Cara Menggunakan Aplikasi Screenshot di Laptop

Cara Menggunakan Aplikasi Screenshot di Laptop

Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi screenshot di laptop. Salah satu yang menjadi pilihan banyak orang karena memiliki fitur yang lengkap dengan tampilan yang bisa dikatakan sangat sederhana yaitu adalah Lightshot.

Sebenarnya jika Anda menggunakan Windows sudah ada tombol untuk melakukan tangkapan layar. Bisa dikatakan jika Windows sudah memiliki aplikasi snipping tool yang sudah cukup lumayan untuk sekedar menangkap gambar layar.

Akan tetapi, jika Anda ingin menggunakan aplikasi yang memiliki fitur lebih lengkap juga tidak ada salahnya. Lightshot adalah aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan memiliki berbagai macam fitur untuk memudahkan Anda ketika ingin mengambil screen capture.

Cara Menggunakan Aplikasi Screenshot Lightshot

Cara menggunakan aplikasi lightshot bisa dikatakan sangat mudah. Ikuti langkah-langkah dibawah ini Ketika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi satu ini.

Download Aplikasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mendownload aplikasi screenshot. Pastikan Anda mendownload aplikasi sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Jika menggunakan Windows download aplikasi untuk Windows dan jika menggunakan Mac OS download aplikasi untuk Mac OS.

Melakukan Instalasi

Setelah proses download selesai Anda bisa melanjutkan proses instalasi. Biasanya proses instalasi hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Cukup ikuti perintah-perintah yang ada pada layar ketika Anda sedang melakukan instalasi. Jalankan aplikasi dan nikmati fitur screen capture yang lengkap

Anda tinggal menekan tombol print screen pada keyboard untuk melakukan tangkapan layar dengan menggunakan aplikasi lightshot. Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya ada beberapa fitur yang bisa digunakan seperti misalnya yaitu menambahkan teks, menambahkan shape atau bentuk dan juga menambahkan warna.

Simpan

Jika sudah selesai Anda bisa dengan sangat mudah menyimpan hasil screen capture dengan menekan ikon save. Anda bisa menentukan sendiri di mana file tersebut ingin disimpan di memori internal laptop Anda.

Cara Menggunakan Aplikasi Lightshot Pada Browser Chrome

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi ini pada laptop Anda maka kita menggunakan ekstensi pada Chrome.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan ekstensi pada kolom nantinya tidak bisa digunakan pada seluruh aplikasi yang ada pada laptop Anda. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Lightshot pada browser Chrome:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengunjungi Chrome Webstore untuk mendapatkan aplikasi lightshot.
  2. Setelah itu langsung saja klik Add to Chrome untuk menambahkan ekstensi tersebut pada aplikasi Chrome.
  3. Setelah itu aplikasi sudah bisa langsung digunakan dengan cara menekan ikon lightshot yang tertera pada pojok kanan atas.
  4.  Untuk menyimpan hasil screenshot Anda bisa langsung dengan cara menekan ikon save.

Keunggulan yang Dimiliki Oleh Aplikasi Lightshot

Ada berbagai macam keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi screen capture satu ini. Salah satu keunggulan yang membuatnya begitu disukai oleh orang-orang yang itu adalah memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur yang sangat lengkap dari mulai memotong, menambahkan teks, upload ke internet, menambahkan warna, dan masih banyak lagi lainnya.

Ini adalah aplikasi yang sangat kami rekomendasikan Ketika Anda menginginkan aplikasi screen capture yang sangat Powerful. Ini sangat cocok digunakan Ketika Anda sering membuat konten-konten mengenai tutorial.

Apalagi aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis Sehingga Anda tidak harus mengeluarkan uang sepeserpun ketika akan menggunakannya. Lightshot menjadi salah satu aplikasi screenshot terbaik dengan menawarkan fitur yang sangat lengkap.