Asuransi Mobil Batam, Macam Produk dan Manfaatnya

Asuransi Mobil Batam, Macam Produk dan Manfaatnya

Asuransi mobil Batam ada banyak sekali penyedianya. Sebagai kota besar Batam menjadi salah satu yang ramai dengan pengguna kendaraan pribadi khususnya mobil sebagai penunjang mobilitas. Sejalan dengan hal ini, perusahaan asuransi juga tumbuh subur.

Jika Anda berdomisili di kota besar seperti Batam, wajib memiliki asuransi untuk kendaraan pribadi. Keuntungannya adalah meminimalisir kerugian finansial yang timbul dari biaya perbaikan akibat kerusakan hingga perawatan rutin.

Setiap perusahaan asuransi menyediakan pilihan jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Untuk mengetahui secara pasti apa saja kebutuhan Anda, bisa langsung berkonsultasi dengan marketing yang bertugas.

Bisa juga mengumpulkan informasi dari berbagai sumber internet. Sudah banyak perusahaan kredibel yang bisa diakses melalui website. Anda bisa membandingkan antara satu perusahaan dengan lainnya untuk memilih yang paling tepat.

Daftar Asuransi Mobil Batam dari Sinarmas

Kategori terbaik diukur dari kepuasan konsumen atas layanan yang diberikan. Berdasarkan banyaknya ulasan positif para pelanggan. Juga pandangan secara umum dari popularitas dan kredibilitas perusahaan.

Pertama yang cukup penting untuk dipertimbangkan adalah Sinarmas. Perusahaan besar ini memiliki berbagai lini bisnis di bidang finansial. Termasuk menyediakan layanan pertanggungan bagi kendaraan.

Sinarmas Menyediakan pilihan jaminan mobil komprehensif atau yang dikenal sebagai All Risk (Comprehensive). Juga menyediakan jaminan kerugian total saja (Total Loss Only) yang bisa diperluas sesuai kebutuhan.

Untuk All risk, Sinarmas memberikan jaminan manfaat pertanggungan atas kerugian akibat benturan, tabrakan, terguling, terpeleset dari jalan. Juga terhadap kemungkinan tindak kejahatan orang lain, pencurian, perampokan, kebakaran, sambaran petir, dan kecelakaan.

Pihak Sinarmas juga memberi kompensasi maksimum biaya crane sebesar 0,5% dari jumlah asuransi. Kompensasi ini untuk membayar pengeluaran wajar untuk menghindari atau mengurangi kerugian, kerusakan dalam pemeliharaan dan pengangkutan.

Sedangkan jaminan untuk Total Loss Only antara lain jika kerusakan atau kerugian terjadi karena peristiwa yang ditanggung oleh polis. Biaya perbaikan, penggantian, pemulihan seperti semula sama dengan atau lebih tinggi dari harga aslinya.

Kondisi ini termasuk kendaraan yang diasuransikan hilang. Di mana batas usia kendaraan jaminan keseluruhan (komprehensif) adalah 5 tahun. Sedangkan usia kendaraan >5 tahun wajib membayar minimal 5% jumlah premi pemuatan per tahun.

Pertanggungan kerugian total (Total Loss Only) memiliki batas usia kendaraan yaitu 10 tahun. Untuk fasilitas pertanggungan kendaraan usia >10 tahun sebesar 5% per tahun. Jadi harap diperhatikan jika Anda pemilik mobil bekas.

Asuransi Mobil ACA Batam

ACA asuransi mobil Batam adalah rekomendasi yang cukup penting untuk diperhitungkan.  Perusahaan ini menghadirkan pilihan polis All Risk (Comprehensive). Menanggung risiko kerugian dari baret, penyok, goresan, dan kerusakan besar.

Pilihan lainnya adalah Total Loss Only (TLO). Memberikan ganti rugi atas kerusakan total, seperti jika terjadi pencurian atau terperosok. Pada dasarnya sama dengan perusahaan lain dalam menyediakan pilihan polis ini. Namun ACA Batam memiliki ciri khas sebagai berikut:

  1. Asuransi mobil Batam ACA memberikan fasilitas mobil pengganti selama proses perbaikan di bengkel, tentunya dengan batas waktu maksimal yang sudah ditetapkan. Jadi konsumen tetap dapat beraktivitas dan bepergian.
  2. Menyediakan 3 pilihan polis asuransi mobil dan manfaatnya yang bisa dipertimbangkan sebelum menentukan pembelian. Masing-masing memberikan fasilitas maksimal untuk konsumen dan bisa dikonsultasikan berdasarkan kebutuhan.
  • Otomate, manfaat pertanggungannya untuk tanggung jawab hukum maksimal Rp50 Juta. Kemudian untuk kecelakaan diri Rp 10 juta (maksimal 5 orang), fasilitas mobil pengganti maksimal 5 hari, perbaikan darurat, layanan valet hingga mobil derek.
  • Otomate Smart. Uang pertanggungan untuk Tanggung Jawab Hukum (TJH) mencapai Rp 25 Mobil pengganti maksimal 5 hari, layanan darurat dan layanan valet, bisa memilih bengkel rekanan.
  • Otomate Solitaire. Pertanggungan risiko menyeluruh mengcover kendaraan dari berbagai risiko seperti tabrakan, pencurian, kebakaran, dan risiko lain sesuai polis. Uang pertanggungan dari tanggung jawab hukum sampai Rp75 juta dan kecelakaan diri sebesar Rp10 juta hingga 5 orang.
  1. Fasilitas Roadside Assistance yang membantu memperbaiki kerusakan mobil langsung di lokasi. Namun layanan ini baru berlaku untuk area Jabotabek, Bandung, Sukabumi, dan Semarang.

Garda Oto Batam

Asuransi mobil Batam dari Garda Oto Batam merupakan salah satu asuransi mobil terbaik dengan keunggulan klaim asuransi melalui empat fasilitas. Yaitu Aplikasi Garda Mobile Otocare, Garda Akses 24 jam, klaim online melalui website, serta Unit Layanan Strategis.

Untuk layanan strategis ini sudah tersedia di berbagai pusat perbelanjaan di seluruh wilayah Indonesia. Jadi konsumen bisa dengan mudah mendapatkan penanganan segera terhadap permasalahan asuransi saat bepergian di area perkotaan.

Garda Oto merupakan anak perusahaan PT. Asuransi Astra Buana yang memberikan layanan asuransi mobil dengan jenis All Risk dan TLO (Total Loss Only) juga. Syarat batas usia kendaraan pertanggungan All Risk maksimal 15 tahun dan TLO 9 tahun.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa layanan bengkel perbaikan, untuk klaim partial loss asuransi All Risk tidak tersedia. Berbeda dengan TLO atau total loss only yang menyediakan perbaikan di seluruh jaringan bengkel Garda Oto termasuk bengkel authorized.

Layanan lainnya berupa All Risk dan TLO termasuk perluasan jaminan, huru hara, banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, tanah longsor. Khusus untuk TLO hanya berlaku pada kendaraan diatas Rp 200 juta.

Pembeliannya sendiri cukup mudah. Anda bisa langsung mengunjungi website resminya, lalu mengisi dokumen data diri serta kendaraan. Lanjut masuk pada metode pembayaran, menu pengaktifan polis, isi pilihan survei kendaraan.

Jika pengisian benar maka polis elektronik (e-policy) akan dikirimkan melalui email maksimal 1×24 jam setelah persetujuan. Selanjutnya Anda sudah sah sebagai pemegang asuransi mobil Batam.