Teknik Bayar Pajak Motor Online Jakarta Efektif

Teknik Bayar Pajak Motor Online Jakarta Efektif

Bayar pajak motor online Jakarta dapat mudah dicoba sekarang. Terlebih mobilitas warga DKI Jakarta yang dapat dibilang sangatlah padat jadwal sangat sesuai memakai layanan online ini.

Sebagaimana diketahui, mempunyai suatu kendaraan seperti sepeda motor, maka diharuskan buat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tiap tahunnya. Buat nominalnya sendiri berbeda-beda bergantung motor yang dimiliki.

Dengan terdapatnya layanan online yang dibangun oleh pemerintah DKI Jakarta ini bisa mempermudah masyarakat dalam hal efisiensi teknis. Metode bayar pajak motor online Jakarta ini juga tidak rumit.

Aplikasi Bayar Pajak Motor Online Jakarta Si Ondel

Dilansir dari bermacam sumber, terdapat beberapa layanan aplikasi online untuk membayar pajak motor di kota Jakarta. Salah satunya adalah melalui aplikasi bayar pajak motor online via Si-Ondel. Buat lebih jelasnya berikut ini penjabarannya.

Mula-mula, Anda dapat memanfaatkan layanan aplikasi Si-Ondel. Aplikasi ini dapat di-download secara cuma-cuma. Sehabis mendownloadnya, barulah dapat langsung ikuti metode di dasar ini:

  1. Urus pendaftaran pada aplikasi JakOne Mobile. Masukkan informasi kendaraan secara lengkap, kemudian tagihan pajaknya bakal muncul.
  2. Bayarkan pajaknya di ATM ataupun mobile banking. Sehabis lunas, kode verifikasi bakal segera diterima.
  3. Anda perlu menginput kode yang diperoleh pascatransaksi.
  4. Seleksi tata cara delivery serta get driver. Kurir Si-Ondel bakal mengirim STNK yang telah diperpanjang pajaknya kepada Anda.

Keunggulan dari aplikasi bayar pajak motor online ini ada pada fitur real time tracking dalam proses pengiriman ataupun pengantaran TBPKP. Dengan fitur ini, Anda dapat memantau manuver atau proses pembayaran pajak motor.

Bayar Pajak Motor Lewat Layanan Go Service dari Gojek

Berikutnya, bisa juga dengan menggunakan salah satu fitur yang terdapat di Gojek. Ada triknya sendiri untuk melakukannya.

Pertama, seleksi menu tersebut pada kolom layanan-layanan yang dipunyai Gojek. Sehabis itu, Anda bakal memenuhi opsi perpanjang STNK.

Isilah informasi kendaraan Anda yang cocok dengan STNK secara lengkap. Seleksi berikutnya serta tunggu sistem mencarikan Anda kurir buat menjemput dokumen persyaratannya.

Pada dasarnya, tata cara ini merupakan tata cara biasa sebagaimana bila Anda sendiri yang ke Samsat. Cuma, kali ini Anda diwakili oleh kurir Gojek buat mengurusnya.

Bila telah berakhir, kurir bakal kembali kepada Anda buat menyerahkan STNK perpanjangan yang telah jadi.

Perihal pembayaran, Anda dapat menggunakan dompet digital kepunyaan Gojek ialah Gopay.

Penting dicatat kalau layanan ini tidak cuma berlaku di DKI Jakarta saja. Tetapi untuk Anda yang berdomisili di kota Tangerang, Bekasi, serta Depok juga telah dapat menggunakan layanan dari Gojek ini.

Bayar Pajak Motor via Aplikasi Signal

Yang terakhir, Anda dapat bayar pajak motor online jakarta dengan fitur aplikasi Signal. Aplikasi ini dapat Anda download di ponsel Anda.

Buat triknya sendiri, Anda wajib membuat akun Signal terlebih dulu, di antara lain:

  1. Unggah data-data Anda semacam NIK, nama pada e-KTP, ID email, no hp, serta masukan kata sandi, dan ulangi kata sandi.
  2. Unggah gambar e-KTP.
  3. Verifikasi biometric wajah dengan swafoto.
  4. Masukkan OTP yang dikirim via SMS.

Pendaftaran sukses kemudian verifikasi ulang dengan link yang dikirimkan ke email. Jika tidak email di kotak masuk, pastikan ANda melakukan pengecekan juga di folder spam (sampah).

Berikutnya mendaftarkan kendaraan bermotor yang Anda miliki, caranya:

  1. Seleksi menu Tambah Informasi Kendaraan Bermotor.
  2. Seleksi kendaraan atas nama sendiri.
  3. Masukkan No Pendaftaran Kendaraan Bermotor.
  4. Masukkan 5 digit terakhir angka.

Nah bila kedua sesi di atas telah dicoba, buat metode pembayarannya sendiri ialah:

  1. Generate Kode Bayar.
  2. Seleksi Salah Satu Bank.
  3. Seleksi “Lanjut”.
  4. Tampak Metode Pembayaran.
  5. Seleksi “Lanjut”.
  6. Pembayaran terlaksana.

Bayar Pajak Motor Online Apakah Harus ke Samsat?

Layanan online berupa E-Samsat Jakarta dapat membantu Anda dengan mudah untuk kepengurusan pembayaran pajak motor secara online. Namun perlu diketahui, layanan online ini hanya untuk perpanjangan STNK tahunan atau pengesahan STNK.

Diluar hal tersebut, semisal Anda bermaksud untuk mengganti pelat nomor kendaraan (ganti kaleng) ataupun mengganti lembaran STNK (5 tahunan), Anda tetap diharuskan untuk mengunjungi secara offline ke kantor Samsat terdekat dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan.

Dari ketiga cara tersebut, Anda bisa memilih mana yang sesuai dan pas dengan kebutuhan Anda. Ketiganya sama-sama membantu Anda dalam hal bayar pajak motor online Jakarta.