Contoh Aplikasi Kompres Video Terbaik yang Wajib Diketahui

Contoh Aplikasi Kompres Video Terbaik yang Wajib Diketahui

Aplikasi kompres video sangat diperlukan untuk membantu agar ukuran file lebih sedikit daripada aslinya. Pada umumnya, ukuran filenya sangat tinggi, terutama untuk video full HD.

Selain itu, bisa mempermudah untuk mengirim atau mengunggahnya melalui media sosial. Proses pengiriman filenya menjadi lebih cepat sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu untuk aktivitas lain yang lebih penting.

Kualitasnya tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Meskipun ukurannya menjadi berkurang, namun kualitasnya tetap bagus. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis-jenis aplikasi untuk mengkompres video.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Kompres Video

Manfaat melakukan kompres video antara lain adalah file mudah ditransfer karena ukurannya kecil. Selain itu, proses mengirimkan filenya juga tidak membuthkan waktu lama.

Apabila ingin mentransfer lewat internet maka hanya membutuhkan bandwith kecil. Di samping itu, banyak pilihan cara yang dapat digunakan untuk melakukan transfer.

Salah satu permasalahan yang sering dialami adalah ruang penyimpanan cepat penuh karena ukuran filenya terlalu besar. Namun, jika Anda mengompresnya terlebih dahulu, maka ruang penyimpanan tidak akan cepat penuh.

Anda lebih menghemat ruang penyimpanan dan bisa memuat banyak file. Ukuran video juga mempengaruhi kecepatan menulis dan membaca file. Apabila ukurannya kecil maka akan membuat file lebih mudah dikelola.

Apabila tidak dilakukan kompresi tidak hanya memenuhi ruang penyimpanan saja, melainkan memerlukan bandwith lebih banyak. Selain itu, sumber daya sistem yang diperlukan juga lebih banyak.

Intip Berbagai Aplikasi Gratis untuk Kompres Video

Ada banyak aplikasi gratis berkualitas bagus yang dapat Anda gunakan. Anda bebas memilih aplikasi yang akan membantu mengurangi ukuran file. Contohnya antara lain sebagai berikut.

VidCompact

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan menggunakan vidcompact. Selain untuk mengompres, Anda juga bisa memangkas maupun mengganti nama video. Pengguna bebas menentukan resolusi yang dihasilkan.

Video Compressor

Keunggulan dari Aplikasi kompres video ini adalah bisa mengompres berbagai format apakah 3GP, MP4 maupun AVI. Kualitasnya juga terjamin bagus. Anda dapat menggunakannya pada android dengan OS minimal 3.0 atau lebih tinggi.

Video yang telah dikompres dapat Anda bagikan melalui berbagai macam media sosial. Contohnya seperti whatsapp, facebook maupun instagram. Proses mengunggahnya juga cepat karena ukurannya sudah berkurang.

Resize Video

Bagi pengguna android dapat menggunakannya secara gratis. Sebelum dikompres Anda bisa mengedit file terlebih dahulu, misalnya menambahkan musik, menghapus audio atau memotong beberapa bagian.

Video Dieter

Aplikasi tersebut ukurannya hanya 2,2 MB sehingga tidak berpengaruh terhadap kinerja perangkat. Kualitas hasil kompres juga tetap bagus. Selain itu, juga bisa memotong klip, menghapus audio dan mengatur resolusinya.

Jenis Format File untuk Kompres Video

Format file hasil kompres bisa ditentukan sendiri oleh penggunanya. Masing-masing format memiliki algoritma dan teknik agar tingkat kualitasnya tetap tinggi. Contoh format yang sering dipakai adalah MP4, AVI dan WMV.

MP4 merupakan format yang umum digunakan karena bersifat kompatibel dengan berbagai macam perangkat. Alasan inilah yang membuat mayoritas situs streaming online memakai format ini.

AVI adalah salah satu format file yang banyak digunakan meskipun tidak begitu populer. Kualitas file dengan format tersebut juga tidak kalah bagus sehingga cocok untuk menyimpan video di komputer.

Microsoft juga mengembangkan format bernama WMV yang menjadi bagian Windows Media Framework. WMV ini sangat cocok bagi Anda yang sering mengirim file besar melalui email.

Cara paling mudah untuk mengurangi ukuran dari sebuah file video adalah menggunakan bantuan aplikasi. Beberapa contoh aplikasi kompres video di atas bisa Anda pilih karena berkualitas dan tidak berbayar.