Aplikasi Cek Nomor Kartu Keluarga, Resmi dan Aman

Aplikasi Cek Nomor Kartu Keluarga, Resmi dan Aman

Dengan adanya aplikasi cek nomor kartu keluarga secara online Anda tidak perlu repot lagi ketika membutuhkan nomor kartu keluarga. Nomor kartu keluarga merupakan salah satu data penting yang tidak boleh diketahui oleh sembarang orang.

Karena itu ketika melakukan pengecekan nomor kartu keluarga sangat disarankan untuk menggunakan situs resmi dari pemerintah. Proses untuk mengetahui nomor kartu keluarga menggunakan cara online bisa dikatakan sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Cara Menggunakan Aplikasi Cek Nomor Kartu Keluarga

Salah Satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan nomor kartu keluarga adalah WhatsApp. Seperti kita ketahui bersama WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk mengetahui nomor kartu keluarga dengan aplikasi WhatsApp bisa dilakukan dengan sangat praktis. Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengecekan nomor kartu keluarga dengan menggunakan aplikasi WhatsApp .

Download Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi WhatsApp. Bagi Yang menggunakan Android bisa mendapatkan melalui Play Store dan bagi Anda yang menggunakan ios bisa menggunakan app store.

Berikan Data-Data yang Dibutuhkan

Setelah berhasil mendapatkan aplikasi WhatsApp selanjutnya Anda bisa mengirimkan pesan dengan format yang telah ditentukan sebelumnya. Isikan data-data yang dibutuhkan sesuai format seperti misalnya nama lengkap, NIK, nomor telepon dan lain sebagainya.

Kirim

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu adalah mengirimkan pesan ke nomor 08118005373. Nomor tersebut merupakan nomor resmi dari dukcapil.

Cara Cek Nomor Kartu Keluarga dengan Menggunakan Situs Resmi

Selain menggunakan aplikasi WhatsApp Anda juga bisa mendapatkan nomor kartu keluarga dengan melakukan pengecekan pada situs resmi pemerintah. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan nomor kartu keluarga dengan menggunakan situs resmi.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu adalah mengunjungi situs website resminya.
  2.  Untuk melakukan pengecekan nomor kartu keluarga Anda hanya perlu memasukkan NIK.
  3.  Jika nantinya Nik Anda sudah terdaftar pada database maka Anda akan ditampilkan secara lengkap termasuk nomor kartu keluarga.

Cara Cek Nomor Kartu Keluarga dengan Menggunakan Media Sosial

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor kartu keluarga adalah dengan menggunakan aplikasi cek nomor kartu keluarga media sosial. Akan tetapi jika Anda sedang dalam kondisi mendesak sepertinya cara ini tidak terlalu efektif untuk dilakukan.

Karena biasanya ketika menghubungi melalui media sosial akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan balasan. Mungkin saja ada harus menunggu hingga waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Jika Anda tidak keberatan untuk menunggu mungkin saja cara ini boleh saja untuk dilakukan. Cara untuk melakukan pengecekan nomor kartu keluarga dengan media sosial bisa dilakukan dengan melakukan DM atau direct message ke sosial media dukcapil.

Salah satu media sosial yang digunakan oleh dokter kecil yaitu adalah Facebook. Akun Facebook resmi yang digunakan bernama Ditjen Dukcapil.

Ketika ingin mendapatkan nomor kartu keluarga melalui media sosial jangan memintanya pada kolom komentar. Karena mungkin ada beberapa data pribadi yang tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Agar lebih aman sangat disarankan untuk menggunakan direct message atau DM. Jadi nantinya hanya pihak admin dari media sosial tersebut yang memiliki akses atau mengetahui data-data pribadi yang Anda kirimkan untuk mengetahui nomor kartu keluarga.

Dengan adanya cara untuk melakukan pengecekan nomor kartu keluarga secara online tentunya sangat menguntungkan. Aplikasi cek nomor kartu keluarga secara online bisa menjadi pilihan alternatif ketika membutuhkan nomor kartu keluarga dalam waktu yang mendesak.