Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Dipahami

Apa saja kelebihan dan kekurangan shared hosting? Ada beberapa jenis hosting yang biasanya disediakan oleh perusahaan web hosting, salah satunya adalah shared hosting.

Tipe ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi server dengan akun pengguna lainnya.  Dalam mengelola website, selain domain, server juga tidak kalah penting karena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan file dan database website.

Shared hosting adalah salah satu jenis hosting yang cukup populer dengan menempatkan beberapa domain website dalam satu server fisik yang sama.

Layanan shared hosting dapat digunakan secara bersama-sama oleh lebih dari satu pengguna. Pemilik website tidak harus memikirkan pengaturan server karena itu sudah menjadi tugas penyedia. Namun, mereka tidak dapat mengakses server tersebut secara penuh.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting Perlu Diketahui

Kelebihan dan kekurangan bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan akan menggunakan jenis hosting apa. Berikut ini beberapa kelebihan shared hosting yang perlu diketahui, di antaranya:

  1. Murah

Harga shared hosting cenderung lebih murah dibandingkan dengan jenis layanan lainnya dan bahkan bisa dibilang untuk tipe ini adalah yang paling murah. Sehingga tidak heran jika shared hosting banyak direkomendasikan khususnya bagi pemula yang baru merintis website.

  1. Pemeliharaan Lebih Mudah

Kelebihan lain yang dimiliki shared hosting adalah lebih mudah dalam pemeliharaan. Karena Anda tidak perlu repot-repot lagi mengelola masalah server dan lainnya. Itu semua sudah menjadi tugas dan tanggung jawab penyedia jasa web hosting.

Anda hanya perlu duduk manis dan fokus mengelola website agar semakin berkembang dan bagus.

  1. Lebih Mudah Digunakan

Kelebihan dan kekurangan shared hosting Shared hosting cenderung lebih mudah digunakan dalam hal operasional server karena sudah diambil alih oleh provider hosting itu sendiri. Anda yang tidak paham masalah bahasa pemrograman tidak perlu memusingkan hal tersebut dan masih tetap bisa mengelola website.

  1. Akses ke Control Panel

Pengelolaan website atau blog menjadi lebih mudah ketika Anda menggunakan layanan shared hosting karena pengguna akan diberikan akses control panel. Dengan akses ini, pengguna dapat memanfaatkan fitur mulai dari upload file, install CMS, Kelola email, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Shared Hosting Juga Penting Diperhatikan

Kekurangan shared hosting maupun jenis hosting lainnya adalah hal yang wajar. Di balik kelebihannya, shared hosting juga memiliki kekurangan, di antaranya:

  1. Keterbatasan Kontrol Server

Tidak banyak ruang yang diberikan oleh provider untuk mengakses shared hosting sehingga kontrol pengguna pun semakin terbatas. Ini merupakan kelebihan dan juga kekurangan shared hosting. Hal ini dikarenakan shared hosting dikuasai penuh oleh penyedia layanan server.

Anda juga harus masih berbagi dengan akun pengguna lainnya. Saat satu akun memiliki traffic yang tinggi, maka pengguna lain juga akan ikut terdampak dan akhirnya menghambat kinerja website.

  1. Kurang Terjamin Keamanannya

Ruang yang tersedia di shared hosting memang lumayan luas dalam satu server, namun masih harus berbagi dengan pengguna lainnya. Ketika terjadi penyalahgunaan akses, maka akan berdampak pada keamanan yang menjadi lebih rentan.

  1. Memiliki Potensi Crash

Tipe shared hosting memiliki potensi crash yang bisa terjadi sewaktu-waktu karena jenis layanan ini digunakan oleh banyak pengguna atau website dalam satu server. Alhasil bisa menyebabkan overload hingga akhirnya crash terutama ketika traffic sedang tinggi.

  1. Penggunaan Aplikasi Lain yang Terbatas

Jika Anda menggunakan shared hosting, maka menjalankan software lain di waktu bersamaan tidak bisa dilakukan. Kecuali dari pihak provider memberikan penawaran secara langsung.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan shared hosting, maka Anda bisa memutuskan apakah akan menggunakan jenis hosting satu ini atau tidak.