Rekomendasi Software Web Camera untuk Perangkat Laptop

Rekomendasi Software Web Camera untuk Perangkat Laptop

Software web camera merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menangkap video maupun foto dari kamera perangkat laptop atau desktop lainnya. Anda juga bisa menggunakannya untuk streaming, rapat, bahkan kelas online.

Sekarang webcam sudah menjadi hal umum dari sebelumnya, ini berkat adanya pandemi. Program webcam saat ini juga semakin berkembang dan membuat penggunanya bisa streaming dengan kualitas tinggi tanpa adanya masalah.

Saat ini ada sejumlah perangkat lunak webcam gratis dan berbayar yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kami telah menyusun beberapa informasi mengenai software webcam yang bisa menambah pengetahuan Anda.

Rekomendasi Software Web Camera untuk Perangkat Laptop

Seperti diketahui bahwa webcam tidak hanya berguna untuk melakukan panggilan konferensi video atau mengambil selfie saja. Jika dipasang dengan perangkat lunak yang tepat, Anda bisa menggunakannya untuk tujuan lain.

Karena kegunaannya berbeda, tergantung pada karakteristik perangkat lunak webcamnya sendiri. Berikut adalah beberapa rekomendasi beberapa software webcam untuk merekam, streaming, rapat, dan kelas online terbaik.

  1. Youcame 9 delux merupakan salah satu perangkat lunak web camera paling populer, menampilkan gambar jernih dan dilengkapi alat pengeditan.
  2. Perangkat lunak Logitech capture memiliki banyak fitur serta compatible hampir di seluruh jenis desktop.
  3. Manycam bukanlah sekedar software webcam biasa, tapi juga menjadi alat pengeditan karena di dalamnya terdapat filter, efek, preset, dan lainnya.
  4. Debut video capture memiliki tampilan sederhana, tidak memiliki alat pengeditan, tapi menghasilkan kualitas gambar yang jernih.
  5. Ecamm Live menjadi software paling tepat bagi Anda yang sering melakukan streaming dan rekaman secara langsung.
  6. Snap camera merupakan perangkat lunak dengan berbagai fitur menyenangkan di dalamnya dan pengganti latar belakang virtual.
  7. Split cam menjadi rekomendasi terbaik karena bisa digunakan untuk streaming dengan hasil jernih seperti 4K.

Cara Mengaktifkan Camera di Perangkat Desktop

Beberapa dari Anda mungkin baru pertama kali menggunakan atau bahkan punya laptop baru sehingga belum mengerti bagaimana cara mengaktifkan kameranya. Hal itu tentu bukanlah sebuah masalah karena Kami akan membantu.

  1. Pastikan telah Menginstall Driver Webcam

Langkah paling utama untuk dapat memanfaatkan kamera pada perangkat desktop adalah dengan menginstall driver web came. Anda dapat memeriksanya ke menu pengelolaan perangkat pada laptop.

  1. Kunjungi Menu Pengaturan pada Layar Desktopnya

Klik pengaturan pada perangkat dengan menekan tombol windows atau menu start dan klik ikon gerigi. Untuk cara lain membuka pengaturan adalah dengan menekan tombol windows dan huruf I secara bersamaan.

  1. Klik Menu Privasi di Layar Utama

Klik menu tersebut, nantinya pengguna akan dibawa ke halaman baru. Pada halaman baru tersebut terdapat berbagai pengaturan lain seperti umum, mikrofon, lokasi, pesan, kamera, dan masih banyak lagi.

  1. Klik menu kamera dan aktifkan

Di sisi jendela kiri, klik kamera dan nantinya pengguna akan dibawa ke pengaturan kameranya. Aktifkan perangkat lunak tersebut dengan menggeser button hingga mengarah ke posisi aktif.

Cara Melakukan Web Camera Test

Beberapa orang mungkin tidak terlalu nyaman dengan tes web camera online mengingat banyaknya kejahatan di internet. Dikarenakan situsnya mewajibkan penggunanya untuk menyalakan kameranya beberapa saat dan merekamnya.

Namun terkadang melakukan tes kamera sangat dibutuhkan, terutama bagi Anda yang sudah bekerja WFH karena beberapa perusahaan memiliki standar masing-masing. Berikut adalah cara melakukan web camera test.

  1. Jalankan browser, Anda dapat menggunakan chrome, Mozilla, maupun edge.
  2. Tuliskan web cam test pada kolom pencarian browsernya.
  3. Ketika muncul notifikasi permintaan izin, izinkan.
  4. Klik tombol uji kamera saya pada layar.
  5. Tunggu hingga informasi webcam muncul di bagian kiri bawah.

Berbagai perangkat desktop saat ini telah dilengkapi teknologi canggih, salah satunya adalah web camera. Jika Anda kurang puas dengan kamera bawaan perangkat maka bisa gunakan software web camera untuk mempercantiknya.