Cara Download YouTube Free Music dengan YouTube Audio Library

Cara Download YouTube Free Music dengan YouTube Audio Library

YouTube free music adalah salah satu “amunisi” penting bagi para content creator untuk membuat video-video menarik. Konten video adalah konten yang terdiri dari unsur visual dan audio.

Unsur visual berupa gambar atau video bergerak. Sementara unsur audio adalah berupa bunyi atau suara yang bisa berasal dari suara manusia, instrumen musik, lagu, suara hewan, dan lain sebagainya.

Sebuah konten YouTube akan kurang menarik jika hanya berisi video tanpa dilengkapi musik latar belakang. Jadi, untuk menjadikan kualitas video Anda semakin maksimal, manfaatkan YouTube Audio Library sebagai gudang musik gratis dan no copyright.

YouTube Free Music di YouTube Audio Library

YouTube Audio Library merupakan salah satu penyedia musik dan backsound no copyright yang dapat Anda gunakan secara gratis. Biasanya digunakan untuk kebutuhan pembuatan konten video YouTube.

Kelebihan menggunakan musik atau backsound dari Audio Library adalah Anda tidak akan terkena klaim hak cipta. Karena semua koleksi musik maupun backsound di Audio Library bisa digunakan secara bebas. Jadi, video Anda tetap bisa dimonetisasi.

Selain lagu dan musik instrumental, Audio Library juga menyediakan efek-efek suara yang bisa menyempurnakan video Anda. Misalnya efek suara tertawa, efek suara menangis, bunyi kembang api, suara binatang, dan lain sebagainya.

Tutorial Download Musik di YouTube Audio Library

Jadi, jika ingin menambahkan YouTube free music terbaik ataupun backsound sesuai kebutuhan, download terlebih dahulu di Audio Library dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silakan lakukan login ke channel YouTube.
  2. Masuk ke Studio YouTube melalui browser untuk membuka versi desktop.
  3. Jangan membuka lewat aplikasi YouTube karena Audio Library hanya tersedia di YouTube studio.
  4. Bisa juga membuka lewat aplikasi YouTube Studio, yaitu aplikasi yang dibuat untuk para kreator YouTube.
  5. Setelah itu, layar akan menampilkan dasbor YouTube Anda.
  6. Kemudian, perhatikan sebelah kiri pada dasbor tersebut, di sana terdapat sejumlah menu seperti Konten, Analytics, Komentar, Subtitle, dan seterusnya.
  7. Scroll sampai ke menu paling bawah, yaitu menu Koleksi audio dengan ikon tangga nada, lalu klik.
  8. Selanjutnya layar akan menampilkan menu musik dan efek suara.
  9. Silakan pilih YouTube free music mana yang paling sesuai untuk mendukung video Anda.
  10. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan fitur penelusuran untuk mencari koleksi audio berdasarkan judul lagu, genre, mood (suasana musik), nama artis, hingga durasi lagu.
  11. Anda bisa memutarnya terlebih dahulu sebelum mendownloadnya.
  12. Jika sudah menemukan musik yang paling pas untuk menyempurnakan video, silakan langsung klik download.
  13. Musik akan langsung tersimpan di perangkat Anda dan bisa dimasukkan saat proses editing sebelum diupload.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua kategori musik no copyright yang tersedia di YouTube Audio Library, yaitu yang tidak memerlukan atribusi dan memerlukan atribusi. Keduanya tentu berbeda.

Koleksi audio yang tidak memerlukan atribusi artinya bisa digunakan secara bebas, tidak diharuskan mencantumkan nama musisi dan informasi musik selengkapnya. Namun akan lebih baik jika Anda tetap mencantumkannya sebagai kredit bagi musisi.

Sedangkan koleksi audio yang memerlukan atribusi artinya Anda harus mencantumkan informasi mengenai musik tersebut seperti nama musisi, judul lagu, dan informasi lain selengkapnya sebagai kredit.

Daftar Situs Penyedia YouTube Free Music

Selain YouTube Audio Library, ada pula sejumlah penyedia musik lainnya yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk kebutuhan konten video YouTube. Berikut adalah beberapa penyedia musik no copyright dengan koleksi audio yang menarik.

  1. Audio Library

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, Audio Library menjadi salah satu penyedia yang paling banyak digunakan. Ini karena Audio Library menawarkan musik dan efek suara yang memang disediakan secara resmi oleh YouTube.

Sehingga Anda bisa memilih musik-musik di dalamnya tanpa khawatir terkena klaim hak cipta. Sebagian besar kreator umumnya menggunakan koleksi audio dari Audio Library untuk konten mereka.

Di sini Anda bisa mendownload YouTube free music bergenre alternatif dan punk, ambient, dance and electronic, klasik, hiphop and rap, sinematik, country & folk, pop, jazz, rock, reggae, soul, hingga anak-anak. Jangan lupa cantumkan kredit untuk musisinya.

  1. Freesound

Freesound adalah opsi situs lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh audio-audio terbaik yang nantinya bisa dimasukkan ke konten video YouTube saat pengeditan. Koleksi audio di Freesound juga bisa digunakan secara gratis.

Mulai dari efek-efek suara hingga musik instrumental tersedia di sini. Anda bisa memasukkan keyword khusus agar menemukan tipe audio yang diinginkan secara lebih mudah. Di samping mendownload, Anda juga bisa mengupload musik karya sendiri.

  1. Jamendo

Jamendo juga menyediakan beragam koleksi audio dari para kreator musik bertalenta. Di sini, Anda tidak hanya bisa menemukan musik-musik berkualitas dari berbagai genre berbeda. Melainkan juga bisa membagikan karya terbaik dengan pengguna lainnya.

Jamendo bukan sekadar penyedia YouTube free music biasa. Akan tetapi bersifat layaknya sebuah komunitas online di mana para pencipta musik dari berbagai belahan dunia bisa saling membagikan karyanya.

Untuk mendapatkan musik pilihan di Jamendo, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu di platform ini. Setelah mendapatkan lagu yang diinginkan, pastikan mencantumkan kredit dari musisi yang hasil karyanya Anda gunakan.

  1. Free Sound Effect

Tidak hanya lagu yang digubah menggunakan instrumen-instrumen musik, terkadang Anda juga membutuhkan efek suara tertentu untuk membangun suasana pada video. Jadi, Free Sound Effect adalah tempat yang tepat untuk mendapatkannya.

Di sini tersedia berbagai efek suara, mulai dari suara alam seperti hujan, angin, petir, hingga berbagai sound effect lainnya. Misalnya suara bel, tepuk tangan, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, Anda bisa mendownload efek suara sesuai kebutuhan di Free Sound Effect.

Sekarang ini sudah banyak yang mengerti cara menghargai karya seseorang. Dengan menambahkan musik serta efek suara di platform-platform penyedia YouTube free music, video Anda akan lebih diminati dan memperoleh jutaan penonton.

Related Posts