Cara Pasang Aplikasi Pelacak Handphone Android

Cara Pasang Aplikasi Pelacak Handphone Android

Aplikasi pelacak handphone memang perlu dipasang di jaman sekarang. Banyak tindak pencopetan hingga pencurian yang berisiko menghilangkan handphone Anda.

Apa lagi kalau handphone yang Anda miliki merupakan smartphone high-end keluaran terbaru. Risiko menjadi target pencurian sangat tinggi, jadi proteksinya juga harus lebih tinggi.

Tentunya Anda tidak mau handphone yang baru dibeli langsung hilang dicuri orang. Oleh sebab itu, salah satu cara menghindarinya adalah dengan memasang aplikasi pelacak.

Apa yang Dimaksud Aplikasi Pelacak Handphone ?

Jadi, aplikasi pelacak adalah perangkat lunak yang dipasang pada handphone. Nantinya, aplikasi tersebut terhubung dengan GPS yang bisa memberikan laporan lokasi hp tersebut berada.

Dalam cara kerjanya, Anda membutuhkan dua perangkat handphone. Perangkat 1 yang akan dilacak dan perangkat 2 bertugas sebagai pelacak. Saat perangkat 1 hilang, Anda bisa memantaunya melalui perangkat 2.

Tidak hanya itu, beberapa aplikasi juga akan memberikan kode keamananan yang berisi lokasi handphone tersebut. Setiap aplikasi tentunya memiliki cara kerja yang spesifik, tergantung dari pengembangnya.

Hanya saja, secara garis besar sama saja yaitu menggunakan teknologi GPS. Tidak hanya itu, ternyata ada juga yang menggunakan IMEI sebagai informasi untuk melacak dan masih banyak lainnya.

Apa Manfaat Memasang Aplikasi Pelacak pada Handphone?

Banyak manfaat yang diberikan oleh aplikasi pelacak. Selain untuk menemukan handphone yang hilang karena dicuri atau lupa, Anda juga dapat mengetahui lokasi seseorang menggunakan aplikasi ini.

Terutama buah hati yang sedang sekolah atau pergi bermain. Apa lagi jika si buah hati masih di bawah umur. Tentunya Anda sangat was-was jika sesuatu yang buruk terjadi kepadanya.

Oleh sebab itu, banyak orangtua yang memasang pelacak sebagai bentuk pengawasan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dipasang kepada orang-orang tercinta lainnya. Sehingga, Anda tahu dengan pasti keberadaan mereka.

Tidak dapat dipungkiri memang di zaman sekarang ancaman bahaya sangat banyak. Oleh sebab itu, pada kondisi tertentu memang perlu memasang aplikasi pelacak.

Bagaimana Cara Memasang Aplikasi Pelacak Handphone?

Agar handphone bisa dilacak keberadaannya, Anda perlu memasang aplikasi pelacak. Untuk memasangnya, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Di antaranya adalah:

  1. Download Aplikasi Pelacak

Langkah pertama tentunya Anda harus mendownload aplikasi pelacak melalui Play Store atau App Store. Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih, di antaranya adalah:

  • Life360 Family Locator & GPS Tracker berguna untuk melacak handphone menggunakan teknologi GPS.
  • Google Find My Device merupakan pelacak yang bisa dipasang di Android tanpa ribet.
  • Find My Phone akan memberikan lokasi secara realtime kepada Anda, sehingga handphone lebih mudah ditemukan.
  • Phone Tracker by Number menjadi aplikasi yang hanya memerlukan registrasi nomor ponsel untuk melakukan pelacaka.
  • Mobile Number Locator merupakan aplikasi pelacak yang bekerja menggunakan nomor ponsel.
  • Find Lost Phone yang akan tersambung dengan akun Gmail Anda. Nantinya jika handphone hilang, maka aplikasi ini akan mengirimkan lokasi ke kontak yang ada di ponsel.
  1. Install Aplikasi Tersebut

Setelah menentukan aplikasi apa yang akan digunakan, tahap selanjutnya adalah menginstal aplikasi. Install aplikasi tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Lalu, lakukan registrasi pada aplikasi tersebut dengan membuat akun. Dengan demikian, Anda bisa mengaksesnya.

  1. Hubungkan Perangkat Anda dengan Perangkat Lain

Beberapa aplikasi memerlukan tahap penghubungan ke perangkat lain. Jika Anda memilih aplikasi seperti ini, pastikan hanya memasangnya kepada orang terpercaya dan atas persetujuannya.

Biasanya aplikasi ini digunakan untuk mengetahui keberadaan pemilik perangkat tersebut. Tapi, beberapa aplikasi tidak memerlukannya dan dipasang hanya untuk berjaga-jaga saat hilang.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Cara lain untuk melacak HP yang hilang ialah dengan Google Maps. Cara ini cukup mudah digunakan untuk menemukan HP kita yang hilang berdasarkan lokasi atau tempat.

Berikut ini cara melacak HP yang hilang dengan menggunakan aplikasi Google Maps:

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Masuk ke menu “Setting” atau “Pengaturan”
  • Pilih menu “Bagi Lokasi dan Mulai” yang ada dipojok kiri atas
  • Pilih waktu pelacakan yang sesuai, yaitu “Selama 1 jam” atau “Hingga Dinonaktifkan”
  • Klik “Pilih Orang”
  • Lanjutkan dengan mengisi alamat email serta nomor dari HP yang ingin dilacak

Aplikasi pelacak handphone memang perlu dipasang di HP Anda di zaman sekarang. Banyak tindak pencopetan hingga pencurian yang berisiko menghilangkan handphone.

Sekarang, untuk menemukan handphone yang hilang atau melacak keberadaan seseorang menjadi lebih mudah. Cukup pasang aplikasi pelacak handphone saja.