Mengenal Asuransi Mobil Maybank dan Syarat Ketentuannya

Mengenal Asuransi Mobil Maybank dan Syarat Ketentuannya

Asuransi mobil Maybank bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang mempunyai kendaraan baru dan para pemegang kartu kredit. Program perlindungan untuk mobil ini membuat nasabah merasa tenang.

Jika terjadi sesuatu, nasabah bisa mengajukan klaim. Dengan begini, biaya kerugian akibat berbagai macam kerusakan setidaknya tidak terlalu tinggi, apalagi penawaran preminya sangat terjangkau dan bisa dipilih sesuai kemampuan.

Berbagai Jenis Asuransi Mobil Maybank

Perlu diketahui bahwa perusahaan ini mempunyai berbagai jenis produk yang beragam. Bila dilihat dan dihitung kembali, rasanya pengeluaran uang tersebut setara dengan fasilitasnya, bisa dikatakan Anda beruntung.

Keadaan jalanan terkadang tidak menentu, artinya sering terjadi kerusuhan atau kecelakaan sehingga membuat kendaraan rusak baik ringan atau parah. Melihat kondisi tersebut, pihak Maybank sendiri sudah menyiapkan produknya, seperti berikut ini.

1.     Total Loss Only

Asuransi mobil Maybank untuk produk ini akan mengganti setidaknya 75% biaya kerusakan yang terjadi. Angkanya memang terlihat sedikit, tetapi sudah sangat terbantu daripada tidak sama sekali.

Ambil contoh, ketika terjadi kerusakan ternyata biaya penanganannya mencapai Rp100 juta, maka pertanggungannya hanya Rp75 juta saja, sisanya bisa mencari sendiri. Walau masih Rp25 juta, namun cukup ringan, bukan?

Daripada Anda harus menanggungnya penuh. Perlu diketahui pula, dalam Total Loss Only ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami oleh para nasabah. Saat mengajukan klaim harus memenuhi syarat.

Kejadian berupa kecelakaan tidak disengaja maka mendapatkan pergantian atau biaya servis gratis. Untuk perhitungan total akan dilakukan oleh pihak perusahaan secara langsung, termasuk jika harus diganti yang baru.

Keputusan tetap ada di tangan asuransi mobil Maybank sesuai dengan syarat serta ketentuan pasalnya. Maka dari itu, saat membacanya harap teliti dan jangan sampai ada yang terlewat agar mudah mengajukan klaim.

Selanjutnya tindakan pencurian, di mana kendaraan tersebut sudah dicari, tetapi masih belum ditemukan juga. Waktu tunggunya kurang lebih 60 hari, kalau masih tidak ketemu maka proses pencairan pertanggungan dimulai.

Jika kurang dari waktu itu maka belum bisa mengambil uangnya. Termasuk tindakan penipuan yang dilakukan, maka klaim tersebut juga akan gagal. Biasanya, pihak asuransi akan bekerja sama dengan polisi.

Bukan hanya melihat saja, melainkan melakukan penyelidikan secara menyeluruh. Kalau hasilnya tetap sama, maka pihak kantor akan menghubungi Anda. Pastikan semua dokumen persyaratannya sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

2.     Total Loss

Selain TLO, nasabah juga bisa memilih jenis TL atau Total Loss, dari nama memang hampir mirip. Tetapi, apakah memang seperti itu? Jenis ini, uang pertanggungan akan diberikan jika ada peristiwa.

Maka dari itu, sebelum mengajukan klaim, nasabah harus mengerti dulu apa persyaratan yang perlu diketahui oleh para pengguna. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa sekaligus penjelasan singkatnya.

Pertama adalah huru-hara atau keadaan yang mengakibatkan suatu kota dalam keadaan tegang dan seluruh masyarakat mengalami ketakutan. Kemudian, mereka merusak hingga menjarah seluruh barang atau kendaraan.

Jika hanya demo dan ricuh saja bukan termasuk dari huru-hara, tetapi masih bisa mendapatkan pertanggungan. Hanya saja, minimal terjadinya kerusuhan sekitar 12 jam. Kemudian dilakukan setidaknya 12 orang.

Andai saja, kamu diserang oleh sekawan kelompok dan jumlahnya kurang dari itu, maka proses akan sulit diteruskan. Maka dari itu, pahami benar bagaimana perbedaan serta jenisnya agar mudah saat klaim.

3.     Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Asuransi mobil Maybank selanjutnya adalah tanggung jawab pihak ketiga. Cara mudah memahaminya seperti ini, bila ada kecelakaan mengakibatkan terjadinya kerusakan hingga luka-luka, maka uang pertanggungan bisa keluar.

Untuk masalah ini sudah dijelaskan pula dalam polis, termasuk bagaimana penyelesaian masalah dan nilai asuransi yang akan didapatkan. Jadi, harap diperhatikan benar sebelum nantinya Anda tanda tangan.

Menariknya, uang tersebut bukan hanya untuk pengemudi saja, melainkan semua penumpangnya. Walau dari segi angka memang berbeda, hanya masih mendapatkan santunan untuk berobat apabila ada luka baik ringan maupun sampai parah.

4.     All Risk

Berikutnya adalah all risk atau untuk semua risiko, termasuk saat terjadi kehilangan kendaraan akibat pencurian. Bagi kendaraan baru atau keluar dari dealer, menggunakan program ini memang sangat penting.

Perlu diketahui bahwa nilai preminya sendiri memang berbeda dengan porsi untuk TLO atau TL. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menggunakan produk ini harap tanya kepada petugas agar menjelaskan.

Ketentuan Umum yang Harus Dilakukan

Asuransi mobil Maybank mempunyai berbagai ketentuan umum yang harus dilakukan oleh setiap nasabah. Karena, produk pertanggungan ini demi melengkapi para pemegang kartu kredit khususnya nasabah Maybank.

Selanjutnya sebagai berikut.

  1. Harus berusia minimal 18 tahun dan tidak boleh usia lebih dari 65 tahun.
  2. Ada beberapa syarat kendaraan yang harus diasuransikan seperti,
  • Kendaraan pribadi tersebut tidak boleh disewakan hanya untuk diri sendiri saja
  • Jenis kendaraannya sedan, minibus, dan jeep
  • Usia kendaraan tersebut maksimal 8 tahun, tidak boleh lebih
  • Kendaraannya harus plat hitam
  1. STNK tidak harus atas nama pemegang polis selama memenuhi seluruh anggota keluarga.

Dalam prosedur klaim Anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dulu mulai dari dokumen-dokumen penting. Termasuk keterangan dari polisi setempat jika terjadi kerusakan akibat kecelakaan dan bukti foto.

Dalam premi ini kalau memang ada kematian akibat kecelakaan, maka klaim tersebut harus menunjukkan surat keterangan dari rumah sakit terkait. Prosesnya sendiri tidak terlalu lama, biasanya 7 hari kerja.

Pengajuan klaim tidak perlu datang langsung ke kantor. Anda bisa melakukan prosesnya hanya dari rumah saja. Bisa menghubungi customer service kemudian semua prosedur akan dijelaskan. Bagaimana, cukup mudah, bukan?

Program yang ditawarkan ini memang menarik, selain itu persyaratan yang diajukan juga mudah. Bila dilihat dari fasilitas dan fiturnya sendiri, asuransi mobil Maybank bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik.