membuat perencanaan keuangan terlebih dahulu. Ini merupakan langkah yang paling mudah untuk Anda mulai agar bisa mencapai target yang ditentukan seperti bersedekah, zakat fitrah dan memberikan angpao.

Tentukan anggaran pengeluaran yang akan dihabiskan untuk makan sahur dan juga makanan berbuka, cicilan, listrik dan juga kebutuhan pokok. Selain itu tambahkan juga perencanaan dana darurat dan juga dana untuk bersedekah di bulan penuh berkah ini.

  1. Utamakan Kebutuhan Terlebih Dahulu Daripada Keinginan

Selanjutnya biasanya pada saat bulan Ramadhan Anda harus menahan hawa nafsu, tidak hanya untuk menahan lapar dan haus saja tetapi juga keinginan untuk belanja dan jajan makan-makanan untuk berbuka.

Hati-hati dengan nafsu mata, lebih baik sebelum membeli sesuatu Anda pikirkan dulu dengan baik. Jangan berbelanja hanya keinginan semata tetapi kenyataannya barang tersebut tidak dibutuhkan atau makanan yang dibeli tidak di makan karena terlalu kenyang pada saat berbuka puasa dan terlalu malas mengonsumsinya pada saat waktu sahur.

  1. Buatlah Daftar Menu Sahur dan Berbuka

Agar bisa diperkirakan anggaran untuk makan sahur dan berbuka Anda bisa membuat daftar menu sahur dan berbuka. Memasak sendiri di rumah akan membantu pengeluaran lebih hemat dibandingkan dengan jajan di luar.

Jika bingung menu apa saja yang harus diasak, Anda bisa mencari terlebih dahulu di internet agar bisa mempermudah menyiapkan bahan makanan yang diperlukan untuk membuat menu tersebut.

  1. Berkomitmen Dengan Rencana Awal

Selanjutnya menyambut lebaran dengan berkah: kiat mengelola keuangan dan berama di bulan suci selanjutnya adalah tetap berkomitmen dengan rencana yang sudah dibuat di awal.

Jangan sampai Anda tidak menjalankan rencana dan mengikuti semua keinginan semata. Tentu saja itu hanya akan membuat rencana yang sudah dibuat pada awal Ramadhan sia-sia saja dan tetap menghabiskan pengeluaran yang membengkak.

Tips Bagi-Bagi Angpao untuk Menyambut Lebaran dengan Berkah tanpa Ganggu Anggaran

Ingin memberikan sedikit rejeki Anda untuk saudara dan anak-anak di sekitar rumah, ketahui cara pengelolaan keuangan untuk menyambut lebaran dengan berkah tanpa ganggu anggaran yang sudah direncanakan di awal.

Memberikan angpao pada saat lebaran memang telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Jika dulu saat masih kecil Anda yang menerima angpao, saatnya sekarang pada saat sudah besar dan berpenghasilan sendiri Anda yang memberikan kepada keluarga.

Berikut ini tips menyambut lebaran dengan berkah serta kiat mengelola keuangan dan beramal di bulan suci dengan bagi-bagi angpao.

  1. Buatlah Daftar Penerimanya Terlebih Dahulu

Untuk menghitung berapa besar yang harus dikeluarkan salah satu cara yang bisa digunakan adalah membuat daftar penerimanya terlebih dahulu. Anda bisa menentukan sendiri saudara dan keponakan mana saja yang ingin diberi.

Tentukan juga berapa besaran angpao yang akan Anda berikan. Penggunaan daftar penerima ini akan membuat pembagian angpao menjadi lebih teratur dan memastikan tidak ada yang terlewat.

Pastikan juga jumlah pemberian yang Anda pilih tidak begitu memberatkan apalagi sampai menganggu keuangan bulanan Anda.

  1. Siapkan Dana pada Jauh-jauh Hari

Selanjutnya menyambut lebaran dengan berkah serta kiat mengelola keuangan dan beramal di bulan suci untuk bagi-bagi angpao selanjutnya adalah menyiapkan dananya dari jauh-jauh hari.

Lebih baik untuk memulainya dengan mengumpulkan dari dana sedikit demi sedikit selama bulan-bulan sebelumnya daripada mengeluarkan uang dalam satu waktu yang tentu saja akan terasa memberatkan.

  1. Kemas dengan Amplop yang Menarik

Terakhir untuk menyiapkan amplop yang menarik untuk dibagikan kepada sanak saudara yang akan ditemui pada saat Ramadhan nanti. Terutama jika Anda akan memberikannya kepada anak kecil, tentu saja mereka akan lebih terterik untuk melihat amplop yang lucu-lucu.

Kiat Mengelola Keuangan untuk Beramal di Bulan Suci

Di bulan Ramadhan ini seluruh umat muslim dianjurkan untuk perbanyak bersedekah untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda daripada bersedekah di bulan lainnya. Berikut ini cara untuk mengelola keuangan untuk beramal di bulan suci.

  1. Tentukan Terlebih Dahulu Jumlah yang Ingin Disisihkan

Sebelum menyambut lebaran dengan berkah, kiat mengelola keuangan dan beramal di bulan suci harus didahulukan terlebih dahulu. Apalagi bersedekah di bulan suci Ramadhan memiliki banyak sekali keutamaannya.

Tentukan jumlah dana yang akan disisikkan untuk bersedekah, jumlah ini dapat disesuaikan saja pada pendapatan finansial Anda masing-masing. Tidak perlu yang terlalu memberatkan tidak masalah jika sedikit yang terpenting keikhlasan Anda memberinya.

  1. Pilih Cara Sedekah yang Paling Sesuai

Ada beberapa cara bersedekah yang bisa dipilih dari mulai memberikannya pada orang yang membutuhkan, menyumbangkan pada organisasi sosial, dan melakukan acara kegiatan sosial. Apapun cara sedekah yang dipilih dapat disesuaikan dengan minat masing-masing.

  1. Buatlah Jadwal Bersedekah

Terakhir, buatlah jadwal untuk bersedekah secara rutin misalnya setiap minggu, setiap hari Jumat, setiap bulan dan lainnya. Yang terpenting adalah kekonsistenan Anda untuk selalu menyisihkan dana untuk bersedekah agar bisa menabung kebaikan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin menyambut lebaran dengan berkah disertai kiat mengelola keuangan dan beramal di bulan suci dapat membantu Anda untuk tetap bersedekah tanpa menguras dana di bulan suci Ramadhan.

Related Posts