Tata Cara Bayar Pajak Motor di Alfamart

Tata Cara Bayar Pajak Motor di Alfamart

Bayar pajak motor di Alfamart nyatanya ialah perihal yang gampang. Anda cuma butuh mempersiapkan sedikit dokumen serta mendatangi salah satu gerainya. Lalu, seperti apa metode bayarnya?

Untuk Anda yang mau melaksanakan pembayaran pajak motor tahunan di Alfamart, berikut langkah-langkah bayarnya. Yang jelas, persiapkan dokumen yang diperlukan serta cermati instruksi yang diminta.

Metode Bayar Pajak Motor di Alfamart

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, melaksanakan bayar pajak motor di Alfamart cukup gampang dan praktis. Tidak butuh banyak dokumen buat verifikasi informasi. Anda juga bisa menghemat uang bensin Anda jika letak Samsat jauh dari domisili.

Lalu, seperti apa metode membayar pajak motor di Alfamart? Berikut langkah-langkahnya yang butuh Anda tahu.

  1. Siapkan Dokumen serta Biaya

Saat sebelum mendatangi gerai Alfamart buat melaksanakan pembayaran pajak motor, Anda butuh mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut semacam KTP, STNK, nomor kontak, serta alamat surel.

Anda wajib mengecek besaran pajak kendaraan yang Anda wajib bayarkan supaya dapat mempersiapkan uangnya dari rumah. Sebaiknya juga, bawa uang surplus untuk jaga-jaga.

  1. Kunjungi Gerai Alfamart

Kala mendatangi gerai Alfamart, Anda bisa memberitahu petugas kasir kalau Anda hendak membayar pajak kendaraan. Nanti, Anda akan diarahkan bagaimana cara bayar pajak motor di Alfamart.

  1. Serahkan Dokumen ke Kasir

Hal yang mesti dilakukan jika sudah membayar pajak kendaraan adalah pihak kasir bakal mengecek STNK serta KTP Anda. Anda akan ditanyai tentang nomor kontak serta alamat surel buat keperluan informasi pembayaran.

  1. Proses Pembayaran

Kasir bakal melaksanakan verifikasi informasi serta memberitahu Anda besaran bayaran yang wajib dibayarkan. Anda berhak melakukan koreksi jika nominal yang keluar dirasa tidak normal.

  1. Bayar Pajak Motor

Sehabis kasir memberitahu besaran yang wajib Anda bayarkan, Anda dapat membayar pajak tersebut secara tunai ataupun via e-payment. Anda bisa menggunakan aplikasi Dana, OVO, ataupun Gopay guna bertransaksi.

  1. Penyerahan Struk Pembayaran

Sehabis pembayaran berakhir, Anda bakal diberikan struk pembayaran. Anda mesti menaruh struk tersebut dengan benar di tempat penyimpanan dokumen penting.

Hal tersebut karena nantinya struk tersebut bakal dipergunakan untuk transaksi selanjutnya. Yakni, buat melaksanakan pengesahan STNK di Kantor Samsat serta buat memperoleh SKKP.

Poin Plus Alfamart

Alfamart ialah industri yang didirikan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT). Unit usaha ini bergerak pada bidang minimarket dengan mendistribusikan produk eceran ke warga. Alfamart ialah minimarket dengan jaringan terluas yang mempunyai gerai di segala Indonesia.

Tidak hanya mendistribusikan produk eceran, Alfamart muncul juga selaku tempat pelayanan bayar tagihan. Mulai dari listrik, air, angsuran kendaraan, tiket transportasi, televisi berlangganan serta masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Alfamart saat ini sediakan layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Dengan layanan yang diberikan Alfamart ini bisa memudahkan warga dalam membayar pajak.

Banyak keuntungan yang dapat Anda bisa bila membayar pajak kendaraan di Alfamart. Misal, pembayaran yang dapat dicoba di malam hari ataupun hari libur. Pembayaran juga dapat dari mana saja.

Anda juga dapat membayar denda PKB. Jadi poin plus lagi bila gerai ini ada di dekat dengan rumah, mengingat kini gerai Alfamart sudah tersebar di mana-mana.

Keterbatasan Bayar Pajak Motor di Alfamart

Sayangnya, pembayaran pajak kendaraan di Alfamart cuma bisa dicoba buat pembayaran pajak tahunan saja. Alfamart tidak menerima pembayaran pajak 5 tahunan, mutasi kendaraan, serta balik nama kendaraan.

Keterbatasan ini karena ketiga perihal tersebut butuh Anda harus datang ke Kantor Samsat langsung sebab membutuhkan cek kondisi kendaraan. Namun, meski demikian, hadirnya sarana bayar pajak motor di Alfamart tentu sudah merupakan kemajuan pelayanan yang inovatif.