Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia Tanpa Antre

Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia Tanpa Antre

Pemilik kendaraan bermotor bisa melakukan cara bayar pajak motor di Tokopedia. Sebab sekarang ini kepolisian telah memberikan fasilitas pelayanan terbaru untuk bayar pajak.

Seperti yang sudah diketahui, bayar pajak merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap pemilik kendaraan. Aturan tentang pembayaran pajak motor diatur dalam UU No 28 Tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah.

Dulu mungkin Anda harus antri di samsat jika ingin bayar pajak kendaraan bermotor. Tapi sekarang Anda tidak perlu antri lagi karena tersedia layanan samsat online.

Samsat Online Bayar Pajak Lebih Efisien

Dengan layanan samsat online, kini pembayaran pajak akan jauh lebih efesien. Anda tidak akan repot untuk sekedar urus pajak atau perpanjang Stnk.

Karena layanan samsat online bisa Anda lakukan untuk cara bayar pajak motor di Tokopedia. Jadi Anda hanya tinggal buka aplikasi tokopedia kemudian bayar tagihan pajak tersebut.

Tentu akan ada banyak manfaat yang didapat dari layanan ini. Seperti misal akan lebih menghemat waktu.

Membayar pajak melalui tokopedia, membuat Anda tidak perlu mendatangi kantor samsat terdekat. Anda bisa melakukannya hanya dalam genggaman.

Juga akan lebih menghemat biaya untuk bensin menuju ke samsat. Sebabnya di rumah sekalipun Anda tetap bisa membayar tagihan tersebut.

Karena alasan itulah pelayanan terbaru ini sangat memudahkan masyarakat. Anda bisa mencobanya dengan download dulu aplikasi tokopedia jika di ponsel belum terinstal.

Cara Bayar Pajak Motor di Tokopedia

Pertama tentu aplikasi tokopedia harus sudah terinstal di ponsel Anda. Aplikasi tokopedia bisa didownload baik melalui platform google play store maupun app store.

Setelah download, instal aplikasinya untuk kemudian siap digunakan sebagai metode pembayaran samsat online. Buka aplikasi tokopedia dan lakukan log in membuat akun pengguna baru.

Isi data diri Anda lengkap dari nama sesuai ktp, nomer telepon, email aktif dan klik daftar. Nanti akan ada email masuk untuk verifikasi, Anda klik link tautan di email tersebut.

Setelahnya Anda baru bisa melakukan cara bayar pajak motor di Tokopedia. Pada halaman beranda aplikasi tokopedia, klik menu top up dan tagihan.

Di menu tersebut ada berbagai macam layanan pembayaran yang berafiliasi dengan tokopedia. Anda scroll saja dan cari opsi layanan pemerintah.

Setelahnya Anda tap opsi E-Samsat. Pada halaman menu tagihan e-samsat, Anda pilih wilayah domisili, nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan dan juga Nik.

Jika semua sudah Anda isi, berikutnya klik opsi cek tagihan. Tunggu beberapa saat sampai halaman tokopedia menampilkan pop up beripa kode bayar, info kendaraan rincian tagihan, juga biaya admin pembayaran pajak.

Pastikan semua data yang muncul tersebut sudah benar sesuai dengan data kendaraan Anda. Sebelum klik menu pilih pembayaran, jika Anda punya kode promo, bisa sekalian dimasukan.

Beberapa Metode Pembayaran yang Disediakan Tokopedia

Jika sedang tidak ada promo, maka langsung saja klik opsi pilih pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang disediakan oleh tokopedia untuk tagihan e-samsat.

Anda bisa memilih bayar top up atau tagihan melalui internet atau mobile banking dari bank Bca, Mandiri, Bri dan sebagainya. Selain itu bisa juga melalui kartu kredit dan indomaret atau alfamart.

Setelah memilih metode pembayaran, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi di aplikasi. Jika berhasil, nanti Anda akan menerima sms berisi link tautan untuk unduh E-TBPKB.

E-TBKPB adalah tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran. Anda bisa mengunduh bukti tersebut yang nantinya digunakan sebagai cara bayar pajak motor di Tokopedia untuk validasi di kantor cabang samsat.