Cara Menggunakan Software Presentasi Microsoft PowerPoint

Cara Menggunakan Software Presentasi Microsoft PowerPoint

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, produk software presentasi semakin banyak bermunculan. Salah satu yang memiliki banyak pengguna dari dulu adalah Microsoft PowerPoint.

Bagaimana cara penggunaannya serta apa sajakah fungsinya? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, Anda bisa menyimak ulasan berikut. Namun sebelum itu, cermati terlebih dahulu apa itu Microsoft PowerPoint.

Apa Itu Software Presentasi dari Microsoft PowerPoint?

Microsoft PowerPoint merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi sebagai media untuk presentasi. Penggunaan software ini sangat friendly, sehingga tidak mengherankan bila banyak pengguna yang hingga kini setia memakainya.

Microsoft adalah pihak pengembang aplikasi satu ini dan sepaket dengan produk perkantoran Microsoft Office lainnya, seperti Word, Excel dan lain-lain. Dikalangan pebisnis, perkantoran, pelajar bahkan trainer, software ini banyak dipakai.

Berbagai fitur canggih yang ada bisa Anda manfaatkan untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik. Bila ingin tampilan yang lebih cantik, Anda bisa memanfaatkan fitur template atau desain.

Berbagai Fungsi Software Microsoft PowerPoint

Setiap software mempunyai berbagai fungsinya masing-masing, termasuk Microsoft PowerPoint. Fungsi pertama yang utama adalah mempermudah kegiatan presentasi. Bukan hanya mempermudah pembawa materi dalam menyampaikan informasi, tapi juga bagi audience.

Kedua, mudah di akses karena materi presentasi bentuknya berupa softcopy. Jadi, tidak hanya bisa di akses oleh komputer atau laptop saja, tapi juga ponsel. Bagi Anda yang ingin membagikan hasil penyampaian materi, tentu hal ini sangat memudahkan.

Ketiga, mempermudah pembuatan materi presentasi dalam bentuk beberapa slide menarik. Berbagai fitur seperti gambar, animasi, audio, template serta video tersedia juga bisa dimanfaatkan.

Keempat, memudahkan pembuatan, pengaturan serta pencetakan slide. Jadi, bila Anda ingin mencetak materi dalam bentuk hardcopy sangat bisa. Kelima, lebih menghemat pengeluaran karena penyajian materi memakai softcopy.

Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk cetak kertas. Keenam, dapat memberikan materi yang lebih mudah dipahami oleh audience. Apalagi jika sajian presentasi yang Anda berikan sangat menarik.

Akan membosankan dan monoton bila menjelaskan sesuatu hanya melalui tulisan. Dengan menggunakan PowerPoint ini, Anda bisa menyisipkan gambar maupun video menarik mengingat manusia adalah makhluk visual.

Tata Cara Menggunakan Software untuk Presentasi Microsoft PowerPoint

Penggunaan software untuk presentasi satu ini sangat mudah. Tapi pastikan terlebih dahulu Anda sudah memasangnya pada komputer atau laptop. Bila sudah, pembuatan dokumen bisa dilakukan dengan tata cara sebagai berikut.

  1. Buka Software

Tahapan pertama, bukalah aplikasi yang telah terpasang, caranya dengan klik sebanyak dua kali. Bentuknya seperti kotak disertai huruf “P” dengan warna oranye. Tunggu hingga halaman template PowerPoint tampil.

  1. Tinjau Pilihan Template Tersedia

Selanjutnya, Anda bisa meninjau berbagai pilihan template yang tersedia. Lokasi template ada pada bagian menu file. Template ini meliputi berbagai aspek seperti font, skema warna serta desain tampilan umum yang dapat Anda modifikasi sesuai selera.

  1. Pilih Template

Setelah itu, Anda bisa mulai memilih template sesuai keinginan. Bila tidak menginginkan memakai template, lewati saja dua langkah selanjutnya dan langsung klik bagian paling kiri yaitu blank presentation.

  1. Pilih Tema

Berbagai template menawarkan banyak skema tema serta warna berbeda. Bila menginginkan tampilan tema yang lain, klik bagian more themes pada bagian bawah deretan tema.

  1. Klik Create

Jika sudah berhasil memutuskan ingin menggunakan tampilan yang mana, Anda bisa langsung klik create setelah melakukan satu kali klik pada tema. Atau bisa juga dengan melakukan double klik tanpa harus menggunakan tombol create.

Sekarang, Anda sudah bisa mulai menuliskan materi yang ingin disajikan nantinya. Manfaatkan fitur lainnya dari software presentasi Microsoft PowerPoint ini untuk membuat tampilan terlihat lebih menarik, seperti desain, transitions, animations, slide show, record dan lain-lain.